[Monday Music] Platina Jazz dan Rasmus Faber

June 9, 2014 7:14 pm
[Monday Music] Platina Jazz dan Rasmus Faber

Setelah minggu-minggu sebelumnya kita terus membahas band Jepang, mari kali ini bahas yang sedikit tidak biasa. Grup yang satu ini mungkin tidak begitu dikenal apabila dibandingkan dengan artis Monday Music yang lain, tapi kualitasnya musiknya patut kamu coba. Sambut grup jazz dari Swedia, Platina Jazz!

Platina Jazz adalah grup musik binaan Rasmus Faber, seorang produser, DJ, komposer, sound engineer, dan beberapa lainnya. Di kalangan pecinta house dan dance music, nama Rasmus Faber tidaklah asing di telinga. Yang mungkin asing adalah ia membuat dan memiliki grup musik jazz yang khusus mengaransemen ulang lagu-lagu anime bersama figur dari Victor Entertainment Jepang, Hirofumi Iwanaga dan jurnalis musik Yuzuru Sato. Platina Jazz pun lahir tahun 2009.

Platina Jazz tidak memiliki lagu orisinil sendiri, namun grup ini sudah menelurkan 4 album yang kesemuanya berisi aransemen Jazz dari berbagai anime, klasik maupun modern. Dari Cha-la Head Cha-la hingga Cagayake Girls!! semua ada dalam album ini setelah menjadi lagu jazz yang apik.

Beberapa bahkan diberi vokal khusus oleh berbagai penyanyi, seperti lagu Sailor Moon yang dinyanyikan kembali oleh Douglas Unger atau Galaxy Express 999 bersama Niklas Gabrielsson, yang merupakan favorit saya pribadi.

Tidak cuma penyanyi Swedia dan Amerika, Platina Jazz juga kadang manggung bersama artis anisong yang kita kenal baik seperti Megumi Nakajima dan Maaya Sakamoto. Tahukah kamu kalau lagu opening Rinne no Lagrange, Try Unite yang dinyanyikan oleh Megumi Nakajima itu diproduseri oleh Rasmus Faber?

Selain itu Rasmus Faber juga kadang memproduseri lagu bersama artis Jepang lain seperti Yoko Kanno dan Akino Arai. Jika kamu tertarik dengan Platina Jazz dan Rasmus Faber langsung kunjungi Facebook Page Platina Jazz dan Youtube channelnya!