Mangaka Zetsubou Sensei, Kumeta Kouji Memprovokasi Mangaka Bleach, Kubo Tite

May 20, 2014 8:13 pm
Mangaka Zetsubou Sensei, Kumeta Kouji Memprovokasi Mangaka Bleach, Kubo Tite

Mangaka Zetsubou Sensei, Kumeta Kouji ternyata bukan orang yang depresi seperti karakter komik buatannya. Beliau secara terang-terangan memprovokasi Kubo Tite, mangaka terkenal yang menciptakan Bleach. Dia bahkan secara terang-terangan menampilkan salah satu halaman dari manga Bleach dan menampilkan Kurosaki Ichigo, pemeran utamanya untuk memprovokasi Kubo Tite.

Beberapa tahun lalu, saya sempat berbincang-bincang dengan teman saya, sebut saja A. A berkata kalau dia menemukan sebuah diskusi di sebuah imageboard mengenai bagaimana Kubo Tite (kemungkinan) senang bermain-main dengan perasaan para pembacanya. Bagaimana tidak, Kubo jarang membuat gambar latar belakang, dan terkadang 1 halaman bisa dia isi warna hitam atau putih semua, sampai saya pun heran kenapa saya masih membacanya.

Kubo vs Kumeta (2)
Halaman berwarna saja bisa dibuat putih olehnya…

Itulah yang dikritik oleh Kumeta Kouji dalam manganya, Sekkachi Hakushaku to Jikan Dorobou yang diterbitkan di mingguan Shonen Jump. Berikut adalah halaman dimana beliau memprovokasi Kubo Tite.

Kubo vs Kumeta

Disitu dikatakan bahwa “Ada manga berisi 60 panel dalam 1 halaman dan manga dengan 1 panel dalam 60 halaman, beda ya rasa membacanya…” dilanjutkan dengan penampakan 2 halaman dari manga Zetsubou Sensei dan Bleach. Terlihat halaman Zetsubou Sensei sangat sarat dengan panel dan balon bicara, namun Kubo Tite dapat menyingkat 2 halaman tersebut dalam 1 panel dan hanya membuat Ichigo berkata “A.. apa??

Beberapa orang dari situs Yaraon juga menyuarakan pendapatnya mengenai perseteruan ini:

  • “A.. apa??”
  • “Heh, dua-duanya juga tidak begitu menarik ini.”
  • “Yah, manga dengan panel gaya Kumeta yang banyak dan gaya Kubo yang sedikit kan sama-sama menarik, lagian ada demand juga, ya sudahlah…”
  • “Biasa lah, namanya juga Kubo Tite.”
  • “Hahaha bagus-bagus, ayo berantem lagi!”

Menurut saya sendiri sih sepertinya tidak masalah, memang gaya pembawaan Kubo senang menggambar yang besar-besar dan detil, sedangkan Kumeta sendiri gaya manganya sangat simpel dan mungkin lebih mudah digambar dari apa yang Kubo gambar. Jadi tidak perlu sebenarnya Kumeta membuat provokasi seperti ini.

Kubotroll

Saya juga cukup mengerti sih kenapa dia memprovokasi Kubo, Kubo cukup terkenal karena kebiasaannya menjilat manganya sendiri. Seperti saat dia bilang Bankai itu langka, tiba-tiba setiap orang punya (atau memiliki kekuatan setara) Bankai. Lalu saat cerita Arrancar, Yami tiba-tiba berubah menjadi Arrancar #0 dan berkata “Siapa bilang Arrancar terkuat adalah yang #1?” dan saya yakin banyak yang berteriak “Wat?

Bisa jadi sebenarnya Kumeta adalah penggemar rahasia Kubo yang muak dengan segala aksi trollnya ini.

sumber: Yaraon