[Flashback Friday] Shin Kidou Senki Gundam Wing

May 16, 2014 9:36 pm
[Flashback Friday] Shin Kidou Senki Gundam Wing

Siapa yang waktu kecil senang menonton anime di Minggu pagi pasti ingat kalau Gundam Wing pernah tayang di Indonesia. Kira-kira dari tahun 90-an sampai tahun 2000 awal, Minggu pagi masih sarat dengan anime-anime anak kecil. Kadang saya bahkan bingung harus memilih saluran TV mana untuk dinikmati, bahkan rela bangun jam 6 pagi hanya untuk menikmati Macross yang tayang begitu pagi. Sebelum akhirnya diambil alih oleh tayangan gosip artis, dokumentasi kehidupan presenter cerewet atau acara musik alay.

ffgwing1

Apa yang terjadi dengan anak-anak generasi sekarang? Apakah mereka semua masih tidur? Memangnya malam minggu mereka kelayapan di tempat hiburan malam apa?

Kembali ke Gundam Wing, animenya sendiri sudah tayang cukup lama, pertama kali ditayangkan pada tahun 1995, anime ini berhasil menembus pasar Indonesia beberapa tahun kemudian. Penerus dari Mobile Suit G Gundam ini berhasil menggabungkan unsur bishounen (cowok cantik) dengan mecha tradisional, yang nantinya menjadi semacam tolak ukur bagi seri-seri Gundam AT (Alternate Timeline) di kemudian hari.

ffgwing2

Buat yang masih menyangkal kalau Gundam Wing itu dibuat untuk menarik fangirl
Manganya juga sempat dibuat, walau oleh ilustrator yang berbeda, Koichi Tokita tapi beliau tetap menggunakan jalan cerita yang sama dengan animenya. Beliau juga menggambar beberapa cerita sampingan seperti Battlefield of the Pacifist dan G-Unit.

Namun hal yang paling Saya ingat dari manganya mungkin adalah 4koma yang dilampirkan pada akhir bukunya yang berjudul Ayo Domon!!. 4koma yang berisi kekonyolan antara karakter utama Gundam Wing dicampur dengan karakter utama G Gundam mengundak gelak tawa, bahkan sampai sekarang.

Gundam Wing sendiri bercerita di tahun yang disebut After Colony 195, dengan dimulainya Operation Meteor, para ilmuwan berencana untuk membalas dendam kepada organisasi militer OZ. Operasi ini melibatkan 5 remaja cantik lelaki yang dipilih dan dilatih secara pribadi oleh kelima ilmuwan tersebut. Mereka dikirim ke bumi dengan menggunakan Mobile Suit yang kita kenal sebagai Gundam. Apakah kelima pemuda tersebut berhasil membalaskan dendam kepada OZ? Yang ini coba ditonton sendiri saja ya.

Musik yang disuguhkan oleh Gundam Wing menurut saya juga cukup baik, dan kedua pembukanya dinyanyikan oleh duo lawas, TWO-MIX (sumpah gue ngerasa tua banget). Jadi dengan pengetahuan itu saja sepertinya aman untuk saya nyatakan kalau lagu-lagunya berkualitas. Gundam Wing dibuka oleh lagu “Just Communication”, yang nantinya diganti dengan “Rhythm Emotion”. Sedangkan lagu penutupnya dinyanyikan oleh Rumi Onishi berjudul “It’s Just Love” dimana video klipnya menampakkan Relena yang tampak seram dalam baju safari.

Gundam Wing juga dibuatkan OVAnya, 3 episode OVA berjudul Endless Waltz yang dimaksudkan menjadi kelanjutan dari serinya. Dalam OVA ini juga semua Gundam mendapatkan facelift dari desain yang lama milik Kunio Okawara menjadi desain milik Hajime Katoki yang menurut saya lebih progresif. Dalam OVA ini juga muncul salah satu MS favorit saya, Tallgeese III yang sampai sekarang masih saya nantikan MGnya dari Bandai.

Karakter

Heero Yuy – Wing Gundam/Wing Gundam Zero/Wing Gundam Zero Custom

ffgwingheero
Heero adalah pemeran utama dari seri ini, pemuda berkutang ajaib ini tidak perlu normal suit saat mengendarai MSnya karena sepertinya kutangnya itu sudah melindunginya bahkan dari ledakan kokpit sekalipun. Karakter Heero sangat dingin dan lebih seperti ke veteran perang daripada seorang remaja, bertolak belakang dengan Duo. Gundamnya, Gundam Wing dibuat berdasarkan seperti burung, karena itu namanya Wing. Dia bisa berubah menjadi pesawat (Bird Mode) dan memiliki Buster Rifle yang luar biasa kuat. Versi Wing Zero Customnya tidak bisa berubah menjadi pesawat tapi dia memiliki efek bulu berterbangan dan Twin Buster Rifle yang jauh lebih sakti dari yang pertama.

Duo Maxwell – Gundam Deathscythe/Gundam Deathscythe Hell/Gundam Deathscythe Hell Custom

ffgwingduo
Kebalikan dari Heero, Duo adalah karakter yang ceria dan selalu santai, namun bila dia marah, kamu akan menyesal telah membangunkan dewa kematian dari tidurnya. Duo selalu menceriakan suasana diantara kelima pilot Gundam yang sangat berbeda pendapat ini. Gundamnya Deathscythe atau si dewa kematian selalu membawa Beam Scythe yang luar biasa besar dan memiliki sebuah jubah sayap yang dapat melindunginya dari serangan jarak jauh.

Trowa Barton – Gundam Heavyarms/Gundam Heavyarms Kai/Gundam Heavyarms Custom

ffgwingtrowa
Trowa adalah orang yang sangat pendiam, dia hanya dekat kepada Quattre pada awalnya, namun pada akhirnya dia bisa juga berteman dengan.. Duo. Karena Heero dan Wu Fei sepertinya tipe orang-orang yang tidak perlu teman, atau terlalu chuuni untuk punya teman. Trowa mempiloti Gundam Heavyarms, sesuai namanya, tangan Heavyarms selalu membawa benda-benda berat, dua buah Gatling Gun yang akan mempeloroti apapun yang ada di depannya dalam sekejap. Karena Trowa juga adalah pemain sirkus maka dia pun bisa melakukan gerakan akrobatik dengan Gundamnya, entah bagaimana cara dia melawan hukum fisika, tapi dia bisa.

Quattre Raberba Winner – Gundam Sandrock/Gundam Sandrock Kai/Gundam Sandrock Custom

ffgqwingquatre
Quattre?memiliki sebutan “Pangeran Padang Pasir” karena ketahanan tubuhnya yang bisa melalui padang pasir tanpa air. Dia juga adalah pilot Gundam yang paling tahan lama karena bisa menahan hidup berhari-hari di angkasa dengan oksigen minim dan bertarung dalam gundam sambil terluka. Gundamnya Sandrock, diilhami dari kalajengking, memiliki dua buah Heat Shotel raksasa untuk memenggal musuh, dia juga memiliki jubah untuk melindunginya tidak hanya dari pasir, tapi juga serangan musuh (bahkan jubahnya bisa menahan gesekan dengan atmosfir saat memasuki bumi dari luar angkasa, padahal itu adalah sumber kematian yang cukup besar di seri timeline UC).

Chang Wu Fei -Shenlong Gundam/Altron Gundam

ffgwingwufei
Wu Fei menjadi pilot Gundam karena kematian istrinya, Nataku yang mati sambil melarikan MS OZ, Tallgeese, sehingga dia memiliki dendam pribadi terhadap para anggota OZ. Wu Fei memiliki karakter yang cukup dingin dan kejam, dia bisa tenang saat di darat, namun saat dia bertarung dia bisa berubah, menjadi sangat dapat diandalkan. Wu Fei memiloti Gundam Altron, yang bisa menembakkan api dan jago bertarung dalam jarak dekat.

Preventer Wind/Zechs Merquise/Milliardo Peacecraft – Tallgeese I/Gundam Epyon/Tallgeese III

ffgwingzech
Kakak dari Relena Darlian, salah satu ace pilot OZ dan nantinya penjaga kedamaian dari orang-orang yang melenceng seperti OZ. Zechs adalah salah satu karakter berambut panjang paling complicated yang pernah saya lihat, tapi untungnya dia orang yang baik. Tallgeese III, MS yang dipakainya di Endless Waltz memiliki Mega Cannon dan Heat Rod yang diambilnya dari Gundam Epyon.

Treize Kushrenada – Tallgeese II

ffgwingtreize
Treize adalah seorang master politik dan seorang perencana strategi yang sangat luar biasa, namun dia juga merasa kalau persoalan bisa diselesaikan dengan harga diri prajurit tinggi dan duel, dia juga menganggap dirinya seorang gentleman walaupun gila dengan perang. Tallgeese II, MS miliknya adalah perkembangan dari Tallgeese I milik Zechs dan digunakan olehnya pada pertempuran terakhir di Operation Meteor.

Relena Darlian/Peacecraft

ffgwingrelena
Relena Darlian adalah karakter utama wanita di seri ini, dia sangat keras kepala dan teguh pendiriannya. Berkali-kali dia diancam oleh Heero untuk tidak mengganggu aktivitasnya, namun Relena yang cinta damai (sangat cocok dengan nama keluarganya, Peacecraft). Heero pun bisa pusing dibuatnya, mungkin hanya dialah partner yang cocok bagi Heero, sayang sepertinya takdir tidak begitu baik bagi mereka.

Dorothy

ffgwingdorothy
2 kata, alis, terbelah.

Gundam Wing, walaupun sudah cukup lama ditayangkan di televisi namun masih memiliki cerita yang cukup baik, karena kombinasi kepribadian berbeda dari setiap pilotnya. Mereka juga memiliki konflik politik yang menarik, apalagi bila kamu cukup rajin untuk menggali ke dalam seri sampingannya, seperti Battlefield of the Pacifist dan G-Unit.

Saya tidak akan menspoiler lebih jauh lagi, bila kamu ingin menonton seri ini mungkin ada baiknya kamu mencari pinjaman Blu-ray atau berharap Sunrise akan membuat Remakenya. Kamu juga bisa membaca novelnya yang sedang diserialisasikan, Frozen Teardrop, kalau kamu bisa membaca bahasa Jepang.