Apakah Kamu Pernah Membaca Semua Manga Ini? Inilah 20 Manga Paling Populer Sepanjang Masa

April 30, 2014 8:27 pm
Apakah Kamu Pernah Membaca Semua Manga Ini? Inilah 20 Manga Paling Populer Sepanjang Masa

Iya, kiamat belum datang kok tenang saja, namun tentunya manga yang dibaca semua orang akan terus terpatri dalam memori. Apakah kamu sempat merasakan indahnya dunia imajinasi Doraemon atau mengandaikan menjadi Son Goku waktu kecil? Apakah mungkin kamu lebih suka menjadi seorang atlit dan membaca komik seperti Kapten Tsubasa (yang ini cukup mustahil, lebih baik kamu menyerah sekarang) atau Slam Dunk?

Kalau kamu sudah pernah melihat kalender dari bulan Mei, tentunya kamu bisa menghitung banyaknya tanggal merah yang ada disitu, mungkin ini pertanda dari tuhan supaya kamu membaca manga-manga ini yang tidak pernah sempat kamu baca. Inilah daftar 20 manga terpopuler sepanjang masa (sementara sebelum kiamat).

20/19. Sangokushi (三国志), Rurouni Kenshin (るろうに剣心)

20 manga terpopuler (13)

Dua seri sejarah yang sama-sama menempati dua tempat terakhir ini terjual sebanyak sekitar 70 juta eksemplar sepanjang sejarah. Sangokushi tentunya menceritakan tentang perang 3 kerajaan (Wu/Wei/Shu) dan Rurouni Kenshin tentunya mengenai perjalanan seorang pembantai yang mencoba bertobat dengan caranya sendiri.

18. BLEACH

20 manga terpopuler (5)

Manga buatan Kubo Tite yang dominan berwarna putih (kadang hitam sih) mengenai kehidupan para Shinigami dan Shinigami “pengganti” Kurosaki Ichigo ini telah terjual sebanyak 74.6 eksemplar.

17. Hajime no Ippo (はじめの一歩)

20 manga terpopuler (3)

Manga yang masih berlanjut sampai sekarang buatan George Morikawa mengenai bintang tinju SMA yang sedang menanjaki tangga kepopuleran masih terus dibuat sejak tahun 1989 dan terjual 75.700.000 eksemplar hingga hari ini.

16. Kapten Tsubasa (キャプテン翼)

20 manga terpopuler

Tidak, jangan sekali-kali mencoba Sky Dive Shoot atau Skylab Hurricane, nanti bukan bola yang terbang tapi malah arwahmu. Namun kepopulerannya tidak dapat diragukan karena Kapten Tsubasa telah laku terjual sebanyak 80.000.000 eksemplar.

15 Sazae-San

20 manga terpopuler (14)

Manga ini pertama kali terbit pada tahun 1946, ceritanya mengenai seorang istri yang manis dan telah berubah dari simbol feminisme menjadi simbol nostalgia bagi komunitas tradisional dan terjual 86 juta eksemplar.

14. Kindaichi Case Files (金田一少年の事件簿)

20 manga terpopuler (6)

Rival Conan Kindaichi adalah salah satu manga mengenai misteri pertama yang pernah dibuat, cerita mengenai detektif SMA ini telah terjual sebanyak 90.000.000 eksemplar.

13/12/11/10. Fist of the North Star (北斗の拳), Touch (タッチ), Astro Boy (鉄腕アトム), Doraemon (ドラえもん)

20 manga terpopuler (4)

Sedikit sempit di posisi ini, karena masing-masing dari manga legendaris ini telah terjual sebanyak 100.000.000 eksemplar. Antara otot, olahraga darah muda, robot anak lelaki yang pintar dan robot luwak dengan kantong ajaib, manakah yang menurut kalian paling baik?

9. Slam Dunk

20 manga terpopuler (15)
Kimi ga suki da~ to sakebi~ tai

Oh maaf, sesi karaoke kemarin belum cukup sepertinya, manga ini sudah merubah pendapat para warga Jepang mengenai basket, karena dengan adanya manga ini, booming basket terjadi dimana-mana. Takehiko Inoue-sensei tolong buat lanjutannya! Manga legendaris ini sudah terjual sebanyak 119 juta eksemplar.

8. Oishinbo (美味しんぼ)

20 manga terpopuler (11)

Lapar? Pernah membuat uang sambil makan? Biasanya sih tidak ya, tapi manga mengenai laki-laki yang suka makan ini sudah terjual sebanyak 130.000.000 eksemplar.

7. Naruto

20 manga terpopuler (10)

Siapa pembaca manga generasi kini yang tidak tahu mengenai Naruto sedikit pun? Kisah petualangan ninja hiperaktif, ribut, dan berdarah panas yang memiliki Kyubi, siluman rubah berekor sembilan yang tersegel di dalam tubuhnya dan ingin menjadi Hokage ini telah terjual sebanyak 135 juta eksemplar.

6. Detective Conan (名探偵コナン)

20 manga terpopuler (9)

Komik yang telah membuat saya kering menunggu sejak edisi ke 20 ini ternyata berhasil menempati posisi ke-enam. Aoyama Gosho melakukan pekerjaan yang baik dalam menekan pertumbuhan tinggi Conan, sampai sekarang saya tidak mengerti sudah berapa musim terlewati. Kisah detektif cilik ini telah laku terjual sebanyak 140 juta eksemplar.

5. Kochira Katsushika-ku Kameari Kōen-mae Hashutsujo (こちら葛飾区亀有公園前派出所)

20 manga terpopuler (7)

Atau Kochi Kame sebagai kependekannya, penggemarnya telah membuatnya meraih kesuksesan dengan catatan penjualan 155.300.000 eksemplar.

4. Dragon Ball (ドラゴンボール)

20 manga terpopuler (16)

Yang ini juga, sepertinya masih akan bertahan sampai lama, karena bahkan orang awam pun pasti tahu siapa itu Son Goku, lelaki terkuat di alam semesta. Sampai sekarang Dragon Ball telah terjual sebanyak 157 juta eksemplar.

3. Black Jack (ブラック・ジャック)

20 manga terpopuler (12)

Osamu Tezuka, sang bapak dunia manga pantas menduduki salah satu posisi tertinggi di daftar dengan seri Dr. Black Jack miliknya. Dokter yang bertualang membenarkan metode medis yang salah dan memberi pelajaran pada orang-orang yang kurang ajar ini telah menggebrak catatan penjualan dengan jumlah yang luar biasa dengan 176 juta eksemplar yang sudah dikoleksi para penggemarnya.

2. Golgo 13 (ゴルゴ13)

20 manga terpopuler (8)

Jangan berdiri di belakangku! Manga ini telah berjalan sejak tahun 1968 menjadikannya manga tertua yang masih dipublikasikan ini telah terjual sebanyak 200 juta eksemplar. Ya tentu saja, bila sudah 46 tahun berjalan kalau penjualannya jelek pasti sudah dihapus dari dunia manga.

Menurut kalian apakah manga yang paling cocok menempati nomor 1? Apakah kalian sudah bisa menebaknya setelah melihat urutan manga-manga diatas? Jawabannya sudah cukup jelas bukan?

drumroll plz

1. One Piece (ワンピース)

20 manga terpopuler (17)

Masterpiece buatan Odacchi yang sepertinya tidak pernah kehilangan momentumnya. Petualangan bajak laut yang menegangkan sekaligus menyenangkan akan menantimu di awal sampul buku ini. Mungkin tidak salah bagi One Piece untuk memenangkan penghargaan ini karena catatan penjualannya pun sudah mencapai 300.000.000 ber- eh eksemplar.

Jadi, apakah kamu akan mulai meluangkan waktumu untuk membaca manga-manga yang sudah terbukti kualitasnya ini?

sumber: Rocketnews