Peneliti Jepang Kembangkan Teknologi Untuk Merasakan Kelembutan PLOT Virtual

June 5, 2014 10:34 am
Peneliti Jepang Kembangkan Teknologi Untuk Merasakan Kelembutan PLOT Virtual

Entah mengapa berita teknologi Jepang yang masuk ke dapur JOI selalu yang seperti ini. Peneliti dari Universitas Gifu mengembangkan sebuah robot yang bisa mensimulasikan sentuhan PLOT virtual, bahkan disebutkan sensasi sentuhannya jauh lebih baik daripada PLOT silikon yang bisa kamu beli di beberapa toko atau oppad!

haptic-soft-touch-7-1401821385926

Sebenarnya kalau mau jujur, penelitian robot ini dikembangkan untuk membantu mahasiswa kedokteran agar bisa mempelajari sensasi tubuh yang berbeda dari beberapa bagian badan, seperti benjolan yang bisa jadi merupakan tanda-tanda kanker. Salah satu bagian yang diseriusi adalah dada, yang biasa menjadi tempat kanker payudara. Untuk mengidentifikasi hal tersebut, dokter haruslah mampu membedakan mana sensasi PLOT dan mana sensasi benjolan. Disinilah robot itu berperan.

haptic-soft-touch-5-1401806704359

haptic-soft-touch-9-1401829362519

Teknologi ini disebut oleh pengembangnya sebagai “Robot Haptic Multi Jari” dan dipresentasikan di Konferensi Robotik dan Automaton Internasional di Hong Kong. Teknologi untuk mereproduksi sensasi sentuhan yang dikenal dengan Teknologi Haptic memang sedang giat dikembangkan seiring perkembangan realita alternatif seperti Virtual Reality dan Augmented Reality. Tetapi Haptic adalah salah satu yang paling sulit, salah satu alasannya adalah karena ujung jari merupakan bagian tubuh manusia yang paling sensitif selain bibir dan beberapa bagian tubuh lain.

Ditambah juga beberapa aspek teknis atau biologis yang tidak pantas saya jabarkan disini sebagai situs berita ringan. Pokoknya sulit. Dan dikatakan teknologi robot baru ini mampu mengatasinya. Sebagai bukti diadakan demonstrasi dari robot yang dipasang di kelima jarimu ini. Saat membandingkannya dengan robot haptic konvensional yang biasa mereka gunakan selama ini, sensasinya disebut jauh lebih memuaskan dan terasa jauh lebih nyata!

haptic-soft-touch-1-1401804752244

Rahasianya terletak dalam sebuah mekanisme khusus yang tim pengembang temukan, menggunakan sebuah lapisan khusus yang dibuat menyerupai daging manusia. Tanpa ada apapun di genggaman tanganmu kamu akan bisa merasakan PLOT yang nyata!

Sekarang bayangkan suatu saat dimana kita akan bisa mengkombinasikan Oculust, Novint Falcon, Oculus ciuman dan ini. Sudah lengkap!!

Sumber: Spectrum IEEE