Seperti Inilah Kontes Kecantikan Jepang Pada Zaman Geisha

May 3, 2014 6:40 pm
Seperti Inilah Kontes Kecantikan Jepang Pada Zaman Geisha

Kontes Kecantikan sudah bukan mahluk asing lagi bagi masyarakat modern seperti kita-kita ini. Dari Miss Universe, Ibu-ibu hingga Kontes Trap ada semua. Tapi kalau kita mau menengok kebelakang, kira-kira seperti apa kontes kecantikan Jepang zaman dahulu kala?

Di versi modernnya, mungkin kontes kecantikan berakar pada budaya Amerika atau barat, tapi ternyata Jepang juga punya kontes kecantikan sendiri pada tahun 1891! Dan tidak semua bisa ikut, karena kontes ini khusus untuk Geisha. Jadi kita akan memilih Geisha mana yang paling cantik dari banyak Geisha yang ada.

konteskecantikangeisha (2)

Kontes ini juga lahir dari ketidaksengajaan, karena menurut catatannya, kontes ini diadakan secara spontan sebagai bentuk pengalihan isu yang ada pada acara peluncuran lift pertama di Jepang. Karena para tamu terpaksa harus memakai tangga, dipajanglah foto-foto geisha terkenal di dinding tangga. Kenapa geisha? karena pada saat itu, foto atau gambar wanita masih merupakan hal yang tidak lazim.

konteskecantikangeisha (3)

Setelah diadakan pemungutan suara, lahirlah seorang pemenang! Geisha berusia 17 tahun bernama Tamagiku dari Shinbashi di Tokyo sukses merebut hati para pendaki tangga. Terpilih juga beberapa runner up;

konteskecantikangeisha (4)

konteskecantikangeisha (5)

konteskecantikangeisha (6)

konteskecantikangeisha (7)

Para juara ini dihadiahi kalung emas, berlian dan sisir eksotik oleh penyelenggara.

Jauh sekali dari gambaran wanita Jepang yang biasa kita lihat pada era sekarang! Asal tahu saja, pada masa itu gambar wanita seperti yang dipajang diatas sudah tergolong cukup vulgar! Tapi saat ini yang bisa kita lihat adalah sosok elegan yang rapi dan bersahaja dari seorang Geisha.

Sumber: Rocketnews
Header: pixiv