[Monday Music] Wagakki Band

May 12, 2014 6:34 pm
[Monday Music] Wagakki Band

Masih ingat artikel mengenai Wagakki Band yang menyanyikan lagu Vocaloid, Senbonzakura dengan gaya yang berbeda beberapa bulan lalu? Ternyata, Senbonzakura bukanlah lagu Vocaloid pertama yang mereka bawakan, namun mereka ternyata sudah cukup lama berkecimpung dalam dunia musik dan sudah memberikan ‘nafas baru’ bagi lagu-lagu yang mereka bawakan. Siapakah Wagakki Band ini? Saatnya kita ulas bersama-sama.

wagakki band 1

Wagakki Band adalah sebuah band yang terdiri dari 7 orang pemain musik dan seorang vokal, mereka adalah band yang menggunakan alat-alat tradisional Jepang digabungkan dengan alat-alat musik modern untuk menciptakan suara yang lebih fresh di kuping kebanyakan orang. Penampilan mereka selalu dramatis, dan kekompakan serta kecocokan alat musiknya pasti akan membuatmu terkejut. Para anggotanya adalah:

wagakki band member

Wagakki Band memiliki beberapa kekuatan, salah satunya yang sudah saya sebutkan barusan, perpaduan antara instrumen kuno dengan instrumen modern sepertinya menjadi sebuah perpaduan baru yang jarang didengar, membuatnya terasa segar dan baru, walaupun mereka menyanyikan lagu lama. Saat yang seharusnya didominasi lengkingan gitar listrik terkadang mereka ganti dengan petikan Shamisen yang lembut tapi mantap. Alunan suling Jepang di sela-sela vokal pun menghidupkan suasana, seakan band tersebut tidak pernah ‘redup’.

wagakki band 3

Kekuatan kedua Wagakki Band menurut saya ada pada dandanannya, walau dandanan nyentrik bukanlah sesuatu yang aneh di Jepang. Sejak dulu Visual Kei malah jauh lebih ‘menakutkan’ daripada apa yang dipakai oleh Wagakki Band. Wagakki Band sering memakai kimono dan busana-busana tradisional baik di video klip ataupun di panggung. Menguatkan kesan kalau mereka memang adalah sebuah band yang bernuansa tradisional, tapi modern!

yuukorin

Kekuatan ketiga mereka ada di Suzuhana Yuuko, sang vokalis yang juga adalah seorang penyanyi utatte mita di Niconico. Suzuhana Yuuko adalah seorang penyanyi yang memiliki rentang suara sangat baik, karakteristiknya pun cocok dengan lagu-lagu tradisional tapi dia juga bisa menyanyikannya secara keras bila dia mau. Yuuko memiliki panggilan ゆうこりん (yuukorin) lahir pada tanggal 7 Juni, sebentar lagi lho! Yuukorin juga sangat cantik, dan saya memiliki kepercayaan, wanita yang bisa bernyanyi akan tampil jauh lebih cantik saat dia menyanyikan lagunya dengan sepenuh hati, itulah Yuukorin.

album wagakki band vocalo zanmai

Wagakki Band baru saja mengeluarkan album terbarunya, yang berjudul VOCALO Zanmai, tentunya VOCALO diambil dari Vocaloid. Sedangkan Zanmai sendiri bisa diartikan menjadi “Serba Vocaloid” karena memang mereka menyanyikan ulang lagu-lagu vocaloid. Dalam album ini dimuat berbagai macam lagu-lagu keras namun lembut karena sentuhan tradisionalnya, beberapa diantaranya adalah (pastinya) Senbonzakura, Tengaku, Kagerou Days, Iroha no Uta dan masih banyak lagi.

Berikut adalah PV dari album pertamanya bersamaan dengan sedikit cuplikan lagu-lagu nyanyian mereka.

Kesimpulan saya, Wagakki Band adalah band yang sangat berbakat, mereka berhasil memadukan dua elemen yang sepertinya tidak akan menyatu, namun ternyata malah melahirkan suara baru. Bila kamu adalah seorang penggemar lagu-lagu vocaloid, atau adalah seseorang yang menikmati musik seperti saya, kamu harus mencoba mendengarkan band ini bernyanyi.

wagakki band 2

Untuk anggota favorit saya pastinya masih dipegang oleh Yuukorin, tapi kalau anggota favorit dari kaum adam pastinya adalah Machiya. Kenapa? Lihat saja kelakuan Machiya di kiri atas foto ini, mungkin butuh beberapa detik sampai kalian sadar kalau orang ini agak gila.