Bukan Cuma Konser, Pameran Miku Expo Juga Tak Kalah Seru

May 31, 2014 10:00 am
Bukan Cuma Konser, Pameran Miku Expo Juga Tak Kalah Seru

Crypton benar-benar memanjakan penggemar Indonesia di Miku Expo kali ini. Tidak hanya konser, kita juga disuguhi pameran yang benar-benar berisi segala yang berhubungan dengan Miku. Dan untuk menikmati itu semua kita tidak perlu membeli tiket.

Area pameran di acara Miku Expo memang tidak sebesar acara pameran pada umumnya. Tapi wajar karena saat diklarifikasi ke penyelenggara acara, Crypton secara khusus meminta agar semua pengisi booth Miku Expo semuanya adalah booth resmi yang berisikan Miku! Kecuali satu booth yang merupakan salah satu rekan media terbesar.

Beberapa nama yang sudah tidak asing lagi meramaikan area pameran kali ini, dengan Good Smile Company, Tokyo Otaku Mode dan Bushiroad membuka booth yang dapat didatangi oleh semua yang hadir disana, terutama booth GSC dan merchandise resminya dengan antrinya yang luar biasa sekali.

IMG_3118

Antrian di luar yang menunggu untuk dapat masuk ke dalam area pameran juga luar biasa ramai. Karena area pameran diutamakan untuk mengakomodasi para penonton yang sudah membeli tiket, mereka yang tidak memiliki tiket dan hanya berniat untuk menghadiri pameran harus menunggu cukup lama di luar hingga konser dimulai dan para penonton dengan tiket masuk atau menunggu giliran yang entah kapan datangnya di jeda waktu konser di hari kedua.

Hari kedua lebih parah lagi antriannya! dengan orang-orang yang sudah mengantri dari pagi terlihat di depan JCC. Tidak bisa dibandingkan dengan hari pertama yang baru dibuka jam 4 sore. Hari Kamis yang merupakan hari libur nasional merupakan hari yang sempurna untuk para penggemar Miku yang meskipun tidak bisa menghadiri konsernya, tapi masih ingin merasakan suasana Miku Expo.

Meskipun sebenarnya isi pameran yang disediakan tidak begitu banyak, konten yang ada tidak main-main. Dari figma Miku 2.0 hingga Nendoroid Snow Miku yang dibanderol dengan harga terjangkau disana, sampai beberapa lini merchandise resmi keren yang dijual di booth resminya. Banyaknya pengunjung yang rela mengantri lama untuk membeli figure dan merchandise membuat saya sama sekali tak bisa menyentuh area tersebut.

_MG_5319

Barulah di akhir hari kedua saya bisa melihat bahwa ada tempat dimana kita bisa mencoba melipat origami Miku dan nail art bertema Miku di seberang booth GSC dan merchandise resmi. Ada juga Piapro Wall dimana para pengunjung bisa menuliskan pesan di dinding tersebut.

Tokyo Otaku Mode datang dan menjual berbagai pernak-pernik bertema Miku, dari poster hingga T-shirt yang keren. Bushiroad seperti biasa membawakan berbagai kartu dan teaching session gratis. Ada satu booth unik dimana berisi game smartphone Miku baru yang tampak mirip dengan game kartu smartphone seperti Million Arthur, tapi dengan beragam karakter dan desain karakter Vocaloid!

Dipajang juga informasi dan sejarah perjalanan “karir” Miku sejak dia lahir hingga sekarang, dibawahnya dipajang beragam pernak-pernik resmi seperti software Vocaloid hingga game Project Diva. Disebelahnya ada juga demo musik dari label Crypton untuk lagu Vocaloid, KARENT.

Dan yang menjadi salah satu objek paling menarik di Miku Expo Indonesia, patung Miku skala 1/1 yang dipajang di ujung area eksibisi. Mungkin saking terharunya melihat Miku, beberapa fans sempat menyembah patung tersebut. Untunglah tidak berlebihan.

_MG_5346

Sang bapak Miku, Ito-san, ketahuan mondar-mondar di area pameran dan kesempatan itu langsung dimanfaatkan oleh para penggemar yang tiba-tiba langsung mengantri untuk meminta tanda tangan! Populer juga ya.

IMG_3142

Bagi sebagian pengunjung, pengalaman pameran berakhir ketika orang-orang sudah mulai mengantri dan duduk di depan gerbang aula konser. Terutama pemegang tiket Silver dan Bronze karena harus berebut spot terbaik! Baca juga liputan konsernya disini.