[JOI Weekend] Apa Yang Membuatmu Tertarik Dengan Vocaloid?

May 25, 2014 7:53 pm
[JOI Weekend] Apa Yang Membuatmu Tertarik Dengan Vocaloid?

Selamat hari Minggu semuanya, bagaimana dengan akhir minggu kamu semua? Saya harap semuanya tidak terlena dengan minggu depan yang penuh dengan libur sehingga kamu semua memutuskan untuk berlibur saja dan meninggalkan kewajiban kamu ya. Bicara tentang minggu depan, saya teringat tentang Miku Expo 2014! Apakah kamu semua akan datang menghadiri konser serta pameran sang diva virtual?

?joi weekend miku expo

Bersamaan dengan kesempatan ini, JOI Weekend jadi ingin membahas sedikit tentang Vocaloid dan kami juga ingin tahu lho, personifikasi Vocaloid mana yang menjadi favorit kalian semua. Pertama-tama, mari kita membahas tentang apa itu Vocaloid sendiri.

Apa itu Vocaloid?

Yang pasti, Vocaloid itu bukan anime, bukan manga, tolong koreksi siapapun yang menyatakan hal tersebut. Vocaloid adalah sebuah engine program voice synthesizer yang dikembangkan oleh Yamaha Corporation yang membuat penggunanya bisa ‘bernyanyi’ lewat lirik dan musik yang dia ciptakan sendiri. Dari engine tersebut, berbagai perusahan membuat voicebank berbagai tipe suara dan karakter, hinggak akhirnya perusahaan Vocaloid yang paling terkenal saat ini, Crypton, menciptakan Hatsune Miku.

Dari Vocaloid sendiri pun telah lahir banyak sekali komposer yang terkenal, misalnya antara lain adalah Hachioji-P atau kz yang karya-karyanya sudah banyak tersebar lewat media hosting video online, seperti Niconico Douga atau Youtube. Mereka bisa membuat bermacam-macam lagu, mulai dari rock sampai balada, mulai dari pop sampai ke techno, semua tergantung selera dan kemampuan masing-masing komposer tersebut.

Personifikasi Vocaloid

Seperti yang telah saya katakan, setiap program Vocaloid memiliki personifikasinya masing-masing, tentunya kamu semua sudah mengenal Hatsune Miku kan? Miku adalah personifikasi Vocaloid pertama buatan Crypton yang menjadi populer (Kaito dan Meiko keluar duluan, namun mereka hanya menjadi sampulnya saja, dan kemudian ikut menjadi populer sebagai karakter menyusul kesuksesan Miku.

img_MIKU_us

Bila ditanyakan Vocaloid manakah yang menjadi favorit saya, mungkin saya akan menjawab Megurine Luka. Luka adalah Vocaloid dengan suara yang ‘dewasa’ yang sesuai dengan penampilannya yang jauh lebih dewasa dibandingkan dengan Miku dan generasi Vocaloid 2 lainnya. Luka dibentuk untuk menyanyikan lagu seperti Jazz, House, Techno kebanyakan lagu yang lebih dinikmati oleh orang-orang yang lebih tua, karena itulah saya menyukainya.

Luka Takoluka

Mungkin juga karena karakternya yang lucu dan selalu ditemani oleh Tako Luka, gurita imut yang menemaninya kemana-mana.

Beberapa lagu favorit dari Vocaloid saya antara lain adalah:

DYE – AVTechNO

Dancer in The Dark – fatman-P

Iroha Uta – Ginsaku

Musunde Hiraite Rasetsu to Mukuro – Hachi

Vocaloid sendiri sudah berkembang cukup pesat, sekarang pun Vocaloid selain memiliki generasi ketiga, mereka juga menambahkan fitur baru terhadap generasi lama, seperti lahirnya Miku Append. Miku Append adalah program ekspansi untuk Hatsune Miku, mengembangkan kemampuan Miku bernyanyi lebih luas lagi sehingga Miku bisa menyanyikan genre lagu yang lain. Saya harap, Luka juga akan mendapatkan versi Appendnya yang sepertinya akan keluar di generasi ketiga.

end picture vocaloid weekend

Di luar Crypton (Vocaloid buatan Crypton: Kaito-Meiko-Miku-Rin-Len-Luka) sendiri, ada juga perusahaan-perusahaan lain yang menggunakan Vocaloid engine untuk membuat karakter Vocaloid mereka masing-masing, seperti Internet.Co yang membuat Gackpoid, Gumi, dan Lily.

Sayangnya hal ini juga menyebabkan pemegang lisensi yang berbeda-beda. Tidak masalah bagi para komposer yang memiliki berbagai macam voicebank Vocaloid untuk mengcampur-campurkan Vocaloid dalam lagu ciptaan mereka, namun lain cerita kalau ingin mereka semua tampil bersama di sebuah konser atau game (sampai saat ini, hanya game Project Mirai di 3DS yang menampilkan lebih dari 1 perusahaan Vocaloid, di mana Gumi tampil bersama dengan para Vocaloid Crypton, meski sayangnya Gumi lebih bersifat seperti figuran karena hanya tampil di lagu-lagu duet).

Pada saat ini, Vocaloid non-Crypton yang nampaknya paling populer adalah Lily, Gumi (yang mendapatkan gamenya sendiri di PSP, Megpoid the Music#), dan IA (yang mendapatkan gamenya sendiri di PS Vita, IA/VT -Colorful-).

noncrypton&miku

風乃 – pixiv
Di luar Vocaloid-Vocaloid tersebut, ada juga satu Vocaloid yang menarik, yaitu Yuzuki Yukari buatan AH-Software Co. Ltd.. Selain sebagai Vocaloid, Yuzuki Yukari juga adalah sebuah Voiceroid (yang dibuat untuk berbicara ketimbang untuk menyanyi). Namun sayangnya belum banyak musik Yuzuki Yukari yang bisa dihitung populer (mungkin hanya satu musik buatan UtataP). Hal ini cukup disayangkan karena Yuzuki Yukari sendiri memiliki suara yang bisa dibilang sangat bagus dan halus.Yuzuki Yukari sendiri dapat mengcover musik Namae no Nai Kaibutsu dari anime Psycho-Pass dengan sangat baik.

Namae no Nai Kaibutsu
Berbanding terbalik dengan popularitasnya sebagai Vocaloid, Voiceroid Yuzuki Yukari sangatlah populer dan sering digunakan di video-video Let’s Play di Nico Nico Douga, terutama di video-video Minecraft (yang biasanya juga ditemani oleh Voiceroid lain, Tsurumaki Maki dan Tohoku Zunko).

Kalau kamu? Vocaloid manakah yang menjadi favoritmu dan kenapa?