[Flashback Friday] Nintama Rantarou (Ninja Boy)

May 30, 2014 9:03 pm
[Flashback Friday] Nintama Rantarou (Ninja Boy)

Hai semuanya, selamat datang kembali di rubrik Flashback Friday yang mencoba mengisi hari Jum’at kalian dengan nostalgia atau malah rekomendasi anime lawas berkualitas untuk kamu yang masih muda mudi. Kali ini kami akan membawakan anime yang diputar pada tahun 90an, dan mungkin menjadi anime yang lagunya paling sering terngiang-ngiang di kepala saya, Ninja Boy!

flashbackfriday Nintama Rantarou (2)

Percayalah kalau selama saya menulis artikel ini, lirik “Rantaro, Kiri~maru dan Shinbe~i, tiga orang sahaba~t” terus terngiang di kepala saya. Mungkin memang karena lagunya yang sangat catchy dan penyesalan saya kenapa saya tidak bisa menontonnya sampai tamat.

Anime ini pertama kali dimunculkan di Jepang dengan nama Nintama Rantarou mulai April tahun 1993 dan masih berlanjut sampai sekarang! Entah apakah saya bisa menyebut ini Flashback Friday yang legit atau tidak, haha. Dibuat oleh studio Ajia-do Animation Works, anime ini sepertinya mungkin akan menjadi salah satu anime terpanjang dengan jumlah 1,777 episode! Anime ini juga pernah disiarkan di salah satu TV swasta di Indonesia, saya yakin bila kamu tumbuh kembang di tahun 90an, pasti kamu pernah menontonnya.

flashbackfriday Nintama Rantarou (4)

Ninja Boy berkisah mengenai 3 orang sahabat, Rantaro, Kirimaru dan Shinbei, ketiganya sedang belajar menjadi ninja. Namun berbeda dengan Naruto yang lebay, anime ini lebih mengarah kepada teknik ninja yang lebih realistis, dan komedi antar karakternya. Ketiga karakter utama kita adalah ninja pemula yang selalu merepotkan gurunya. Selain itu ada juga sekolah ninja wanita yang tentunya memiliki 3 heroine yang biasanya dipasangkan dengan 3 protagonis kita.

Lagu Ninja Boy pun entah kenapa sangat catchy, dampaknya kepada otak saya pun tidak seperti lagu-lagu anime lainnya. Bila lagu anime lainnya hanya terngiang 3-4 kali dalam kepala saya, bila saya teringat lagu Ninja Boy mungkin butuh 3-4 jam untuk meredam suara-suara di kepala saya. Lagu pembukanya dinyanyikan oleh Hikaru Genji yang berjudul “Yuuki 100%” (Keberanian 100%) seperti video yang bisa kamu lihat diatas, sedangkan video dibawah ini adalah versi Indonesianya yang masih terngiang-ngiang di kepala saya sampai saat ini.

Karakter

Rantarou

flashbackfriday Nintama Rantarou (8)

Rantarou adalah ibaratnya ‘pemimpin’ dari ketiga ninja cilik ini, dia adalah seorang anak dari Ninja biasa, namun Rantarou memiliki cita-cita menjadi ninja elit yang bisa dibanggakan. Namun sayangnya, dia lebih sering terlihat melakukan hal-hal yang nakal bersama kedua sobatnya, Kirimaru dan Shinbei.

Kirimaru

flashbackfriday Nintama Rantarou (9)

Kirimaru mungkin seperti Nami (One Piece) dalam bentuk lelaki, dia menghitung semuanya dengan takaran uang. Kirimaru tidak punya keluarga, sehingga dia tinggal bersama guru Doi yang kerap kali dimintanya untuk membantu pekerjaan paruh waktu Kirimaru yang banyak. Soal gajinya sih mungkin masuk ke kantong Kirimaru semua.

Shinbei

flashbackfriday Nintama Rantarou (10)

Bila melihat Shinbei, saya hanya bisa mengingat Shinchan saja. Shinbei adalah yang paling polos dan paling rakus, dia adalah karakter yang tidak pernah gagal membuat saya tertawa. Pernah suatu kali saat mereka bangun tidur, ingus Shinbei yang berlebihan membuat rambutnya menjadi sangat kaku sehingga cukup tajam untuk menusuk orang yang mencoba mengelusnya.

Guru Yamada

flashbackfriday Nintama Rantarou (5)

Mungkin adalah guru praktek yang paling sering memarahi ketiga ninja cilik ini, tidak hanya karena tidur di kelas, saat nilai mereka jelek dan menghadapi tingkah konyol mereka bertiga pun tak jarang dia yang menjadi korbannya. Walaupun begitu, guru Yamada sangat memikirkan ketiga muridnya ini dan selalu membantu mereka bila mereka terjebak dalam keadaan yang berbahaya.

flashbackfriday Nintama Rantarou

Entah kenapa guru Yamada juga kalau sedang menyamar harus menjadi karakter wanita, saya bingung.

Guru Doi

flashbackfriday Nintama Rantarou (3)

Guru yang mengajarkan teori di sekolah ninjutsu, dia juga sering kehilangan kesabaran dalam menghadapi kelakuan ketiga protagonis cilik tersebut. Sepertinya dia memiliki perasaan terpendam terhadap guru Yamamoto Shina dari sekolah wanita.

Kepala Sekolah

flashbackfriday Nintama Rantarou (14)

Tidak banyak yang dapat kita ketahui selain dia adalah kepala sekolah ninja dan pemilik Hemu-hemu, bahkan saya lupa namanya (apa dia punya nama ya?).

Hemu Hemu

flashbackfriday Nintama Rantarou (13)

Anjing ninja milik kepala sekolah yang kerap kali membuat onar di sekolah ninja. Tidak jarang dia menjadi sumber masalah yang terjadi di sekolah ninja tersebut. Karena dia juga menguasai ilmu ninja, dia juga bisa bersembunyi dan melarikan diri menggunakan ilmu-ilmu ninja!

Yamamoto Shina

flashbackfriday Nintama Rantarou (6)

Guru dari sekolah wanita yang sepertinya tidak jelas usianya, dia bisa berpenampilan seperti nenek-nenek tapi bisa juga berpenampilan seperti wanita muda di lain waktu. Tidak ada yang tahu usia sebenarnya!

Yuki, Tomomi, Shige

flashbackfriday Nintama Rantarou

Ketiga kunoichi yang sering bertengkar dengan Rantarou, Kirimaru dan Shinbei.

Ninja Boy adalah anime komedi yang sangat cocok untuk dinikmati oleh semua umur, tidak ada bercandaan yang aneh atau kasar. Unsur komedinya adalah komedi yang biasa kamu lihat pada tahun 80 – 90an, berbeda dengan anime untuk anak kecil masa kini yang biasanya digunakan untuk menjual merchandise dibandingkan memperkuat karakter. Mungkin itulah yang membuat anime-anime jaman sekarang susah diingat dan anime jaman dulu mudah untuk diingat.

flashbackfriday Nintama Rantarou (11)

Ninja Boy mungkin adalah anime yang sudah lama, tapi saya yakin Ninja Boy akan melekat di kepala mereka yang pernah menontonnya. Anime ini juga santai untuk ditonton, mereka menyuguhkan 2 cerita dalam durasi 30 menit, sehingga ceritanya banyak yang ringan dan tidak membebani. Tapi saya belum pernah melihat animenya yang masih tayang sampai sekarang, mungkin akan saya bahas lain kali waktu dalam rubrik yang lain!

flashbackfriday Nintama Rantarou (7)

Oh ya, Nintama Rantarou juga pernah dibuat live actionnya pada bulan Juli 2011 silam lho.