Gunakan Desain Tanpa Izin “No Game No Life” Minta Maaf

May 30, 2014 4:47 pm
Gunakan Desain Tanpa Izin “No Game No Life” Minta Maaf

Pada tanggal 22 Mei, seorang ilustrator amatir asal Jepang, Ikkakujyu menemukan desain lingkaran sihir yang digunakannya pada situs tutorial CG digunakan tanpa izin untuk episode ketujuh serial anime No Game No Life.

lingkaransihirngnl
Desain lingkaran sihir yang tampak pada episode 7 No Game No Life

lingkaransihirngnl-1

lingkaransihirngnl-2
Desain lingkaran sihir yang dibuat oleh Ikkakujyu

Dia melaporkan permasalahan tersebut kepada produser anime tersebut melalui twitter, tidak butuh waktu lama komite produksi anime tersebut mengakui penggunaan desain tanpa izin tersebut keesokan harinya. Mereka menjelaskan bahwa staf yang bertugas awalnya hanya bermaksud untuk menggunakan desain lingkaran sihir Ikkakujyu sebagai referensi, namun entah mengapa berakhir dengan menkopi desain tersebut.

Situs resmi anime No Game No Life menulis permohonan maaf secara resmi dan mengatakan bahwa mereka akan merevisi desain lingkaran sihir tersebut pada versi Blu-ray/DVDnya yang dirilis pada tanggal 28 Mei.

Ikkakujyu sendiri memahami permasalahan tersebut dan mengatakan, “Siapapun bisa melakukan kesalahan. Seseorang yang mengakui kesalahan tersebut dan mencoba bercermin diri akan dapat berkembang. Jadi kalian semua tolong dukung mereka ya.” Saat ini dirinya juga menanti-nanti akan seperti apa desain lingkaran sihir yang direvisi tersebut.

Sebelum permintaan maaf ini dikeluarkan, situs Hachimakikou sempat membuat polling yang menanyakan reaksi para penontonnya, berikut hasilnya:

  • Dimaafkan: 1103 suara
  • Aku membatalkan pembelian DVD/Blu-Raynya!: 275 suara
  • Tidak peduli: 2575 suara
  • Tidak dimaafkan!: 741 suara

sumber: Crunchyroll