Adakah Anime Atau Manga Yang Awalnya Tidak Kamu Sukai Tapi Kemudian Malah Jadi Suka?

May 27, 2014 7:05 pm
Adakah Anime Atau Manga Yang Awalnya Tidak Kamu Sukai Tapi Kemudian Malah Jadi Suka?

Saya yakin banyak orang yang pernah mengalaminya, bahkan saya pun pernah berpikir “Ini anime/manga apaan sih, jelek banget!” pada awalnya, tapi setelah beberapa lama menonton dan membacanya malah jadi suka. Hal ini terjadi saat saya menonton Initial D. Waktu itu saya berpikir “Kenapa sih si A menyuruh saya menonton anime ini?” tapi ternyata mungkin itulah yang mengubah saya jadi seorang pecinta otomotif, walau harus saya akui ilmu otomotif saya masih hijau.

animanga benci jadi suka (5)

 

Hal inilah yang menjadi topik perbincangan para pengguna internet Jepang, masing-masing dari mereka memilih anime apa yang awalnya tidak mereka suka tapi kemudian malah jadi suka. Saking banyaknya anime yang mereka sebutkan, tidak mungkin saya sebutkan semua disini, tapi akan saya coba bandingkan sudut pandang mereka dengan beberapa anime dalam daftar tersebut yang sudah pernah saya tonton.

K-On

animanga benci jadi suka (7)

Ini adalah jawaban pertama dalam topik tersebut. Mungkin banyak yang meragukan kalau anime moeblob dengan tema kehidupan mereka sehari-hari akan menjadi sukses, atau mungkin mereka hanya tidak suka dengan anime moeblob. Tapi menurut saya setelah menonton season pertamanya, kehidupan sehari-hari Yui dan kawan-kawan ternyata cukup menarik, seperti saat harus bekerja paruh waktu dan saat Ritsu dan Mio bertengkar. Tapi cukuplah kamu menyaksikan K-on satu kali saja, lebih dari itu memang menurut saya termasuk kegiatan yang kurang efektif.

Nichijou

animanga benci jadi suka (2)

Mungkin saya tidak akan protes bila orang menganggap anime ini bodoh pada awalnya, karena memang anime ini terlalu luar biasa untuk dituangkan dalam kata-katanya. Dengan kedok anime keseharian anak SMA, mereka selalu menyisipkan cerita absurd dan karakter-karakter yang agak, gila. Contohnya seperti saat bermain Igo-Soccer atau Mai-chan yang sepertinya jenius, tapi selalu melakukan hal-hal yang diluar nalar. Nichijou bukanlah anime yang bisa kamu temukan cerita aslinya, tapi pastinya akan membuatmu tertawa melihat kegilaan mereka. (tolong dicatat, kalimat terakhir ini efeknya berbeda terhadap setiap orang, tergantung kepada selera humor mereka)

Sora no Otoshimono

animanga benci jadi suka (3)

Kombinasi karakter utama yang sangat mesum dengan angeloid-angeloid yang kekurangan bahan pakaian serta kemampuan melucuti pakaian wanita manapun sepertinya bukanlah sebuah kombinasi cerita yang baik. Namun dengan sedikit tambahan humor dan aksi, Sora no Otoshimono bisa menjadi seri yang sangat menarik. Baik saat Tomoki dihajar oleh Sohara karena kemesumannya atau saat Ikaros mengeluarkan Aegis saat bertarung, keduanya sama-sama menarik!

Kyoukai Senjou no Horizon

animanga benci jadi suka

Saya pikir Horizon pada awalnya adalah anime dengan karakter yang terlampau banyak, mengumbar wanita (saya salahkan Kimi-nee!) dan dengan karakter utama yang sebodoh ini, apa sih yang bisa mereka suguhkan pada saya. Tapi ternyata, setelah menontonnya mata saya dibukakan oleh kejantanan Honda Tadakatsu, kemudian ternyata banyak perang politik yang cukup menarik untuk diikuti dalam seri ini, dan pada akhirnya, semua karakter yang ada dalam ceritanya menjadi berguna dan tidak terasa sebagai karakter figuran semata.

Gundam Build Fighters

Mungkin inilah contoh yang paling sempurna untuk topik ini, menurut saya. Sebagai penggemar seri Gundam dan tentunya pernah menonton seri Gunpla Builders, pada awalnya saya skeptis terhadap seri ini. Karena Gunpla Builders memiliki konsep yang menarik, menggerakkan model kit plastik yang telah dibuat, namun sayang mungkin eksekusi dan waktunya yang kurang panjang menjadikannya sedikit terasa, kurang menarik.

animanga benci jadi suka (6)

 

Namun dengan rentang waktu 25 episode, Gundam Build Fighters berhasil mengeksekusi serinya dengan baik, penceritaan setiap karakter diceritakan dengan detil dan hubungan antar karakternya pun dapat dijalin dengan baik. Saya yang pada awalnya skeptis pun terpukau dibuatnya, sungguh salah satu seri gundam (kalau boleh saya kelompokkan dengan seri gundam lain yang serius) terbaik yang pernah saya saksikan sampai sekarang. Saya harap musim keduanya akan datang lebih cepat.

animanga benci jadi suka (8)

Selain itu, ada juga anime-anime lain seperti Madomagi (saya pun belum menontonnnya karena desain karakternya tidak sesuai dengan selera saya, maaf), Kaleido Star, Utawarerumono, Kill me Baby, Code Geass, Haganai dan masih banyak lagi. Bila disebutkan satu per satu, mungkin artikel ini akan menjadi artikel yang sangat amat panjang.

Kalau kamu sendiri? Adakah anime/manga yang awalnya tidak kamu suka tapi berakhir jadi suka?

sumber: Yaraon