Bagaimana Jika Seandainya Gunpla Battle Benar-Benar Ada?

April 30, 2014 12:00 pm
Bagaimana Jika Seandainya Gunpla Battle Benar-Benar Ada?

Masih belum bisa move-on dari Gundam Build Fighters meskipun season ini ada 5 anime mecha? Nampaknya Anda tidak sendirian, karena baru-baru ini ada user di Nico Nico Douga yang membuat video stop-motion menggunakan Gunpla yang memperagakan Gunpla Battle sebagaimana adanya di Gundam Build Fighters.

Video stop-motion menggunakan Gunpla sendiri sebenarnya sudah banyak ada sebelum Gundam Build Fighters sendiri tayang. Berikut beberapa animator stop motion Gunpla:

Plamoo

Plamoo bisa dibilang sebagai animator stop motion Gunpla yang paling dikenal sejak dahulu kala (video pertamanya diupload 7 tahun yang lalu). Video stop-motionnya yang menggunakan model kit Bandai, Kotobukiya, Busou Shinki, Revoltech, Figma, SHF, dan berbagai mainan lainnya terkenal dan banyak dipuji karena jumlah framerate yang sangat banyak (sehingga gerakan nampak halus), dan penggunaan efek-efek praktikal (lampu, tisu & kapas, laser, light painting, dll) tanpa penggunaan greenscreen atau editing, dan juga komedi (yang agak gila). Kepopulerannya sempat memberikan animator asal Jepang ini peran dalam menganimasikan salah satu iklan Figma. Sayangnya video yang terakhir diupload olehnya adalah tahun lalu, dan akun youtube dan blognya sudah ditutup.

Counter656

Di mana Plamoo adalah ahli dari video stop-motion Gunpla tanpa efek komputer, Counter656 adalah sebaliknya. Animator asal Taiwan ini sering menggunakan efek greenscreen dan editing lainnya di dalam videonya. Selain menganimasikan Gunpla, Ia menganimasikan Hot Toys, Playarts, SHF, dan Figma.

Raven

Raven adalah pembuat seri animasi stop motion “Gundam War in the Closet” dengan cerita orisinil. Seperti Plamoo, Raven juga menggunakan efek-efek praktikal seperti lampu, laser, kapas, dan foil. Yang membuatnya unik dari animator stop-motion Gunpla lainnya adalah, setting tempat dari animasi War in the Closet adalah luar angkasa, di mana figure-figure yang digunakan semua diposekan menggunakan stand base agar figurenya bisa mereplikasi pose-pose melayang di luar angkasa.

Apakah Anda memiliki animator stop-motion lain yang ingin Anda rekomendasikan? Atau apakah Anda juga tertarik untuk membuat animasi stop-motion? 3 tahun yang lalu Saya dan beberapa teman Saya juga sebelumnya pernah membuat animasi stop-motion menggunakan Gunpla dan Figma, meski hasilnya masih belum sebagus karya-karya yang kita sebut di atas.

Gambar: ちよみ – pixiv