Kadokawa Dan Niconico Bergabung, Era Streaming Anime Mendekat?

May 14, 2014 12:46 pm
Kadokawa Dan Niconico Bergabung, Era Streaming Anime Mendekat?

Siapa yang tidak kenal Kadokawa? Perusahaan yang namanya sering muncul di berbagai anime, manga, merchandise dan lain-lain itu mengumumkan bahwa mereka akan bergabung dengan Dwango, perusahaan yang dikenal sebagai pemilik situs video terbesar di Jepang, Niconico.

Nico_Nico_Douga_logo

Hasilnya, dua perusahaan itu akan menambah konten yang bisa kita akses dari luar Jepang via streaming. Tidak heran, mengingat Kadokawa berfokus di anime dan game. Secara terpisah, Kadokawa akan mengurus segala produk fisik seperti film, anime, musik, dan buku. Sementara Dwango akan mengurus konten digital seperti Niconico dan situs musik digital Chaku Uta, selain juga event management. Dikatakan juga bahwa mereka akan merambah masuk ke produksi apps.

20130927_kadokawa1games_31

Akhir tahun lalu Niconico mencatat bahwa mereka sudah mendapat sekitar 37.5 juta pengguna terdaftar, dengan 80% diantaranya berusia kurang dari 40 tahun. 2.17 juta diantaranya adalah pengguna berbayar. Sedangkan Kadokawa adalah perusahaan raksasa yang merambah keluar dari publikasi menuju bisnis multimedia sejak 1976, dan sejak saat itu terus berkembang mengambil anime, game, dan publikasi elektronik. Beberapa waktu lalu diberitakan bahwa Kadokawa baru mengambil salah satu pembuat game terkenal, From Software.

Kemarin Daisuki, Anibee, dan sekarang Kadokawa x Niconico. Apakah era dimana kita hanya perlu streaming untuk menonton anime sudah semakin dekat?

Sumber: ANN