[3 Eps Rule] Mekaku City Actors

April 28, 2014 1:17 pm
[3 Eps Rule] Mekaku City Actors

Sudah menunggu ulasan 3 episode dari anime kontroversial musim ini ya? Saya yakin kalian yang menontonnya punya pendapat sendiri, terutama para penggemar Kagerou Project. Jadi bagaimana? Apakah anime ini benar-benar cuma anime overhyped yang dibuat untuk milking uang para penggemar atau memang animenya yang deep dengan alur yang sedikit tidak biasa sehingga wajar susah dimengerti dan jadi banyak hatersnya?

Anime Kagerou Project
Didasari oleh cerita yang dijadikan rangkaian lagu Vocaloid IA dan Miku oleh Jin (Shizen no Teki-P), anime Kagerou Project yang berjudul Mekaku City Actors ini menceritakan tentang sekumpulan pemuda-pemudi yang mempunyai kekuatan “mata” tertentu di dalam kelompok bernama Mekakushi-dan.

mekaku3epsrulefrontal (4)

Iya, bagi para penonton yang tidak mengikuti ceritanya, ya itu saja ceritanya yang dipaparkan sejauh 3 episode ini. Wajar jika banyak yang berkomentar “cerita gak jelas/susah dimengerti/etc”. Saya sendiri juga bingung oleh komposisi ceritanya, kalau seperti ini jadinya, anime ini hanya akan ditonton oleh para penggemar Kagerou Project saja. Kalau saya tidak mengikuti Kagerou Project dari jaman Heat Haze Days, Ene dan Momo hanyalah satu-satunya alasan saya menonton anime ini.

Ada apa dengan Shaft?
Sebegitu bermasalahkah gaya animasi Shaft untuk Mekaku City Actors? Karena bagi saya, gaya sinematik Shaft yang kadang absurd tapi cukup unik inilah yang memberi warna tersendiri untuk Mekaku City Actors. Apakah gaya animasi Shaft sebegitu membingungkannya?

mekaku3epsrulefrontal (1)

Bahkan dalam opini saya, Mekaku City Actors termasuk dalam anime dimana Shaft bermain “Aman”. Tidak seperti Monogatari atau Zetsubou Sensei yang cukup ekstrim dalam gaya animasinya. Jadi kalau ada yang tidak menyukai anime ini “hanya” gara-gara Shaft, saya rasa ada yang salah.

daze
Disamping semua kontroversi yang ada, musik tetaplah salah satu aspek terbaik dalam Mekaku City Actors. Opening yang tidak kalah funky dengan lagu Kagerou Project yang sudah-sudah, lagu Vocaloid yang akhirnya dimasukkan ke dalam animenya, dan endingnya. Semua berkat sang kreator orisinil, Jin.

mekaku3epsrulefrontal (3)

Meskipun hal yang sama sulit dikatakan untuk BGMnya, namun jika insert song dan OP/ED juga tidak bisa mendongkrak anime ini, Jin sudah melakukan kesalahan fatal. Untungnya kekhawatiran itu sejauh ini tidak terbukti.

Anime ini juga bukan tanpa kekurangan, seperti yang kita semua bisa lihat, banyak momen dimana animasi dan visual terasa kasar dan dipaksakan. Kurang budget atau kejar tayang? Saya setuju dengan salah satu komentar online yang mengatakan bahwa Mekaku City Actors adalah “Poor Man’s Monogatari”. Saya boleh ketawa kan?

Mekaku City Actors adalah anime yang akan sulit diterima oleh penonton umum. Dengan perkiraan ceritanya masih akan menjadi lebih absurd di 2-3 episode ke depan berdasarkan musik, manga dan novelnya. Sejauh ini animenya masihlah merupakan anime fanservice untuk para penggemar seri Kagerou Project. Tapi jika ada suatu kejutan dari komposisi seri dan skenarionya, tidak mustahil Mekaku City Actors bisa memutarbalikkan keadaan.

Verdict: Anime of the Season atau Overhype of the Season? Pokoknya saya harap saya tidak perlu mencacimaki anime ini review nanti. Mari terus tonton.