“Salad Days” Dari Mangaka Indonesia Bercitarasa Lokal, Bubble Pop

May 18, 2014 12:34 pm
“Salad Days” Dari Mangaka Indonesia Bercitarasa Lokal, Bubble Pop

Beberapa hari lalu JOI ketemu komik unik di salah satu toko buku ternama di Jakarta, yang ternyata kembali kami temukan di acara komik lokal. Gaya gambar yang lucu di sampulnya jelas menjadi salah satu alasan saya melirik ke komik satu ini, yang berjudul BubblePop.

Begitu dilirik lebih dalam, rupanya karakter di sampul itu berseragam SMU. Barulah saya sadar kalau itu komik lokal. Rupanya komik terbitan Muffin Graphic itu adalah komik romansa anak SMU Indonesia.

1601150_260972770737406_985950266_n

Bagi saya kualitas itu nomor satu. Jelas saya tidak semerta-merta tertarik karena itu “karya Indonesia”. Karena itulah saya mencoba komik ini, yang mengingatkan saya akan salah satu manga kumpulan cerita romansa sejenis dari Jepang.

Tidak ada sinopsis spesifik dari Bubblepop, karena ternyata satu jilid komiknya mengandung 3 cerita pendek berbeda dari pengarang yang berbeda. Yang mengejutkan, cerita-cerita didalamnya ditulis oleh anak SMU sungguhan! Menjadikan cerita yang ada memang relevan dengan kehidupan tokoh dalam komiknya. Salut buat para adik-adik penulis!

Format seperti ini langsung mengingatkan saya akan salah satu komik drama favorit, Salad Days. Meskipun tidak (atau belum?) sepanjang Salad Days, BubblePop yang mengusung format yang sama juga memiliki daya tarik sejenis.

bubble1pop

Dari 4 jilid dan 12 cerita yang ada, favorit saya adalah cerita pertama di jilid pertama. Karena ceritanya rada-rada mirip dengan kisah nyata saya! (dengan banyak penyesuaian) dan didukung pula oleh gambar yang cukup lucu, menjadikan kisah pembukanya justru menjadi kisah yang paling memorable buat saya di seri ini.

Sayang sekali seperti semua karya, BubblePop tidak luput dari kekurangan. Tanpa membandingkannya dengan standar manga Jepang, cerita yang ada sangat bervariasi karena ditulis oleh penulis yang berbeda setiap chapter. Jadi ada chapter yang bagus, ada yang kurang. Dan bagi yang kurang suka drama lembut dan manis khas shoujo manga, sayang ini bukan komik untukmu.

Tapi juga kamu tidak masuk kategori itu, komik ini patut dicoba! Komik ini sudah terbit sebanyak 4 jilid dan bisa ditemukan di toko buku atau acara komik lokal yang dihadiri oleh Muffin Graphic!

Bagi yang mau mengingat betapa polosnya percintaanmu saat SMU, jangan takut untuk membaca komik ini. Siapa tahu dapat momen nostalgia!