Trailer Terbaru Freedom Wars Menunjukkan Semua Fiturnya

June 13, 2014 9:00 am
Trailer Terbaru Freedom Wars Menunjukkan Semua Fiturnya

Sebelumnya game Freedom Wars telah menunjukkan banyak video-video promosinya. Dimulai dari tentang setting cerita, gameplay, fitur-fitur uniknya, bahkan video musik idol khusus untuk game ini. Kini Sony telah mengeluarkan video trailer baru yang menunjukkan semua fitur dari Freedom Wars, dan menurut Saya pribadi, video yang paling membuat Saya tertarik dengan gamenya.

Video di atas menunjukkan berbagai macam hal tentang Freedom Wars, seperti setting cerita tentang Freedom Wars di mana di sebuah komunitas yang dinamakan “Panopticon”, sejak lahir manusia harus membayar “dosa” mereka sejak lahir dengan hukuman tahanan 1 juta tahun dan harus melakukan kerja “volunteer” di mana mereka melawan senjata-senjata raksasa, “Abductor”, dan komunitas manusia lain untuk mengurangi masa hukuman mereka. Selain itu tiap pemain akan diberikan “Accessory”, android khusus yang mengawasi dan membantu sang pemain dalam kegiatan “volunteer”nya.

Salah satu fitur unik di Freedom Wars adalah perlengkapan “Thorn”, sebuah rantai duri panjang yang bisa digunakan untuk membantu pemain bergerak sebagai alat zipline untuk memanjat, dan juga untuk menahan dan menjatuhkan Abductor. Selain itu, ada juga 3 macam Thorn yang dapat digunakan. Thorn merah dapat digunakan untuk membuat jebakan untuk musuh, Thorn hijau dapat digunakan untuk menyembuhkan teman, dan Thorn biru dapat digunakan untuk menaikan defense teman dan membuat penghalang. Level dari Thorn juga dapat ditingkatkan untuk membuka kemampuan lebih lanjut.

Seperti hunting game (Monster Hunter, God Eater, Toukiden, dll) lainnya, pemain dapat menggunakan berbagai tipe senjata yang berbeda. Terdapat 3 kategori senjata jarak pendek:

  • Tipe Short Sword dapat digunakan untuk menyerang bagian Abductor secara spesifik dengan bantuan Thorn.
  • Tipe Long Sword memiliki cukup banyak celah di antara serangannya, tetapi tiap serangan memiliki damage yang tinggi.
  • Tipe Spear memiliki Charge Attack yang kuat.

Uniknya, tidak seperti hunting game lainnya, meskipun ada senjata yang berada di dalam kategori yang sama, bisa saja gerakan serangan dan combonya berbeda dengan senjata lain yang kategorinya sama.

Selain senjata jarak dekat, ada juga senjata jarak jauh. Meskipun jumlah pelurunya terbatas, senjata jarak jauh dapat digunakan untuk menyerang musuh dari jauh. Kategori senjata jarak jauh adalah:

  • Tipe Rifle: machine gun dan sniper rifle, umum dan mudah untuk digunakan.
  • Tipe Explosive: rocket launcher dan missile launcher, efektif untuk melawan orang maupun Abductor.
  • Tipe Support: gatling gun dan flame thrower, berguna dalam membantu tim.

Tiap pemain bisa membawa 2 senjata berbeda dalam 1 misi, tetapi Accessory hanya bisa membawa 1 senjata saja. Selain itu, pemain dapat memungut senjata dari musuh yang dikalahkan di misi dan langsung digunakan di misi tersebut. Senjata-senjata tersebut juga dapat dikostumisasi agar lebih kuat atau mendapatkan efek-efek khusus. Pemain juga dapat menggunakan point untuk memperkuat teman dan Accessory miliknya.

Jumlah orang (Civilian) yang diselamatkan dari para Abductor dan berbagai prestasi yang diraih di tengah misi Volunteer akan mengurangi jumlah waktu hukuman tiap pemain. Selain itu, pemain juga mendapatkan point yang bisa digunakan untuk membeli berbagai macam “hak” yang dapat dilakukan di waktu bebas. Jika pemain berpergian, berbicara, ataupun beristirahat tanpa “membeli” hak yang dibutuhkan, maka waktu hukuman sang pemain akan diperpanjang. Dengan membeli hak khusus, pemain dapat berjalan ke berbagai tempat lain seperti Law Street, Cell Garden, dan Mozaic Sector yang tidak diakui oleh Panopticon. Di tempat-tempat tersebut pemain dapat membeli berbagai item dan mendapatkan teman-teman seperjuangan baru.

Dengan membeli hak “Coordinate”, pemain dapat mengkostumisasi karakter mereka sesuka hati. Pemain dapat mengatur pakaian karakter, dan dalam satu pilihan pakaian, terdapat berbagai tipe tambahan yang juga bisa dikostumisasi warna dan gambarnya. Selain baju, pemain juga bisa mengubah jenis kelamin, tinggi badan, dan wajah karakternya sesuka hati. Ada juga tambahan detil seperti gradasi warna rambut, makeup, dan warna mata yang berbeda di mata kiri dan kanan.

Tidak hanya karakter sendiri, pemain juga bisa mengkostumisasi Accessory mereka, bahkan sampai ke tingkat AI dan dialog dari Accessory itu sendiri.

Misi-misi “Volunteer” terdiri dari beberapa macam tipe, seperti mengumpulkan item, melindungi Civilian, menyerang markas musuh, dan lain-lainnya. Jika pemain gagal di salah satu misi, ada kemungkinan Accessory milik pemain akan diculik oleh musuh, dan pemain diharuskan untuk mengambil misi untuk menolong Accessory mereka.

Di Jepang, pemain dapat mengadu para pemain dari tiap daerah di Jepang (dengan total 47 daerah) secara online dan memperebutkan posisi tertinggi untuk daerahnya.

Freedom Wars akan dirilis di PS Vita di Jepang pada 26 Juni 2014, dan edisi bahasa Inggrisnya juga akan dirilis, meski belum diberitakan jadwal rilisnya. Demo dari gamenya sudah dapat dimainkan oleh para pemilik akun PSN region 2.

Sumber: Hachimakikou