Review : Manga Lovelive School Idol Diary

May 12, 2014 11:30 am
Review : Manga Lovelive School Idol Diary

Manga Lovelive! School Idol Diary (selanjutnya disingkat LL SID), mulai diserialisasikan di majalah baru, Dengeki G’s Comic, yang mulai terbit sejak akhir bulan kemarin, dan merupakan majalah komik bulanan yang berisikan serialisasi manga pindahan dari Dengeki G’s Magazine, beserta beberapa seri baru, salah satunya adalah LL SID ini.

LL DENGEKI

Sebelumnya, Lovelive! School Idol Diary merupakan buku semacam light novel yang diterbitkan bulanan, dengan masing-masing karakter sebagai fokus utama, dan sesuai dengan namanya, berisikan cerita-cerita para karakter yang dikemas seperti buku harian, dengan sudut pandang masing-masing karakter.

SIF01

Cerita untuk School Idol Diary ini dibuat oleh Sakurako Kimino, yang juga terkenal akan karya-karyanya seperti Sister Princess dan Strawberry Panic, sedangkan untuk gambarnya ditangani oleh Oda Masaru.

SIF02

Format cerita untuk manga ini, sama seperti versi novelnya, akan menceritakan cerita lepas per chapternya, seperti untuk chapter pertama, mengambil cerita dari diary Honoka, tentang para idol u’s yang mengadakan sesi photoshoot yang dibuka pendaftarannya untuk para fans secara umum (yang awalnya merupakan ide gila Nico, tentunya).

SIF06

Untuk mempromosikan kegiatan tersebut, mereka sampai menempelkannya di papan pengumuman. Honoka dan kawan-kawan sangat menantikan adanya banyak orang yang datang, tetapi…

SIF07

Pada akhirnya tidak ada seorangpun yang datang, padahal Rin bahkan sampai membawa kamera milik ayahnya, dan Nico sampai mempersiapkan berbagai macam baju cosplay, mulai dari baju maid, baju renang sekolah, cheerleader, dan lain-lain. Ujung-ujungnya, mereka hanya berfoto-foto bersama menggunakan baju-baju tersebut.

SIF09

Setelah sesi foto tersebut selesai, Nico ternyata mengunggah semua hasil foto tersebut di internet! Umi sangat malu dengan hal tersebut dan meminta Nico menghapusnya. Untuk penghabisannya, diperlihatkan Honoka yang sedang mengingat-ngingat kejadian saat itu, sambil menutup buku hariannya.

SIF04

LL SID versi manga ini, rencananya akan berisi satu cerita dari masing-masing diary, dari masing-masing musim, seperti cerita Honoka di atas mengambil latar musim semi, sedangkan cerita Kotori nanti akan mengambil latar musim panas, Maki di musim gugur, dan cerita Nico di musim dingin. Akan tetapi, untuk cerita yang akan diambil masih belum dijelaskan lebih lanjut, dan apakah para member lainnya juga akan kebagian juga belum dijelaskan.

SIF08

Secara keseluruhan, saya cukup puas dengan chapter pertama, dan hal yang menarik dari manga ini adalah penceritaan dari sudut pandang masing-masing karakter, yang kurang disorot di versi animenya (ya, tetapi mulai disorot di musim kedua sih), dan cerita-cerita menarik tentang keseharian para idol, dan menceritakan latar belakang yang sebelumnya tidak atau belum sempat diceritakan di versi anime.

SIF10

Saya pribadi, sangat merekomendasikan manga ini, terutama untuk kalian yang sangat menyukai Lovelive!, dan ingin mengetahui lebih dalam tentang para karakternya.

Dengeki G’s Comic
Lovelive Official Web