Manga Imouto Paradise! 2 Dilabeli Sebagai Manga Yang “Tidak Sehat”

May 13, 2014 12:19 pm
Manga Imouto Paradise! 2 Dilabeli Sebagai Manga Yang “Tidak Sehat”

Pemerintah kota Tokyo memutuskan bahwa manga imouto, Imouto Paradise! 2 adalah manga yang “tidak sehat” dan akan dilarang diperjualbelikan kepada remaja dibawah umur mulai Jumat ini. Manga tersebut dianggap melanggar Peraturan Perkembangan Kesehatan Anak Muda karena “mengagungkan aksi percintaan saudara sekandung”.

Akibatnya, buku ini akan dilarang dijual dan disewakan kepada anak berumur dibawah 18 tahun. Manga ini harus ditaruh di bagian dewasa dimana anak-anak tidak boleh masuk.

Manga Imouto Paradise! 2 adalah adaptasi dari eroge buatan Moon Stone Cherry yang dirilis tahun 2013. Game pertamanya diadaptasi menjadi OVA.

imoutoloveituberbahaya (2)

Kadokawa yang mempublikasikan manga tersebut awalnya tidak mengklasifikasikan manga tersebut sebagai manga dewasa. Dewan Perkembangan Kesehatan Anak Muda yang terdiri dari beberapa tokoh penerbit, cendikiawan dan orang tua mendapat instruksi untuk mengevaluasi buku tersebut dan akhirnya diputuskanlah bahwa manga tersebut untuk dimasukkan ke dalam kategori dewasa.

Kadokawa tidak mempunyai komentar terhadap putusan ini, “Kami belum menerima perintah resmi dari Tokyo, karena itu kami akan menaham komentar saat ini. Setelah perintahnya turun, kami akan langsung mengambil langkah untuk maju.”

Peraturan yang sudah melewati amandemen ini memperluas cakupan karya yang bisa dikategorikan sebagai “publikasi yang tidak sehat”, kategori yang mengharuskan sebuah karya dimasukkan ke dalam segmen dewasa diatas 18 tahun. Material Ero suda lebih dulu masuk, tetapi amandemen baru ini akhirnya memasukkan apa yang dianggap oleh pemerintahan Tokyo sebagau karya yang “merusak moral masyarakat.”

imoutoloveituberbahaya (3)

To Love Ru dan Aki Sora adalah karya yang paling terkenal karena tersandung peraturan yang sama sebelum amandemen. Tetapi akhirnya diputuskan setelah amandemen bahwa karya tersebut tidak melanggar peraturan. Sayang, Aki Sora sudah lebih dulu mencabut publikasinya sebelum amandemen tersebut diberlakukan. Seperti yang kalian tahu, Aki Sora adalah seri yang cukup kental “begituan”nya. Kalau To Love Ru sendiri yah…

Sumber: ANN