7 Muka Aneh Oda Nobunaga Yang Muncul di Anime

April 26, 2014 13:00
7 Muka Aneh Oda Nobunaga Yang Muncul di Anime

Oda Nobunaga, sebuah figure yang sangat menarik perhatian saya, karena sejak saya SMA saya sudah sangat kepincut dengan Samurai Warriors, saya pun bermain sembari mempelajari sejarahnya. Entah apakah Nobunaga benar-benar dijuluki “devil king” ataupun bisa terbang seperti di Samurai Warriors, tapi kekuatannya, ambisinya, keras kepalanya dan pemikiran cepatnya dalam memimpin perang bisa dikatakan sebagai yang terbaik. Jauh diatas Shingen Takeda, Uesugi Kenshin, ataupun bahkan Ieyasu Tokugawa yang disebut-sebut sebagai pemersatu Jepang. Oda dari Owari tetap akan menjadi favorit saya.

oda nobunaga aneh aneh

Karena itu, saya sangat tertarik dengan segala macam anime yang berbau masa perang jaman dahulu, seperti Nobunaga The Fool yang sedang berlangsung sekarang. Walaupun Odanya sangat muda, namun jalan ceritanya bisa dikatakan tidak jauh melenceng, bahkan Ichihime (Oichi) dinikahkan secara politik, persis seperti Ichihime yang ada di dunia nyata yang dinikahkan dengan Nagamasa Azai.

Namun tentunya tidak hanya Nobunaga dalam Nobunaga The Fool saja yang aneh, berikut adalah daftar Nobunaga anime yang mungkin akan membuatmu menggaruk-garuk kepala.

7. Hyouge Mono

Hyouge-Mono-08
Gambar diganti atas saran Revanza Gotoku, terima kasih ya, semoga kali ini sudah benar 🙂

Sebenarnya mungkin menurut saya inilah penggambaran paras Nobunaga yang paling mirip, dengan gaya aneh dan komedi sejarah, Hyouge mono membuat banyak figure era perang dengan fokus upacara minum teh. Ada beberapa dasar kenapa mereka begitu terobsesi dengan teh. Nobunaga mempopulerkan upacara minum teh di Jepang sebagai cara untuk berbicara dengan lawan politiknya. Ditambahkan dengan ketertarikan Nobunaga dengan budaya barat seperti bajunya yang ditunjukkan dalam Hyouge Mono. Secara umum, seri ini menunjukkan ketertarikan Oda dalam hal seni namun masih merepresentasikan karakter megalomanianya, yang pasti kumisnya sama epicnya dengan yang digambarkan di dunia nyata.

6. Samurai Deeper Kyo

oda nobunaga aneh aneh (6)

Nobunaga yang ini gila, haus kekuasaan dan senang meledakkan sesuatu, mungkin karena memang Samurai Deeper Kyo yang pada dasarnya sebuah seri lebay. Tidak puas dengan menyatukan Jepang, “Raja Setan Keenam” Nobunaga ingin mendapatkan dominasi di seluruh dunia, kalau misalnya Kyo berhenti membunuhnya, karena jiwanya terus bereinkarnasi. Oda dianggap seperti kecoak jahat di serinya, saat kau kira dia sudah mati, nantinya dia akan muncul lagi di depan Kyo.

5. Oda Nobuna no Yabo

oda nobunaga aneh aneh (9)

Nobunaga sekarang membelot ke kelamin wanita, ini adalah yang pertama dalam daftar ini dari 2 gender-bender yang ada. Oda Nobuna cukup baik dalam memerankan pribadi Nobunaga yang asli, bahkan dengan kelamin yang bukan laki-laki. Tertarik karena majunya Eropa dan berambisi menyatukan Jepang, Nobuna mengambil sikap Oda dengan sedikit bumbu TSUNDERE. TSUNDERE ODA, APA? Tentunya inkarnasi Oda ini bisa menjadi gadis yang manis saat situasi mendukung, setidaknya dia tidak meminta kepala anak buahnya sebagai ganti poci teh yang dicolong.

4. Sengoku Collection

oda nobunaga aneh aneh (10)

Kantai Collection? Bukan, ini adalah Nobunaga gadis kedua dalam daftar ini, Nobunaga milik Sengoku Collection mendapatkan point untuk menjadi pemimpin perang yang disegani, lempar saja dia ke Jepang modern dan dia akan menjadi sebodoh batu. Dan inilah yang menjadi kekuatan anime komedi ini, karena apa yang lebih aneh daripada melemparkan pemimpin dari masa lalu ke masa depan yang bahkan tidak tahu caranya makan di McD? Ini adalah sebuah komedi mengenai penjelajah waktu, walau Oda asli mungkin akan menghancurkan studio dan mengeksekusi seluruh stafnya bila dia tahu.

3. Pokemon Conquest

oda nobunaga aneh aneh (8)

Pokemon Conquest memang sebuah video game, game ini adalah sebuah persilangan antara Pokemon dengan Nobunaga’s Ambition yang memfiturkan Oda tentunya sebagai penjahat dan pemimpin perang dari negara naga Pokemon. Dia membawa 3 tipe pokemon naga, Hydreigon (sang pokemon brutal), Zekrom (pokemon legendaris dari Pokemon White) dan Rayquaza hitam (Pokemon legendaris dari Pokemon Ruby/Sapphire). Saya bingung bagaimana caranya Nobunaga ini bisa mendapat Rayquaza hitam karena saya tidak bisa membayangkan Nobunaga naik mach bike. Oda berambisi menghancurkan negara pokemon Ransei dan membunuhmu, bersama penasihat wanitanya Oichi dan Jigglypuffnya. Wat?

2. Yotoden/Wrath of the Ninja

oda nobunaga aneh aneh (5)

Kalau kamu ingin mengambil alih Jepang, tidak ada yang lebih oke daripada menyewa setan angkasa (Ranmaru Mori) dan senjata mistis sebagai penasihat. Ranmaru memberikan Oda kemampuan untuk mengontrol setan berkepala 3, menaungi sebuah klan ninja bayangan dan berubah menjadi setan. OVA dari tahun 1987 ini dipotong-potong untuk penonton barat oleh MTV Jepang dan dirilis dibawah banyak judul.

1. Black Lion

oda nobunaga aneh aneh (3)

Diadaptasi dari manga era 1970an yang dibuat Go Nagai, Black Lion tentunya mengambil era perang dengan sedikit bumbu fiksi ilmiah. Oda Nobunaga sudah setengah jalan untuk menaklukan seluruh Jepang, tentunya dengan sedikit bantuan dari penguasa luar angkasa. Dengan merasuki Oda untuk tujuan mereka sendiri, yaitu penguasaan jagad raya, Nobunaga memiliki pasukan alien yang diperkuat secara cybernetic dan membuat mesin pembunuh yang tak bisa dihentikan bernama Ginnai Doma. Seorang ninja dengan cambang yang hebat kemudian memutuskan untuk menghentikan para alien dan rencana busuk Oda sekaligus menghentikan pembantaian oleh Doma yang membuat Black Lion berhasil memiliki Oda Nobunaga teraneh di daftar ini.

oda nobunaga aneh aneh (2)

Daftar ini memang sudah lama, saya menemukannya dibuat pada pertengahan tahun 2013, Nobunaga sering kali digambarkan sebagai sosok penjahat, yah mungkin karena dia kalah oleh Mitsuhide Akechi saat bertarung di kastil Honnoji yang terbakar. Sebenarnya sudah ada banyak Nobunaga yang lain yang tidak kalah aneh, seperti di Battle Girls Time Paradox yang menggambarkan Nobunaga super seksi dan walaupun menyentuh semua fetish saya, saya tidak bisa melihat Nobunaga seperti ini. Tapi tetap saya suka sih, duh galau.

oda nobunaga aneh aneh (7)

Atau mungkin Nobunaga dari Sengoku Basara yang disuarakan oleh seiyuu paling super di dunia anime, Norio Wakamoto?

Nobunaga akan tetap menjadi karakter era Sengoku favorit saya, selain Magoichi Saika si playboy cap sarden. Siapakah karakter era Sengoku favoritmu?

sumber: ANN