“Apakah Aku Masih Bisa Menikah?” Tanya Seorang Otaku

May 18, 2014 7:25 pm
“Apakah Aku Masih Bisa Menikah?” Tanya Seorang Otaku

Bila kamu tinggal di Jepang, kadang untuk menjadi seorang otaku adalah pilihan yang sulit, apalagi bila kamu memutuskan untuk membawa gaya hidup ini sampai kamu beranjak menjadi seorang dewasa. Bagaimana orang akan melihatmu, apakah masyarakat bisa melihatmu sebagai seorang yang bisa bermanfaat atau hanyalah seorang maniak anime yang kurang bisa diandalkan. Karena sejak dulu kata “Otaku” suka dikonotasikan negatif.

otaku menikah bisa atau tidak
Mungkin juga negatif karena kelakuanmu ya seperti ini….

Sebuah permasalahn melayang dari seorang otaku berumur 30 tahun di Jepang, dia sepertinya sangat ingin menikah karena 30 tahuna adalah umur yang cukup matang bagi seorang pria. Kira-kira beginilah keluhan dari lelaki tersebut yang dimuat dalam situs Ameba News:

“Aku adalah laki-laki berumur 30 tahun, aku cukup yakin kamu bisa memanggilku otaku. Aku suka anime dan aku juga suka pergi ke event-event perilisan doujinshi. Aku pikir susah bagiku untuk meninggalkan hobi ini, dan aku ingin sekali menemukan wanita yang juga menekuni hobi yang sama sepertiku sepenuh hati”

“Namun sepertinya hidup tidak berjalan mulus. Aku sedang memikirkan untuk menikah, tapi menemukan wanita yang mau menikah dengan otaku sepertiku sepertinya sulit. Bila mereka menikah dengan otaku sepertiku maka pasti mereka merasa aku tidak punya kepastian. Banyak temanku yang memilih kehidupan single dengan hobbynya, namun aku ingin memiliki keluarga. Bisakah seseorang membantuku?”

Inilah jawaban dari seorang spesialis yang bekerja memecahkan masalah di situs tersebut:

Otaku juga bisa menikah, jangan menyerah!

Terima kasih atas pertanyaannya, namaku adalah Katou Kato, seorang spesialis spiritual, yang menjadi masalahmu itu bukan apakah pernikahan dengan otaku dapat berhasil, namun apakah kamu bisa menghilangkan rasa ‘tidak pasti’ yang dirasakan pasanganmu bukan? Kamu mungkin sekarang terjebak dalam ide kalau menjadi seorang otaku adalah hobi seorang maniak, tapi ada kok mereka yang menikah karena cinta, bahkan mereka juga otaku. Karena itu kenapa kamu begitu khawatir dengan kehidupan pernikahanmu? Mungkin kamu bisa merenungkannya lagi.

otaku menikah bisa atau tidak (3)
Jangan ceraikan pasanganmu demi Nintendo DS/3DSmu ya…

Mari singkirkan pikiran negatif (mengenai otaku) terhadap wanita, pikiran negatif akan membuatmu gagal!

Aku telah membaca pertanyaanmu dengan seksama dan aku merasakan kamu selalu berpikir negatif mengenai lawan jenismu. Terutama saat kamu bilang “aku ingin sekali menemukan wanita yang juga menekuni hobi yang sama sepertiku sepenuh hati“, tapi otaku wanita sekarang lebih senang menemukan seseorang yang sudah berpengalaman. Karena itu mereka menilai seseorang dengan matanya, jaman-jaman wanita otaku yang pemalu sudah berakhir di era tahun 80an.

Aku juga berpikir kamu menilai otaku terlalu rendah, otaku juga bisa menjadi seorang yang dalam (pemikirannya) kok. Bila kamu berhasil menemukan pasangan yang juga otaku, perbedaan pendapat bisa jadi lebih sering terjadi karena kamu memiliki perasaan yang kuat terhadap kesenangan masing-masing. Karena itu kupikir berkencan dengan mereka juga akan menjadi sama menyusahkannya.

Kenali perbedaan mereka (wanita), jangan biarkan perbedaan menghambatmu!

Banyak lelaki yang memiliki hobi otaku, tapi tidak berarti kalau semua lelaki bisa kita katakan otaku. Bahkan bila pasanganmu memiliki hobi, mereka pun bisa mengerti kamu tenggelam dalam hobimu. Bila kamu berpikir kalau sesama pehobi dapat saling menyatu, artinya kamu masih awam dalam cinta. Menerima perbedaan juga adalah sebuah keharusan dalam menjadi seorang manusia.

Tentu, memang ada pasangan yang disatukan dengan hobi, namun seorang wanita yang menikah dengan pasangan satu hobi juga berkata “Aku dan suamiku memiliki hobi yang sama, namun tetap saja ada perbedaan, dan saat itu kami harus saling mengerti satu sama lain. Untuk mempertahankan pernikahan membutuhkan usaha yang besar dari kami.” Karena itu, pasangan satu hobi tidak menjadikan sebuah garansi kalau kamu tidak akan gagal dalam berhubungan. Untuk menghadapi wanita, yang kamu perlukan adalah sikap seorang dewasa.

otaku menikah bisa atau tidak (2)
Tolong jangan kamu nikahi bantalmu juga, itu akan menjadi sedikit, aneh bagi keluarga mempelai bantal.

Hubungan cinta tidak akan monoton!

Coba kamu renungkan, di seluruh dunia ini sudah ada berapa pasangan yang menjadi satu, dan cinta mereka pun bentuknya tidak selalu sama. Hubungan cintamu adalah sesuatu yang sudah kamu pupuk bersama dengan hasrat dan cinta. Semua orang melalui trial and error dalam hubungannya, tapi mereka yang melaluinya dapat membuat sebuah kerajaan cinta yang akan mereka bina seumur hidupnya. Aku berdoa, kamu akan memilih jalan yang benar.

saberweddingotaku
Saya juga berharap kamu melaksanakan pernikahan seperti ini.

Melihat bahasan diatas, sepertinya kamu jangan menyerah dulu sebelum berusaha, jangan takut atau berpikir negatif sebelum bertindak, karena sesungguhnya wanita suka kepada pria yang percaya diri.

sumber: Yaraon
gambar: pixiv/agles