[JOI Weekend] Kira-kira Apa Isi Dari Persona 4 the Golden Animation?

May 4, 2014 1:48 pm
[JOI Weekend] Kira-kira Apa Isi Dari Persona 4 the Golden Animation?

Sudah dengar kabar tentang adaptasi anime dari Persona 4 Golden? Bila Anda terkejut, Anda tidak sendirian, karena mengingat isi dari game Persona 4 Golden sendiri tidak banyak berbeda dengan Persona 4 biasa dengan beberapa tambahan dan satu karakter baru (ditambah lagi baru 2,5 tahun dari adaptasi anime sebelumnya dan 1,5 tahun sejak dirilisnya Persona 4 Golden di PS Vita), rasanya sebuah adaptasi seri TV baru agak berlebihan. Ditambah dengan maraknya game-game Persona baru (Persona Q: Shadow of the Labyrinth, Persona 4: Dancing All Night, Persona 4: The Ultimax Ultra Suplex Hold, dan Persona 5), mulai ada beberapa orang yang mengecap Persona 4 sebagai seri yang di-miliking.

Pada JOI Weekend kali ini, Kami akan mengspekulasikan kira-kira apa kemungkinan isi dari anime Persona 4 the Golden Animation (disingkat P4GA).

Bagi yang belum mengetahuinya, Persona 4 Golden (disingkat P4G) adalah port-remake dari Persona 4 yang dirilis di PS Vita pada 2012. P4G memiliki tambahan fitur dan cerita, mulai dari event-event baru seperti event pantai dan ski, penggunaan skuter, dan social link untuk Adachi dan pengenalan karakter baru, Marie, yang juga mendapatkan social link dan arc ceritanya sendiri, dan juga epilog baru.

Meskipun P4G mendapat cukup banyak tambahan, penambahan ceritanya sendiri tidak bisa dibilang cukup signifikan sampai-sampai bisa mendapatkan satu serial tv sendiri untuk membahasnya, dan kalau diulang dari awal, nampaknya akan agak membosankan. Sempat juga dikabarkan kalau staff dari animenya menyatakan kalau P4GA akan kembali menceritakan cerita yang ada di adaptasi anime sebelumnya, dengan tambahan sang karakter baru, Marie; tetapi belum ada informasi resmi mengenai isi cerita P4GA. Jadi kira-kira apa isi dari P4GA? Berikut kira-kira kemungkinan yang terpikirkan:

Penceritaan ulang dari awal

joiwp4ga 1
Seperti dengan kabar yang disebut di atas, meski sebelumnya sudah dianimasikan oleh AIC ASTA dan kurang lebih sudah menangkap inti dari Persona 4, P4GA ini akan kembali menceritakan Persona 4 (dengan tambahan cerita Golden) dari awal. Dalam artian kita sekali lagi akan melewati arc Yosuke-Chie-Yukiko-Kanji-dst, tetapi kali ini menurut versi A-1 Pictures.

Penayangan ulang anime sebelumnya, dengan tambahan

joiwp4ga 2
Mungkin ini kemungkinan yang paling ditakutkan. Tayangan Persona 4 the Animation yang sebelumnya akan kembali ditayangkan apa-adanya, dengan penambahan adegan baru atau episode baru di tengah-tengahnya. Mengingat adaptasi anime sebelumnya sudah cukup bagus, jadi tinggal tambahkan saja bagian baru ke bagian lama (mungkin seperti Z Gundam A New Translation). Ditambah lagi mengingat berita mengenai P4GA ini baru saja muncul, tetapi P4GA sudah dijadwalkan akan tayang pada season depan, mungkinkah waktu kerjanya bisa cepat karena hanya sebagian saja yang perlu dibuat oleh A-1 Pictures?

Tetapi mengingat yang mengerjakan P4GA adalah studio yang berbeda dari adaptasi anime sebelumnya, kemungkinan yang satu ini nampaknya cukup rendah. Ditambah lagi gaya gambar dari A-1 dan AIC sendiri agak berbeda (kecuali kalau studio AIC membuat perjanjian tertentu dengan studio A-1).

joiwp4ga-comp

kiri: A-1, kanan: AIC

Kumpulan cerita baru, cerita sampingan, dan komedi

joiwp4ga 3
Bagian-bagian yang sudah diceritakan oleh Persona 4 the Animation yang dibuat oleh AIC ASTA tidak akan dibuat atau ditayangkan lagi di P4GA, tetapi murni hanya akan membahas cerita-cerita baru dari P4G, dan mungkin beberapa cerita sampingan baru untuk memenuhi kuota episodenya. Mungkin ini kemungkinan yang paling diinginkan, ditambah lagi kebanyakan dari event baru di P4G adalah komedi.

Yang menjadi masalah adalah, jika nantinya P4GA hanya akan meliputi adegan-adegan baru dari P4G, maka A-1 Pictures harus menyusun cara agar bisa menampilkan timeline yang dipastikan akan lompat-lompat dengan cukup baik. Dan juga penonton baru yang belum memainkan game/menonton anime P4 sebelumnya mungkin akan cukup bingung.

Bagaimana pendapat Anda sekalian? Apakah ada kemungkinan yang Anda yakini akan terjadi? Atau Anda memiliki spekulasi lain yang tidak disebutkan di atas? Apakah Anda tertarik untuk menonton P4GA ini? Atau apakah Anda lebih senang seandainya Persona 4 Arena yang diadaptasi menjadi anime? Silahkan tulis komentar Anda di bawah!

joiwp4ga arena