Inilah Pendapat Seorang Yang Telah Mengalami Perang Mengenai Booming Kantai Collection

May 24, 2014 7:36 pm
Inilah Pendapat Seorang Yang Telah Mengalami Perang Mengenai Booming Kantai Collection

Apakah menurutmu Kantai Collection telah mengubah cara pandangmu terhadap kapal-kapal perang di masa perang dunia kedua? Tidak jarang saya menemukan sedikit selentingan mengenai KanColle seperti, banyak orang yang merasa sedikit terganggu saat mencari kapal seperti Shimakaze dan google pun dipenuhi hasil loli pirang tersebut.

sample-36f5d59729d27df9573735a7e5fc871d

Namun kali ini, seorang lelaki dari jaman perang berumur 75 tahun angkat bicara mengenai topik ini. Morisaki Tsukasa, 75 tahun yang sekarang bekerja sebagai pengelola apartemen di Osaka mengemukakan pendapatnya setelah membaca artikel mengenai terjadinya booming di penjualan model kit kapal-kapal perang dunia kedua, tentunya dengan bantuan Kantai Collection yang juga membuat saya berpikir untuk mencari model-model kapal tersebut.

“Bagi seseorang yang sudah mengalami perang sepertiku, hal ini sepertinya cukup membuatku terguncang. Memang sepertinya pemerintah sedang memperkuat kekuatan militer, namun dengan adanya hal ini (booming KanColle), aku takut yang tertarik nantinya malah orang-orang yang tidak mengetahui tentang perang”

Tenryu explosion

“Aku khawatir para anak muda ini tidak punya panutan untuk dicontoh, karena mereka tumbuh dalam generasi yang tidak mengetahui peperangan. Aku ingat sering menceritakan kisah perang kepada cucuku, semua kesedihan dan kepedihan perang. Aku harap mereka tidak berpikir peperangan layaknya sebuah game. Aku ingin mereka tidak berpikir seolah masalah milik dunia bukanlah masalah mereka, aku ingin para anak muda ini memikirkan kengerian perang dengan lebih serius lagi”

Beberapa komentar pun melayang, meragukan apakah pengalaman beliau sebenarnya masih teringat dengan jelas atau tidak dari situs Yaraon:

  • “2014-75 = lahir tahun 1939….. hah?”
  • “Berarti dia baru berumur 6 tahun saat perang selesai dong…”
  • “Kalau sudah berumur 90 tahun, baru itu namanya merasakan perang.”

Kalau untukmu sendiri, bagaimana pendapatmu tentang perang? Apakah menurutmu pandangan kamu terhadap perang sudah berubah karena sekumpulan kanmusu yang dapat kamu koleksi? Menurut saya sih dengan adanya Kantai Collection, para pemain memang menjadi lebih peka terhadap sejarah dan pastinya mencari informasi lebih mengenai setiap kapal dan bagaimana mereka berakhir. Namun saya yakin, kebanyakan dari mereka pasti sudah bisa membedakan mana yang realita dan mana yang termasuk game.

naka explosion
Sebagai penutup, mari kita persilahkan Naka-chan yang ingin bernyanyi sebelum menjadi 2-4-11

sumber: Yaraon
gambar: pixiv/ikeg09