Lihat Jepang Menciptakan 7 Parfait Teraneh Yang Pernah Ada

April 24, 2014 1:00 pm
Lihat Jepang Menciptakan 7 Parfait Teraneh Yang Pernah Ada

Saya ingat parfait pertama saya di salah satu restoran Jepang yang cukup otentik di salah satu mall di Jakarta Selatan (bukan Sushi Tei). Tumpukan es krim, brownies dan segala macam bahan diabetes lainnya bertumpuk menjadi satu kesatuan surga yang diikat oleh ikatan gula. Sungguh sebuah pencuci mulut yang ibarat pedang bermata dua, enak, tapi tentunya membuatmu melar.

parfait apple

Jepang, negara pencipta parfait yang seharusnya dipuja ini kadang mungkin terlalu kreatif for their own good. Tidak cukup mereka membuat es krim rasa aneh-aneh, mereka pun mulai merambah ke dunia parfait, dan beberapa dari parfait ini mungkin akan terlihat menjijikkan bagi kalian. Bersiaplah untuk melihat 7 parfait paling aneh yang pernah kalian lihat.

Parfait Natto

Entah apa yang menginspirasi orang Jepang untuk menambahkan Natto ke semua makanan. Apakah Natto enak? Saya sendiri belum pernah mencoba tapi dari pengalaman teman-teman saya, kacang kedelai fermentasi lengket yang hampir (kalau tidak sudah) basi ini rasa dan baunya sangat menjijikkan.

7 parfait teraneh (7)

Ya, dan orang Jepang berpikir untuk menambahkan benda berlendir ini ke dalam parfait, berani mencobanya?

Dessert Spaghetti

Saya adalah penggemar masakan italia, walaupun saya sama sekali tidak suka keju (kecuali keju cair lengket dalam pizza/lasagna) dan biasanya saya tidak akan ragu memakan spaghetti fusion yang sedang ngetren belakangan ini. Namun belum pernah saya terpikirkan untuk memakan spaghetti sebagai pencuci mulut.

7 parfait teraneh (6)

Foto ini diambil dari rumah teh di Nagoya yang mencoba mencampurkan mie dengan bubuk teh hijau yang dimasukkan dalam adonannya. Lucunya, bukan saus tomat yang mereka tambahkan, tapi whipped cream! Tentunya ini adalah sebuah pendekatan makanan yang menarik dan pastinya menarik banyak perhatian. Salah seorang pengkritik di situs kritik restoran terkenal berkata “awalnya masih OK, tapi setelah itu HEARTBURN!!

Bagaimana dia bisa terbakar memakan makanan seperti ini.

Parfait Gyoza

Gyoza, makanan China yang terlihat seperti siomay panjang ini biasanya berisikan banyak sekali bawang putih dan dimakan dengan kecap pedas sebagai sausnya. Kenapa ada yang berpikiran untuk mencampurkan es krim ke dalam makanan ini benar-benar di luar nalar saya.

Exif_JPEG_PICTURE

Saya bisa membayangkan Gyoza yang gurih dan membuat mulutmu terasa panas karena bawang putih dicampur es krim yang manis, *ewww* mungkin ada saja orang yang seleranya seperti ini, saya tidak boleh terlalu cepat menghakimi selera.

Parfait Ayam Goreng (Atau ikan)

130604_1307

Gorengan biasanya memang cocok dengan es krim. Pisang goreng misalnya pasti akan terasa enak dengan es krim. Atau pernahkah kalian mencoba kentang goreng dengan sundae? Itu enak sekali lho. Namun apakah makanan gorengan seperti daging dan seafood cocok dengan es krim? Kenapa selera kalian aneh sekali sih, Jepang..

7 parfait teraneh (3)

Selain ebi furai, mungkin kamu ingin mencoba parfait karaage seperti ini?

Parfait Tuna Mentah

Yang ini malah tidak digoreng sama sekali, ikan mentah! Walaupun saya suka tuna, direbus, digoreng, dimasak pedas tapi saya benar-benar tidak mengerti apakah tuna mentah cocok dengan es krim. Restoran yang menyajikannya menata tuna tersebut diatas sorbet jeruk sitrus yang salah satu pengkritik bilang “Citrus benar-benar TIDAK COCOK dengan tuna!

7 parfait teraneh (5)

Saya ingin teriak “You don’t say!” Keras-keras.

Parfait Ukuran Jumbo

Bigger is better. Saya yakin pasti banyak yang memilih opsi upsize bila kamu pergi ke restoran cepat saji. Kamu juga pasti akan memilih makanan yang large bila hanya menambah uang sedikit dan rasionya lebih menguntungkan perut.

Namun tentunya di Jepang ada juga sundae super besar yang biasanya disajikan untuk 4 atau 5 orang dan biasanya harganya pun luar biasa besar, 10,000 Yen (sekitar 1 juta Rupiah) tapi parfait yang ini akan membuat bahkan sundae jumbo tersebut bertekuk lutut.

7 parfait teraneh

Kreasi super luar biasa ini dibuat oleh restoran Yuzu-an di prefektur Kochi. Mereka menggunakan 165 liter es krim, disajikan untuk 300 orang dan akan membuat uangmu berkurang 120,000 Yen (sekitar 13 juta Rupiah), lihat saja tumpukan es krimnya seperti itu.

Apakah kamu pernah menemukan parfait lain yang lebih aneh dari ini? Atau apakah kamu MAU memakan parfait-parfait aneh ini?

sumber: Rocketnews