Inilah 10 Besar Manga Musik Terbaik Menurut Para Wanita

May 5, 2014 2:00 pm
Inilah 10 Besar Manga Musik Terbaik Menurut Para Wanita

Manga dengan tema musik kadang memang susah untuk dibuat menjadi menarik, karena kamu perlu memiliki ‘suara’ dan terkadang imajinasi saja tidak cukup untuk membayangkan ‘suara’ seperti apa yang mereka miliki. Sewaktu kecil, saya pernah membaca manga musik berjudul ‘Desperado‘, awalnya saya tidak percaya manga itu menarik, memang musiknya tidak bisa terdengar, tapi pengarangnya membuat semangatnya tersampaikan lewat gambarnya. Terkadang saya pikir pun manga tersebut juga lebih terfokus kepada drama para anggota band dibanding musiknya sendiri.

komik musik survei wanita (8)

Seiring waktu berjalan pun saya menjadi terbiasa dalam membaca manga dengan tema musik, pada saat BECK diumumkan mendapat adaptasi anime pun saya sangat semangat, akhirnya bisa mendengar suara Koyuki. Untungnya, harapan saya tidak sia-sia memang suara Koyuki, lebih bagus dari orang biasa.

Namun bagaimana dengan pendapat para wanita? Situs berita Jepang Yaraon kemudian melakukan survei mengenai manga dengan tema musik apakah yang paling menarik hati mereka? Inilah 10 besarnya:

9. Pride (Ichijou Yukari) 1,3%

komik musik survei wanita (12)

9. Piano no Mori (Isshiki Makoto) 1,3%

komik musik survei wanita (4)

9. Mama no Violin (Chiba Tetsuya) 1,3%

komik musik survei wanita (3)

9. BECK (Harold Sakuishi) 1,3%

komik musik survei wanita (7)

7. Gin’iro no Harmony (Hiragi Aoi) 2,1%

komik musik survei wanita (2)

7. Sakamachi no Apollon (Yuki Kodama) 2,1%

komik musik survei wanita (13)

6. Solanin(Asano Inio) 2,5%

komik musik survei wanita

5. K-On! (Kakifly) 3,0%

komik musik survei wanita (10)

4. Detroit Metal City (Kiminori Wakasugi) 3,0%

komik musik survei wanita (5)

3. Kagen no Tsuki (Yazawa Ai) 3,4%

komik musik survei wanita (9)

2. NANA (Yazawa Ai) 17,4%

komik musik survei wanita (6)

1. Nodame Cantabile (Ninomiya Kazuko) 47,9%

komik musik survei wanita (11)

Mengingat ini adalah para perempuan yang disurvei, sepertinya tidak heran bila Nodame Cantabile bisa menduduki peringkat pertama. “Aku tidak mengerti musik klasik, tapi adegan cinta dan dramanya tergambarkan dengan sangat bagus haha!” kata salah seorang pembacanya. “Aku suka musik klasik, dalam manganya juga ada banyak lelucon, dan pastinya cerita cinta dong, aku tertawa dibuatnya.” kata penggemar yang lain. Memang sepertinya dibandingkan manga musik untuk lelaki seperti BECK yang cerita cinta KoyukiMaho tidak begitu ditekankan, untuk menarik perhatian wanita cerita cinta lebih dibutuhkan.

Selain itu yang saya bingung, kenapa Detroit Metal City bisa berada di nomor 4, bahkan setara dengan K-On dan mengalahkan manga-manga shoujo lainnya? “Lirik ‘Aku akan menggali papa besok’ (dari lagu Satsugai) sangat lucu!” menurut salah satu penggemar. Yang lainnya pun berpendapat “Animenya sangat menarik, seperti manganya“. Entah saya tidak bisa membayangkan muka mereka seperti apa, mungkin seperti yang di bawah ini.

frasoildiers deviantart

Walaupun cukup rendah, saya masih bersyukur BECK masuk ke dalam peringkat. Kalau kamu, manga musik apakah yang menjadi favoritmu?

sumber: Yaraon