[Monday Music] SPYAIR

May 19, 2014 8:15 pm
[Monday Music] SPYAIR

Selamat hari Senin! Apa kabar semuanya, saya harap hari Senin ini tidak menjadi hari yang buruk bagi kamu semua dan malah menjadi pemicu semangat yang baik. Karena itu, kali ini saya ingin membawakan sebuah band yang mungkin sudah cukup kamu kenal, atau setidaknya pernah kamu dengar dari beberapa anime karena mereka sempat membawakan lagu untuk beberapa anime, sambutlah SPYAIR!

2hn0zzo

SPYAIR adalah sebuah band beranggotakan 4 orang (tadinya 5 orang) yang berasal dari Nagoya, mereka terbentuk pada tahun 2005 dan telah memproduksi banyak lagu orisinil sampai tahun 2009 sebelum akhirnya dikontrak dengan label indie, U-Project. Saat bersama U-Project inilah saya pertama kali menemukan SPYAIR, tepatnya lewat video Japanicationnya yang kebetulan lewat di recommended section di Youtube saat saya melakukan ONE OK ROCK marathon. Telinga saya pun langsung bereaksi, karena biasanya saya akan tahu kalau saya langsung suka dengan 1 lagu maka saya akan suka dengan sepak terjang band tersebut nantinya.

Pada tahun 2010 mereka dikontrak oleh Sony Music, dan langsung merilis debut besarnya dengan single Liar pada tanggal 11 Agustus 2010. Setelah itu diikuti dengan single “Last Moment” yang menjadi lagu penutup dari seri anime terkenal Bleach. Selain Bleach, mereka juga sempat mengisi lagu untuk Kidou Senshi Gundam Age berjudul My World. Namun mungkin karyanya paling sering digunakan dalam seri Gintama, selain Samurai Heart (Some like it hot) dan Sakura Mitsusuki yang digunakan dalam film serinya, “Genjou Destruction” juga digunakan untuk mengisi lagu tema di movie Gintama yang terakhir.

Anggota

Ike (Vokal)

 12755604

Yang pertama saya pikirkan saat melihat Ike muncul di layar adalah “Kamu ini anggota boyband Korea yang mana lagi?” karena rambutnya yang ajaib dan kebetulan video Japanication direkam di Korea. Namun begitu mendengar vokalnya yang baik saya jadi membuang jauh-jauh pikiran tersebut. Sayang menurut saya vokal Ike tidak begitu menonjol saat live, walau konsernya tidak kalah seru dengan band-band yang lain.

UZ (Gitar)

UZ

Berbeda dengan Ike, UZ langsung saya cap sebagai pentolan band, kenapa? Karena menurut saya anggota band itu bila memiliki facial hair, maka dialah yang paling gentleman diantara para anggota lainnya. Sama seperti saat saya melihat Ken dari Laruku atau Ryota dari ONE OK ROCK.

Momiken (Bass)

SPYAIR-MOMIKEN-V2

Momiken memiliki penampilan yang menarik, sedikit unik dengan entah tato atau entah penutup matanya dan entah kenapa rambut belah tengahnya sangat menarik perhatian saya. Namun tentunya permainan bassnya tidak kalah dengan anggota lainnya.

Kenta (Drum)

BV9a_clCUAAaknN

Bermain drum tentu akan membuat tanganmu sebesar milik Kenta juga, sejak awal dialah yang paling macho menurut saya, kalau saya salah ngomong mungkin bakal langsung dilariat. Tabuhan drumnya seringkali membuat saya semangat seperti saat di lagu “Liar”.

DJ ENZEL (DJ) – keluar November 2012

11291

DJ ENZEL selalu saya kaitkan dengan badut di segala suasana konser live ataupun video klip mereka. Entah mengapa sepertinya dia tidak pernah bisa diam, bukan memainkan alat musik, tapi ada saja tingkah laku anehnya seperti mengayun-ngayunkan bendera atau ikut memutar-mutar handuk untuk menyemangati penonton. Sayang DJ ENZEL keluar pada November 2011 karena alasan masa depannya tidak pasti bila bermain band.

Tidak heran sih, karena saya jarang sekali melihat kamu bermain instrumen musik, adapun kamu cuma berlari-larian saja di panggung.

SPYAIR masih berjuang keras dengan 4 anggotanya, walaupun menurut saya agak aneh bila DJ ENZEL meninggalkan SPYAIR, mereka dikontrak oleh Sony yang adalah major label besar, menurut saya masa depan SPYAIR cukup terjamin. Setidaknya sampai kamu mendengar salah satu livenya, menurut saya Ike kurang bisa menyesuaikan vokalnya saat live, seringkali nadanya terdengar salah dan rentang suaranya tidak sebaik di video klip, namun mereka masih cukup berani untuk tidak melakukan lipsync.

Saya pernah mendiskusikan SPYAIR dengan salah satu teman saya, dan menurut kami SPYAIR adalah sebuah band yang generik, band yang dibuat untuk dikomersilkan, karena itu saya merasa lagu mereka jarang mendapat perubahan yang berarti. Begitu pula dengan penampilan mereka yang cukup ‘wah’ dan Ike yang dibikin sangat metroseksual.

Walau begitu, saya masih senang mendengarkan mereka dan pastinya akan mendukung mereka sampai kapanpun mereka akan bermain!