[Flashback Friday] Gakkou no Kaidan (Ghost at School)

June 6, 2014 10:10 pm
[Flashback Friday] Gakkou no Kaidan (Ghost at School)

Dulu pas masih kecil, Saya itu termasuk bocah yang penakut banget (suer, liat monster di Ksatria Baja Hitam aja nangis). Lucunya sekarang malah ga bergeming kalau main game horror. Jadinya lucu juga kalau salah satu anime kesukaan Saya di masa kecil itu malah temanya tentang hantu. Yah, tapi anime yang satu ini juga ga seram-seram amat sih. Ada bagian misteri dan tegangnya, tetapi komedinya juga cukup kencang. Seram atau enggak, Gakkou no Kaidan atau yang lebih dikenang sebagai Ghost at School oleh anak-anak Indonesia ini adalah salah satu anime yang paling terkenang di ingatan Saya.

Gakkou no Kaidan ditayangkan di Jepang pada tahun 2000 hingga 2001 oleh Studio Pierrot (Great Teacher Onizuka, Hikaru no Go, Naruto, Saiyuki, Level-E, Shirokuma Cafe, dll). Sayangnya anime ini hanya ditayangkan sepanjang 20 episode. Entah kenapa nanggung banget penayangannya itu 1 2/3 cour, tetapi hal positifnya adalah Saya berhasil menonton semua episodenya lengkap sampai tamat ketika ditayangkan di Indonesia pada tahun 2004 lalu.

ffgas1

Ghost at School menceritakan tentang Satsuki yang pulang ke kampung halaman almarhum ibunya. Bersama dengan teman-teman dan adiknya, Satsuki mengunjungi bekas gedung sekolah dan menemui berbagai hantu di dalamnya. Ternyata ibu Satsuki adalah seorang pengusir setan yang sebelumnya mengurung berbagai macam hantu di dalam pepohonan di pegunungan dekat gedung sekolah lama tersebut.

Namun karena pepohonan di gunung tersebut telah ditebang untuk pembangunan, kini para hantu kembali ke sekolah dan kota tersebut dan meneror warga dan terutama Satsuki dan kawan-kawan. Dengan buku catatan yang ditinggalkan oleh ibu Satsuki, kini Satsuki dan kawan-kawan beserta satu setan yang berpihak kepada Satsuki berusaha kembali menyegel hantu-hantu yang tersebar ke seluruh kota.

Opening & Ending
Untuk lagu Opening dan Ending, Ghost at School termasuk sebagai salah satu anime dengan musik OP dan ED yang paling Saya kenang dari masa kecil saya. OPnya yang berjudul “Grow Up” yang aslinya dibawakan oleh Hysteric Blue juga dibawakan dengan ceria di versi Indonesianya. Bagian intronya masih terus teriang-iang di kepala Saya.

Sementara lagu EDnya sendiri, “Sexy Sexy”, malah lebih terkenang lagi dibandingkan OPnya. Lagu yang aslinya dibawakan oleh CASCADE ini memiliki kesan yang kelam yang sesuai dengan tema hantunya, tetapi juga (terlalu) catchy sehingga Saya sampai jatuh cinta dengan lagunya (bagian “sexy sexy~”nya itu looohhh).

Karakter
Miyanoshita Satsuki
ffgassatsuki
Gadis kelas 5 SD yang agak tomboi (yang desainnya sering bikin inget dengan Ranma versi cewek) ini cukup ceroboh dan lemah dengan hal-hal yang berhubungan dengan komputer. Meskipun begitu, Ia cukup pemberani.

Miyanoshita Keiichirou
ffgaskeiichirou
Adik Satsuki yang merupakan anak kelas 1 SD. Sesuai dengan umurnya, Ia sangat mudah ketakutan dan seringkali menangis. Tetapi ketika Ia harus menaklukan suatu hantu, Ia bisa saja mengumpulkan keberaniannya dan menjadi bisa diandalkan. Hal yang paling Saya ingat tentang Keiichirou adalah ketika Ia diharuskan menggunakan imajinasinya untuk mengalahkan salah satu hantu, Keiichirou mengeluarkan Godzilla dan berhasil membuat Saya tertawa terbahak-bahak.

Aoyama Hajime
ffgashajime
Teman sekelas Satsuki yang sering menggoda dan mengintip celana dalam Satsuki (dan kemudian dihajar oleh Satsuki). Sering pura-pura berani meskipun sebenarnya takut dengan hantu, tetapi kemampuan fisiknya paling bisa diandalkan di antara teman-temannya dan karena itu Ia cukup sering menyelamatkan Satsuki dari berbagai macam bahaya.

Kakinoki Leo
ffgasleo
Teman sekelas Hajime dan Satsuki yang juga maniak hal-hal gaib. Tinggal di sebuah mansion dan ayahnya adalah seorang kameraman.

Koigakubo Momoko
ffgasmomoko
Teman Satsuki dan juga anak kelas 6 SD (yang pertumbuhannya lebih “sehat” daripada anak-anak SD di Nube sekalipun). Tubuhnya lemah, tetapi nampaknya Ia tidak pernah takut dengan apapun. Ia juga seringkali dirasuki oleh ibu Satsuki yang kemudian membantu Satsuki dan kawan-kawan.

Amanojaku
ffgasama1
Salah satu setan kuat yang sebelumnya pernah disegel oleh ibu Satsuki. Setelah terlepas dari segelnya, Ia berniat membalaskan dendamnya dengan menyerang Satsuki, tetapi Satsuki tanpa sengaja menyegel Amanojaku ke dalam kucing peliharaannya, Kaya.

ffgasama2

Semenjak disegel di dalam kucing, Amanojaku terus mengawasi Satsuki dan Keiichirou. Meski pada awalnya Ia benci, lama-kelamaan Amanojaku menjadi tsundere perhatian dengan Satsuki dan kawan-kawan dan berkali-kali melindungi mereka dari serangan hantu-hantu lain.

ffgas2

Meskipun sebelumnya Saya bilang kalau Ghost at School tidak terlalu seram untuk tema hantu, anime ini cukup handal dalam membuat adegan-adegan menegangkan. Salah satunya adalah ketika Satsuki dan Keiichirou ditinggal sendirian di rumah dan didatangi oleh hantu yang kebal akan segala macam cara untuk menyegelnya.

Meski begitu, Ghost at School juga bisa mencampurkan bagian misterinya dengan komedi. Ditambahkan dengan karakter-karakter yang menarik, anime ini menjadi salah satu anime yang tiap minggu Saya tunggu jam tayangnya sore-sore agar tidak ketinggalan melihat tingkah laku para karakter dan misteri hantunya.

Jika Anda pernah menontonnya, hantu mana yang merupakan favorit Anda di Ghost at School ini?