Sutradara Gundam SEED Berpendapat Anime Jaman Sekarang Terlalu Banyak Diatur

May 22, 2014 1:23 pm
Sutradara Gundam SEED Berpendapat Anime Jaman Sekarang Terlalu Banyak Diatur

Ternyata bukan hanya Hayao Miyazaki saja yang mengkritik dunia anime jaman sekarang, sutradara dari seri terkenal Gundam SEED, Mitsuo Fukuda juga mengkritik dunia pertelevisian Jepang akhir-akhir ini melalui akun Twitternya. Menurutnya, berita pagi telah berubah menjadi sesuatu yang menurut dia adalah penurunan kualitas opini dan ketertarikan orang Jepang. Fukuda juga mengatakan biasanya dia langsung mematikan televisi karena frustasi, dia menganggap televisi hanya menyiarkan hal-hal tidak berguna.

seed_director

Namun dia tidak berhenti disitu saja, sebagai seorang sutradara anime, pastinya dia menonton banyak anime untuk menjadi referensi anime yang akan dia produksi berikutnya. Namun disinilah dia mulai mengkritik, menurutnya, jajaran anime tengah malam yang diputar saat ini sangat penuh dengan peraturan, sehingga menyebabkan anime-anime ini menjadi sangat membosankan.

Namun sayangnya dia tidak menyebutkan anime-anime apa yang dianggap membosankan olehnya, karena menurut saya sendiri, beberapa anime menarik (baca: yang saya tonton) seperti  Mahouka yang diputar pada pukul 12.30 malam dan disusul Captain Earth pada pukul 1 pagi. Malah saya heran kenapa anime seperti Daimidaler bisa ditayangkan pada pukul 18.30 padahal isinya kurang begitu cocok dengan penonton yang masih muda.

heine killed

Fukuda juga mengatakan kalau misalnya Gundam SEED harus ditayangkan pada masa-masa ini, segala macam peraturan sensor yang ada akan membenturnya dari kiri dan kanan. Gundam SEED memang dibuat dengan banyak konten dewasa, dengan adegan pilot meledak karena radiasi Genesis dan beberapa adegan ‘ranjang’. Dia juga mengatakan kalau tembok sensor akan membuat episode mengenai Fllay menjadi terasa tidak berguna.

Yang saya ingat dari Fllay itu hanya adegan ‘dia bersama Kira’, saat dia terbakar dan mati atau momen Newtype-Understanding yang ada setelah Fllay mati, yang sepertinya mengubah Kira menjadi Newtype-Coordinator atau apalah karakter yang sering dikaitkan para penggemar dengan Tuhan tersebut.

68822_original Flay_allster

Mungkin memang terlalu banyak anime jaman sekarang yang dibuat mengikuti keinginan para penggemar, dan menonton anime menjadi sangat menyebalkan belakangan ini. Menonton yang sedikit ‘terbuka’ dibilang mesum, menonton yang kurang bagus dibilang bodoh, menonton yang tidak mainstream dibilang hipster. Dimana jaman saya bisa nonton anime yang sesuai selera tanpa perlu dikritik orang lain?

sumber: ANN RandomC