Iklan-Iklan Kreatif Osaka, Mulai Dari Manula Sampai ke Dada Wanita!

May 9, 2014 11:00 am
Iklan-Iklan Kreatif Osaka, Mulai Dari Manula Sampai ke Dada Wanita!

Apa yang kamu tahu soal Osaka? Bila kamu sering membaca manga atau menonton anime, mungkin orang-orang Osaka digambarkan sebagai orang yang tidak bisa diam, selalu menggunakan Kansai-ben (logat Kansai), dan mereka adalah penggemar berat Hanshin Tigers (klub baseball Osaka), dan jangan menyebut-nyebut apapun mengenai Yomiuri Giants (klub baseball Tokyo) di dekat mereka.

Namun di Jepang sendiri, para penduduk Osaka terkenal dengan selera humor mereka dan kecepatan mereka dalam mengambil keputusan bisnis. Karena itulah, banyak komedian Jepang yang lahir di sini, bahkan bila dibandingkan dengan daerah Jepang yang lain. Bila kamu ke Osaka juga jangan heran bila kamu disapa dengan sapaan lokal yang diterjemahkan menjadi “Apakah kamu menghasilkan uang?

Iklan nyeleneh osaka

Sedikit ke barat dari kastil Osaka, kamu akan menemukan sebuah tempat dimana kedua karakteristik diatas bercampur dengan sempurna. Pusat Perbelanjaan Fuminosato namanya, adalah tempat yang terkenal bila kamu berhasil membuat mereka tersenyum, maka kamu pun akan membuat untung (profit keuangan) bagi dirimu. Cara termudahnya adalah dengan membuat poster-poster yang menarik perhatian, lucu, aneh, gila dan kadang-kadang sedikit seksi.

Beragam toko-toko di daerah ini memastikan kamu tidak akan kehabisan poster ‘gila’ untuk dilihat, seperti poster milik Hanwa Pharmacy, yang mendapatkan inspirasi mereka dari pepatah Jepang “Tidak ada obat untuk orang bodoh.

Iklan nyeleneh osaka (9) Iklan nyeleneh osaka (8)
Sungguh Jepang sekali iklan-iklan diatas.

Kesehatan juga menjadi fokus dari Fukutomi Bonsetting Clinic, yang berharap para pasiennya dapat terus sehat melalui gaya hidup yang aktif, apapun tujuan akhir mereka nanti. Walaupun memang rata-rata orang Jepang dapat hidup lebih lama, terima kasih kepada gaya hidup dan makanan yang sehat.

Iklan nyeleneh osaka (16)
“Aku dengar laki-laki Italia suka wanita dewasa!”
Ya tentu, bukan nenek-nenek mungkin….

Iklan nyeleneh osaka (17)
Anakku belum menikah juga, kapan aku punya cucu….

Omong-omong soal umur, pemilik dari Shimomura Electronics mengerti bagaimana perangkat gadget modern bisa menjadi sangat menyusahkan bagi orang tua, maka dia membuat serangkaian poster yang menunjukkan perlunya “memperpanjang batasan after-service” untuk menangani skenario-skenario tersebut.

Iklan nyeleneh osaka (13)
Tidak ada yang menarik di TV

Iklan nyeleneh osaka (14)
Bagaimana cara menghapus history browserku?

Iklan nyeleneh osaka (15)
Halo, bidet toiletku berhenti menyala…

Bahkan untuk menutup toko pun orang Jepang harus kreatif, pemilik Oshima Pickles, toko acar di Osaka akhirnya memutuskan untuk menutup bisnisnya setelah bertahun-tahun bekerja keras. Namun, sepertinya dia ingin terkenal dengan membuat iklan berdasarkan dirinya dahulu.

Iklan nyeleneh osaka (2)
Setelah sekian lama bekerja, aku baru sadar badanku rusak

Iklan nyeleneh osaka (3)
Poster? Cepatlah, keburu aku mati nanti

Iklan nyeleneh osaka (7)
OK, saatnya bersenang-senang sekarang

Melompat dari tua ke muda, dari lawakan jorok ke lawakan yang lebih ceria (saya lebih senang lawakan jorok, percayalah), Kumanari Bedding ingin menyampaikan kalau dengan menggunakan tempat tidur mereka, para pelanggan bisa pergi ke dunia mimpi manapun yang mereka inginkan.

Iklan nyeleneh osaka (10) Iklan nyeleneh osaka (11)

Tentunya, dengan bertambahnya umur pun fantasi yang kamu dapatkan akan ‘sedikit’ berbeda.

Iklan nyeleneh osaka (12)

Kembali ke lawakan jorok, dan dewasa, tema poster kali ini yang dibuat oleh Nakano Korean barbeque restaurant adalah kesehatan, karena itu mereka membuat sebuah poster yang berkata “Oh Tuhan…. Aku tidak dapat menghentikan Nikuyoku-ku” yang dapat diartikan sebagai ekspresi untuk gairah karnivora, dan gairah ‘karnivora‘ lain, kalau kamu cukup mesumdewasa‘ untuk ‘mengerti‘.

Iklan nyeleneh osaka (6)

Tidak berhenti disitu saja, toko daging Torito Shoten yang  sepertinya merasa batasan itu ada untuk ditabrak, membuat sebuah poster yang, sepertinya mereka anggap lebih pantas dipamerkan di depan tokonya dibandingkan foto daging ayam dan sapi.

Iklan nyeleneh osaka (5)
Kami punya dada yang bagus!

Iklan nyeleneh osaka (4)
Kami punya paha yang bagus!

Kadang saya berpikir, apakah orang-orang ini sedikit miring ya waktu Tuhan mengatur otaknya, mungkin memang sedikit miring ke kanan karena mereka semua kreatif. Beberapa terlalu kreatif, beberapa terlalu aneh, beberapa terlalu mesum dewasa. Tapi yang penting intinya mereka semua kreatif, kan?

sumber: Rocketnews