Mangaka Takehiko Inoue Ikut Membantu Pembuatan Lembaran Kertas Jepang Terbesar di Dunia

May 26, 2014 10:07 pm
Mangaka Takehiko Inoue Ikut Membantu Pembuatan Lembaran Kertas Jepang Terbesar di Dunia

Buat kamu yang suka gambar, seberapa luas kertas paling besar yang pernah kamu gunakan untuk media gambarmu? Saya yakin sih seberapapun besarnya gak bisa ngalahin ukuran kertas yang akan digunakan oleh Takehiko Inoue ini.

inoue-big-paper-fi

Takehiko Inoue, mangaka yang terkenal dengan karyanya seperti Slam Dunk dan Vagabond, tengah membantu membuat washi (kertas jepang) terbesar di dunia pada tanggal 23 Mei. Bersama dengan 20 orang lainnya, dia memproduksi lembaran washi berukuran lebar 3,3 meter dan panjang 10,7 meter di pabrik kertas Ueyama yang bertempat di Echizen, kota yang terletak di prefektur Fukui yang memang dikenal sebagai tempat pembuatan washi nomor wahid. Lembaran tersebut dijuluki Heisei Choujaku Daishi atau “Kertas Panjang Besar Heisei.”

inoue-big-paper-more-3

Kertas berukuran raksasa tersebut rencananya akan digunakan oleh Inoue pada acara pameran yang akan diadakan di Galeri Seni Pusat Mori pada tanggal 23 Juli. Pameran yang diberi judul “Gaudí x Takehiko Inoue – The Source of Synchronized Creativity,” ini akan memaparkan perjalanan karir dan karya dari arsitek spanyol, Antoni Gaudi.

inoue-big-paper-more-2

Sebelumnya Inoue juga dinobatkan sebagai goodwill ambassador Jepang dan Spanyol dalam rangka mempromosikan ulang tahun ke-400 pertukaran diplomatik antar kedua negara. Manga Takehiko Inoue sendiri diterima dengan baik oleh masyarakat spanyol dan dia juga pernah merilis sebuah artbook berjudul “Pepita: Takehiko Inoue Meets Gaudi”.

6945328561_b23042df66_b

Inoue yang juga banyak terinspirasi oleh karya-karya Gaudi akan memajang 40 karya yang didasarkan dari kehidupan Gaudi pada pameran tersebut. Namun, Inoue masih tidak yakin bagaimana cara menggunakan lembaran kertas yang turut ia buat. “Terlalu besar, belum ada gambaran buatku. Tapi aku ingin tetap ber’bicara’ dengan kertas ini dan terlibat dalam penciptaan pandangan dunia Gaudi.”

inoue-big-paper-more-1

Ini bukan pertama kalinya Takehiko Inoue menggunakan media gambar berukuran besar, sebelumnya dia juga pernah membuat karya dengan menggunakan media kertas yang begitu luas pada pameran “Gashu dan Saya” dan juga pada iklan Nissin.

Sumber: Comic Natalie, Asahi Shimbun lewat ANN