Reborn One-Hundred Nightingale, Lini Baru Bandai Yang Kurang Memenuhi Ekspektasi Penggemar

May 15, 2014 9:27 pm
Reborn One-Hundred Nightingale, Lini Baru Bandai Yang Kurang Memenuhi Ekspektasi Penggemar

Ingatkah berita kemarin mengenai adanya lini 1/100 baru di Shizuoka Hobby Show 53?  Di berita itu Bandai menjanjikan 2 hal kepada kita, “Penampilan yang amat detil” dan “Komposisi parts paling mutakhir” membuat kita bertanya-tanya apakah yang Bandai akan suguhkan kepada kita. Penekanan kepada kedua hal tersebut pun membuat banyak dari kita berspekulasi kalau lini ini akan melebihi MG yang sudah terlampau detil? Mari kita lihat penampakannya di bawah ini.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Lini terbarunya bernama Reborn One-Hundred, atau yang disingkat menjadi RE/100. Bila dilihat secara langsung, sepertinya lini ini akan menjadi perpaduan antara simpelnya HG dengan detail yang mirip dengan MG. Bisa dilihat dari Nightingalenya yang sepertinya cukup bersih dari seamline dan detilnya terasa baik. Selain itu, perencanaan RE berikutnya pun dipaparkan oleh Bandai. RE 02 akan memproduksi Gundam Mk III dan RE 03 akan membuat GPO-4 Gerbera.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Spekulasi para penggemar Gunpla pun beredar di internet, selain itu diskusi diantara teman-teman di facebook juga membahas mengenai RE/100 Nightingale ini, berikut adalah beberapa dari komentar mereka:

  • well, harganya lebih rendah dari yg diperkirakan… keren sih nightingale 1/100 tp dibawah 10k Yen…”
  • Kayaknya awkward kalo disebelahin sama Hi Nu ver. KA”
  • NG 1/100 emg sarangny kit2 minoritas kan, kyk varian seed yg gaje2 atau sisa gundam2 di 00 yg g jdi MG”
  • gpp sih kalo mau revival NG, tapi jgn pake iklan2 “high-detail” dan semacamnya, ekspektasinya tinggi banget (sampe2 mikir bakal ky RG), ternyata polosan banget…”
  • Baru liat konstruksi part tangannya. HG banget.”
  • Walaupun konstruksinya sederhana, detailnya cukup bagus loh. HG ama MG jadul mana dikasih kuning2 buat thrusternya”

Memang, sekilas terlihat kalau RE/100 ini memiliki sistem yang lebih baik dari HG atau NG 1/100 kebanyakan. Bahkan bagian-bagian kecil seperti detil thruster ditambahkan dan panel line yang ditawarkan juga banyak. Namun masih belum bisa disandingkan dengan detil kelas MG. Karena Bandai mengumumkan lini barunya akan memiliki detil yang ‘lebih’ dan parts yang mutakhir, banyak spekulasi bermunculan di internet, dan sayangnya spekulasi-spekulasi tersebut melenceng.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Namun tetap saja, banyak pendapat positif yang kemudian keluar, seperti akhirnya ada lini yang sepertinya akan mengkhususkan dirinya membuat kit-kit dari cerita MSV, cerita ‘sampingan’ dari seri utama Gundam tersebut. Kemudian ada lagi keuntungan lainnya, harga. Nightingale akan dihargai 8640 Yen, cukup murah bila mengingat ukurannya akan lebih besar daripada Sazabi ver KA sekalipun.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Menurut saya sendiri sih, sebenarnya cukup bersyukur dengan adanya lini ini, artinya Bandai mulai memperhatikan karakter-karakter sampingan yang dulunya jarang mendapat adaptasi model kit. Tapi promosi kemarin sepertinya terlalu berlebihan saya takut efeknya malah berbalik menyerang mereka. Semoga kekhawatiran ini tidak menjadi nyata. Karena apapun yang Bandai lempar pada kalian, kalian akan tetap membelinya.

sumber: Gundaminfo

Sorry. No data so far.