Keamanan Pertunjukan AKB48 Setelah Insiden Penyerangan Diperketat, Sangat Ketat

June 4, 2014 3:43 pm
Keamanan Pertunjukan AKB48 Setelah Insiden Penyerangan Diperketat, Sangat Ketat

Banyak orang mengira-ngira akan jadi seperti apa pertunjukkan AKB48 setelah insiden yang menyadarkan bahwa tidak semua penonton itu datang dengan damai. Pertunjukan pertama setelah insiden itu baru saja berakhir dengan aman, dengan laporan dan kesaksian yang sangat meyakinkan bahwa jika metode keamanan ini terus diberlakukan, takkan ada lagi insiden menyedihkan terulang.

Seperti apa lapisan keamanannya? NHK melaporkan bahwa setiap pengunjung harus melewati serangkaian prosedur keamanan seperti metal detector dan penggeledahan barang bawaan. 6 personel polisi juga disiagakan di beberapa titik di tempat konser, bersama dengan penjaga ekstra dari pihak manajemen. Belum cukup juga, masih ada pagar besi sepanjang panggung dan larangan “high touch” sesudah pertunjukkan.

akb-arsonist-468x263

Di dalam area pertunjukkan memang cukup aman, namun di depan tempat yang sama tidak seketat itu. Polisi masih menangkap orang yang diduga membakar beberapa kantong sampah di dekat stasiun Akiba dengan sengaja untuk membuat keributan. Stasiun Akiba berjarak beberapa langkah saja dari tempat AKB48, dan si pelaku mengaku bahwa ia “datang ke Akiba sebagai penggemar AKB48” dan “menyaksikan polisi dan pemadam kebakaran mengejarku itu terasa nikmat.”

Meskipun begitu, beberapa komentar positif dilontarkan di tempat pertunjukan, seperti yang dikemukakan oleh seorang wanita berumur 25 tahun; “Pertunjukkan yang luar biasa, beberapa penonton bahkan menitikkan air mata. Keamanannya ketat sampai aku digeledah dan harus melewati metal detektor. Kuharap AKB48 tidak menyerah setelah insiden itu dan tetap bermain!”

Komentar yang bernada lain dilontarkan oleh pria berumur 46 tahun yang jauh-jauh datang dari Ibaraki; “Barisan paling depan sekarang dihalangi dengan pagar besi, tak ada high touch dan terasa sekali jarak antara penonton dan AKB48 sangat dijauhkan. Tapi memang kita harus memastikan keselamatan mereka terlebih dahulu.”

Salah satu daya tarik dari AKB48 adalah bagaimana kita sebagai penggemar bisa mendapat akses ke para idol lewat berbagai acara seperti handshake event dan lain sebagainya. Tapi dengan pelarangan ini akankah AKB48 masih menjadi salah satu idol yang kokoh berada di puncak rantai kepopuleran?

Sumber: NHK