@ JAM 2014 Anisong Day Event Review

June 10, 2014 6:52 pm
@ JAM 2014 Anisong Day Event Review

Pada tanggal 1 Juni 2014, kami mendapatkan kesempatan untuk menonton @JAM 2014 Anisong Day, yang diadakan di Zepp DiverCity Tokyo, bersama dengan para CoFesta Ambassador dan disponsori juga oleh Promic.tv. JAM 2014 001 @JAM merupakan event acara musik tahunan yang diadakan di Zepp DiverCity Tokyo, yang mungkin kalian mengenalnya dengan tempat adanya Gundam RX78 1/1, yang dimeriahkan dengan jajaran artis-artis terkenal, dan juga artis-artis baru.

Acara @JAM sendiri dibagi menjadi dua hari, yaitu Idol Day pada tanggal 31 Mei 2014, yang disponsori oleh Pigoo, yang merupakan program berbayar secara streaming, yang menampilkan berbagai macam acara interaktif para Idol dan pengisi suara.

Sedangkan Anisong Day diadakan pada tanggal 1 Juni 2014, disponsori oleh Lis-ani! TV, yang merupakan acara mingguan, yang berisikan berita-berita dan juga interview dengan para penyanyi lagu-lagu anime, dan juga para pengisi suara yang menyanyikan lagu-lagu anime. Selain acara TV, Lis-ani juga hadir dalam bentuk majalah yang berisikan informasi dan juga interview para penyanyi lagu anime. Lis-ani01

Salah satunya adalah edisi favorit saya, 14.1, yang berisikan interview semua member μ’s .

jam anisong 007

Berikut adalah jajaran para artis yang tampil pada Anisong Day, antara lain sebagai berikut (sesuai urutan tampil) :

jam anisong intro 008

Sebagai band pembuka, tampil Customize (カストマイZ), sebagai satu-satunya artis lelaki yang tampil pada hari itu, membawakan lagu-lagu cover anime, dan satu lagu orisinil mereka. Customize sendiri awalnya berasal dari internet radio yang bernama “Houkago no Customize”,  dan memulai debutnya pada bulan November 2013.

jam anisong 004

Band ini terdiri dari 4 orang, yaitu Hama sebagai vokalis, Goro sebagai vokalis merangkap gitaris, Daichi sebagai drummer dan Hiroki sebagai bassist. Penampilan mereka pada hari itu berhasil mengguncang panggung yang penuh berisikan dengan para fans anisong.

Customize Official Website

jam anisong 008

Setelah Customize, tampil salah satu artis yang ditunggu-tunggu, yaitu Misawa Sachika, yang mungkin kalian kenal dari perannya sebagai pengisi suara di anime Accel World sebagai Kuroyukihime, sekaligus memulai debutnya sebagai penyanyi lagu-lagu anime. peran-peran lainnya adalah pengisi suara Arisa Meigo di movie  To Aru Majutsu no Index : Endymion no Kiseki dan juga ia akan ikut mengisi suara di anime baru musim depan, Tokyo ESP.

jam anisong 002

Misawa Sachika (atau dikenal juga dengan panggilan Sacchan), tampil dengan mengenakan gaun putih, membawakan 4 lagu pada hari itu, dimulai dengan Telepath ~Hikari no Tou~, dari mini album berjudul Polaris yang merupakan salah satu lagu dari movie To Aru Majutsu no Index : Endymion no Kiseki, disusul dengan Gloria dan Ashita.Hareru Kana, yang juga berasal dari album yang sama.

JAM ANISONG 009

Setelahnya, ia mengumumkan info tentang lagu barunya, berjudul Faith, yang akan menjadi lagu penutup untuk anime musim depan, Shirogane no Ishi Argevollen. Terakhir, sebagai penutup, ia membawakan lagu Unite, yang merupakan lagu penutup kedua untuk anime Accel World.

Misawa Sachika Official Website   jam anisong intro 003 Selanjutnya, setelah penampilan Misawa Sachika, tampil Uchida Maaya, yang merupakan salah satu alasan utama saya menonton acara ini ^^. Sebelum memulai debutnya sebagai penyanyi, sebelumnya Uchida Maaya merupakan pengisi suara dari beberapa karakter anime, salah satu yang paling dikenal adalah sebagai pengisi suara Takanashi Rikka di anime Chuunibyou demo Koi ga Shitai!, dan juga sebagai penyanyi untuk character song berbagai karakter anime yang ia perankan. Saya pribadi amat menanti-nantikan perannya sebagai Ranko di anime Idolm@ster Cinderella Girls nantinya.

JAM ANISONG 010

Uchida Maaya memulai debutnya sebagai penyanyi mulai bulan April 2014, melalui lagu anime Akuma no Riddle. Parasnya yang cantik juga membuatnya sering muncul di berbagi macam majalah sebelumnya, dan saat ini juga ada rubrik khusus tentang dia di Lis-ani TV setiap minggunya. jam anisong 005

Pada penampilannya kali ini, ia mengenakan baju hitam yang sesuai dengan imej lagu-lagu yang ia bawakan, yaitu Soushou Innocence, yang merupakan lagu pembukaan untuk anime Akuma no Riddle, disusul dengan lagu Takanari no Solfege, lagu yang juga dimuat pada single Soushou Innocence. Single ini juga merupakan debutnya sebagai penyanyi, di luar lagu-lagunya sebagai karakter anime.

Uchida Maaya Official Website   jam anisong intro 004 Endou Yurika, mengisi acara sore tersebut sebagai artis keempat yang tampil. Artis kelahiran 1994 ini, sejak kecil ia sudah suka menonton anime, membaca manga dan menyanyi, sehingga pada akhirnya ia berhasil menjadi pengisi suara, yang merupakan targetnya sejak dulu.

Meskipun perannya saat ini masih tergolong sedikit, di antaranya di Ace of Diamond sebagai Yoshikawa Haruno dan di anime yuri Sakura Trick sebagai Sakai Rina, tetapi ia memiliki potensial ke depannya, karena umurnya yang masih muda.

jam anisong 003

Pada penampilannya kali ini, ia mengenakan gaun serba merah, dan membawakan 3 lagu, yaitu Monochrome Overdrive, yang merupakan lagu penutup untuk anime Z/X Ignition, disusul dengan REBORN, lagu pendamping untuk single Monochrome Overdrive.

JAM ANISONG 011

Untuk lagu terakhir yang ia bawakan pada hari itu, berjudul Tasogare Juvenile, lagu terbaru dari Endou Yurika, yang merupakan lagu penutup untuk game PS Vita/Playstation 3, Tokyo Twilight Ghost Hunters, yang juga dimasukkan di dalam original soundtrack game tersebut.

Endou Yurika Official Website jam anisong intro 005

Akhirnya, waktunya Idol Group tampil di stage! Grup yang pertama tampil adalah Tenchu Girls. Bagi kalian yang menonton anime Black Bullet, pastinya tahu siapa Tenchu Girls ini.

tenchu girls Ya, Tenchu Girls adalah Idol Group yang muncul di dalam anime Black Bullet,  dengan nama yang sama, dan para member dari Idol group ini juga berpakaianlayaknya versi animenya (meskipun rambut mereka tetap warna hitam).

Tenchu Girls terdiri dari 7 orang :

Tenchu Red : Fukasawa Saki
Tenchu Pink : Sasaki Rika
Tenchu Yellow : Nishikiori Megumi
Tenchu Blue : Itayama Saori
Tenchu Green : Watanabe Kurumi
Tenchu Violet : Sawada Akina
Tenchu Black : Kaiho Erika

JAM ANISONG 012

Tenchu Girls membawakan lagu seperti yang mereka bawakan dalam anime tersebut, yang berjudul Mirai Girls, dan kemudian masuk kepada sesi pengenalan member dan juga salam mereka, “Anata no Ha-to ni Tenchu! Tenchu!” (atau artinya Divine Punishment to Your Hearts, yang agak absurd, menurut saya pribadi.)

Setelah sesi tersebut, mereka membawakan lagu Hyakunen Saki Mo, diiringi dengan ayunan lightstick berwarna warni para penonton, yang disesuaikan dengan warna masing-masing oshi penonton, penampilan mereka sangatlah meriah dan saya juga cukup menikmati penampilan mereka (meski sebelumnya saya tidak tahu tentang Tenchu Girls, karena saya belum menonton Black Bullet.)

Tenchu Girls Official Website jam anisong intro 006 Setelah grup idol, kembali kepada penyanyi solo, kali ini giliran Nagatsuma Juri untuk tampil di stage. Pengisi suara yang dikenal lewat perannya di Chuunibyou Demo Koi ga Shitai! Ren sebagai Satone “Sophia Ring SP Saturn VII”  Shichimiya dan juga di Tamako Market sebagai teman Tamako yang seringkali mengundang tawa, Makino Kanna, akhirnya memulai debutnya sebagai penyanyi.

jam anisong 006 Dengan pakaian serba putih bermotif bunga, serta mahkota berbentuk bunga, ia membawakan lagu baru yang berjudul Ienai Ice Cream, sekaligus memulai debutnya sebagai penyanyi. Sayangnya, pada hari itu ia hanya membawakan satu lagu tersebut (mungkin karena lagu keduanya belum jadi?), yang membuat para fans agak kecewa.

JAM ANISONG 013

Akan tetapi, saya cukup puas dengan penampilannya, karena lagu yang dibawakannya cukup enak (dan saya juga suka dengan Kanna sih).

Agency Website – Nagatsuma Juri jam anisong intro 002

Akhirnya artis yang saya tunggu-tunggu muncul juga, yaitu Uchida Aya! Pengisi suara yang saat ini sedang sangat naik daun karena perannya sebagai Minami Kotori di μ’s  dari Lovelive! (dan berbagai peran lainnya), akhirnya tampil pertama kalinya sebagai penyanyi solo.

jam anisong 001

Sejak beberapa bulan sebelumnya, memang kabar bahwa ia akan meniti karir solonya sebagai penyanyi sudah beredar, dan pada akhirnya, hari itu dia tampil di hadapan semua orang, bukan sebagai Minami Kotori, tetapi sebagai Uchida Aya, yang membawakan beberapa lagu terbaru, dan akan dimuat di albumnya yang akan dirilis sekitar musim gugur nanti.

JAM ANISONG 014

Uchida Aya (atau dikenal juga dengan sebutan Ucchi), mengenakan gaun berwana hijau dengan motif cherry, dan membawakan dua lagu, yaitu Apple Mint dan Breezin’. performanya sangat enerjik, bahkan ada satu saat ia tidak sengaja menyenggol jatuh botol minum yang terletak di meja, dan langsung buru-buru mengangkatnya. Berbeda dengan pada saat menjadi Kotori, warna lightstick yang digunakan oleh penonton adalah warna hijau, sesuai dengan warna baju yang dikenakannya, dan juga akan menjadi image color Ucchi pada saat ia menyanyi solo.

Kotori01

Bagaimanapun, rasanya saya tetap melihat Ucchi sebagai Kotori. Semoga di kedepannya nanti, Ucchi tidak tertutup oleh imagenya sebagai Kotori, dan dapat berdiri sendiri sebagai seorang penyanyi solo. Pada hari itu, ia hanya membawakan dua lagu tersebut, karena sampai saat ini, lagu lain yang akan dimasukkan ke dalam albumnya, masih belum sempurna. Mari kita tunggu bersama albumnya pada musim gugur ini.

Uchida Aya Official Blog jam anisong intro 001 Tiba juga pada penghujung acara, saatnya Idol Group yang ditunggu-tunggu oleh semua penonton pada hari itu untuk tampil, yaitu Wake Up, Girls! Layaknya Idol Group yang berasal dari anime, seperti μ’s dan THE IDOLM@STER, Wake Up, Girls! juga pertama kali menitik kesuksesannya dari anime. Member grup ini juga dipilih satu persatu melalui audisi yang diikuti sekitar 2.000 orang, dan lahirlah 7 orang member, yang mana ketujuh orang tersebut memiliki nama depan yang sama dengan para karakter animenya, antara lain :

Wake Up Girls 02 Shimada Mayu : Yoshioka Mayu
Nanase Yoshino : Aoyama Yoshino
Katayama Minami : Tanaka Minami
Kikuma Kaya : Okuno Kaya
Hayashida Airi : Eino Airi
Okamoto Miyu : Takagi Miyu
Hisami Nanami : Yamashita Nanami

JAM ANISONG 015

Wake Up, Girls! (WUG!)mengenakan baju sesuai dengan baju yang mereka kenakan di episode terakhir animenya, dan langsung mengguncang stage dengan membawakan lagu 7 Girls War, lagu yang juga mereka bawakan sebagai lagu opening animenya, dilengkapi dengan performa akrobatik yang mereka bawakan di tengah-tengah lagu (seperti layaknya di anime), disusul dengan 16-sai no Agape, lagu yang dimuat sebagai lagu pendamping untuk 7 Girls War.

Mengiringi penampilan mereka, hampir seluruh penonton menyalakan lightstick Hijau, sesuai dengan image color WUG! secara keseluruhan. Setelah dua lagu tersebut, masuklah kepada sesi bincang-bincang dan perkenalan para member, yang menarik dan mengundang tawa para penonton.

Wake Up Girls 01 Sesi bincang-bincang selesai, dan akhirnya mereka membawakan lagu debut mereka di movie WUG!, yaitu Tachiagare, yang merupakan salah satu lagu yang sudah saya tunggu-tunggu (meskipun tidak ada panchira yang dilibatkan, tentunya), karena lagu ini merupakan salah satu lagu favorit saya.

Untuk lagu penghabisan, tentunya kita semua pikir bahwa mereka akan membawakan lagu penutup anime WUG!, yaitu Kotonoha Aoba, yang ternyata bukan. ] Setelah lagu Tachiagare, mereka bilang mereka akan membawakan “lagu itu”, yang saya pikir mungkin saja lagu Taiyou Iwaku Moe yo Chaos, tetapi ternyata mereka membawakan Hare Hare Yukai! Ya, lagu yang dikenal oleh hampir semua orang, baik karena popularitas Haruhi ataupun karena tariannya. @JAM Anisong 2014 ini dimulai dan diakhiri oleh lagu-lagu Haruhi!

Wake Up, Girls! Official Website JAM ANISONG INTRO 009 Salah satu orang yang tidak boleh dilupakan, adalah DJ yang memutarkan lagu-lagu anime, pada saat awal acara, dan juga di tengah-tengah waktu istirahat di antara penampilan para artis, yaitu DJ Hama. DJ kelahiran Saitama ini sering ikut di dalam acara-acara sebagai DJ untuk lagu-lagu anime di klub. Saya ingat sekali pada saat ia membawakan lagu-lagu anime seperti lagu Lovelive! di acara kemarin (Natsuiro Egao de 1,2 Jump!), semua penonton langsung heboh.

JAM ANISONG 016

Ia melakukan aktifitas DJnya di ujung atas kiri panggung, di tempat yang tidak terlalu terlihat oleh penonton, bahkan saya sendiri tidak menyadarinya sampai pada akhirnya beliau diperkenalkan pada saat penutupan.

DJ Hama Official Website

Penutupan

Terakhir, semua artis yang tampil dimunculkan kembali ke tengah-tengah stage, dan mereka mengungkapkan kesan dan pesan mereka satu persatu sebelum akhirnya acara ditutup. Untuk penghabisannya, seperti acara-acara pada umumnya, foto grup bersama dengan para penonton.

JAM 2014 ENDING

Bisakah kalian menemukan di mana saya berada?

Saya amat puas karena bisa mengikuti acara ini, penampilan para artis yang imut-imut dan menggemaskan (di luar Customize dan DJ Hama tentunya), rasanya kembali mengisi energi saya. Sekali lagi terima kasih kepada CoFesta dan Promic.TV yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk berpartisipasi pada acara ini, dan kepada semua pihak yang terkait,

Thank you very much, Cofesta Program, Promic.TV, all the organizers for this event, ZeppDiver City, Lis-ani, for the opportunity to watch this event.

Sumber : @Jam 2014, Lis-ani

Sumber Foto : @JAM 2014 Official Camera, Official Website