Belajar Sejarah ‘Batlle of Midway’ Bersama Kantai Collection

June 6, 2014 6:35 pm
Belajar Sejarah ‘Batlle of Midway’ Bersama Kantai Collection

Saya yakin yang sudah main Kantai Collection sudah cukup familiar dengan perang dunia kedua, terutama perang maritimnya. Karena para pemain setidaknya pasti ingin tahu sedikit tentang latar belakang para kapal dan bagaimana Jepang bisa kehilangan seluruh kapalnya dalam Perang Dunia kedua. Dengan pengecualian Nagato yang diserahkan ke Amerika yang kemudian menjadi target tes bom nuklir di Bikini Atoll (Nagato selamat tanpa gores dari tes ledakan yang pertama, big 7 memang hebat). Yukikaze juga selamat namun diserahkan kepada China pada tahun 1947.

kancolle battle of midway (2)

Dalam Perang Dunia Kedua, terdapat satu perang maritim paling besar yang pernah tercatat dalam sejarah. Yaitu perang antara Admiral Chester Nimitz dengan Admiral Isoroku Yamamoto yang kemudian tercatat dalam buku sejarah sebagai “Battle of Midway“.

Demi memperingati Battle of Midway, DMM dengan Kadokawa akan menggelar event besar pada musim panas ini, rumor mengatakan event akan diadakan pada bulan Juli dan berputar sekitar Battle of Midway, sebaiknya kamu mulai melatih CVmu.

kancolle battle of midway (3)

Akun KanColle_STAFF menyapa para admiral pada pagi ini dengan mengingatkan admiral mengenai hari ini adalah salah satu hari dimana Battle of Midway pernah berlangsung. Kemudian mereka juga mentwit kalau operasi pencarian bangkai kapal masih tetap berlanjut sampai sekarang.

kancolle battle of midway

Kemudian mereka juga memberikan sedikit pelajaran sejarah mengenai bagaimana nasib malang menimpa Aircraft Carrier mereka, Akagi, Kaga dan Souryu yang ketiganya harus ditenggelamkan supaya tidak diambil alih oleh Amerika. Mereka juga berbicara mengenai nasib Admiral Tamon Yamaguchi yang secara heroik harus tenggelam bersama Hiryu.

kagaakagihiryusouryu (3) kagaakagihiryusouryu

kagaakagihiryusouryu (2) kagaakagihiryusouryu

  • Akagi: Rusak berat karena serangan udara AS sebelum ditenggelamkan pada 5 Juni 1942
  • Kaga: Rusak berat karena serangan udara AS sebelum ditenggelamkan pada 4 Juni 1942
  • Hiryuu: Terbakar sebelum ditenggelamkan pada 5 Juni 1942
  • Souryuu: Ditenggelamkan oleh serangan udara pada 4 Juni 1942

Terima kasih kepada game seperti Kantai Collection maka lebih banyak lagi orang yang mengenang perjuangan para pejuang di perang dunia kedua. Walaupun orang-orang tersebut diragukan semangatnya oleh orang yang sudah mengalami perang sebenarnya.

sumber: Sgcafe
gambar: pixiv/yanshoujie