Inilah Daftar Seri Gundam Terbaik Menurut Akiba Souken

June 21, 2014 12:09 pm
Inilah Daftar Seri Gundam Terbaik Menurut Akiba Souken

“Apa seri Gundam terbaik?” Pertanyaan ini sudah seringkali ditanyakan dan biasanya berakhir dengan pertumpahan darah. Kini situs Akiba Souken menanyakan pertanyaan yang sama dan setelah 3.025 suara, berikut hasil dari polling tersebut.

24. SD Gundam Sangokuden Brave Battle Warriors (5 suara)

23. Gundam Builders Beginning G (6 suara)

22. SD Gundam Force (17 suara)

21. Gundam SEED CE 73: STARGAZER (18 suara)

20. Gundam AGE (26 suara)

19. After War Gundam X (61 suara)

18. Mobile Fighter G Gundam (85 suara)

17. Gundam Victory (88 suara)

16. Gundam Wing Endless Waltz (91 suara)

15. Turn A Gundam (92 suara)

14. Mobile Suit Gundam 0080: War in the Pocket (93 suara)

13. Gundam ZZ (113 suara)

12. Gundam Build Fighters (114 suara)

11. The 08th MS Team (117 suara)

10. Gundam F-91 (130 suara)

asgun1
Movie keluaran tahun 1991 ini adalah movie Gundam pertama yang tidak menampilkan pihak Zeon sebagai saingan dari pihak Earth Federation (meskipun settingnya masih Universal Century) dan juga awal dari seri “Late UC” (F91-Crossbone-Victory) yang juga dikenal dengan ukuran-ukuran MS paling kecil dibanding seri lainnya. Movie ini awalnya direncanakan untuk menjadi TV series, tetapi ceritanya disingkat menjadi movie, dan ini cukup terasa di pertengahan akhir di mana alur cerita terasa sangat cepat. Meski begitu, apa yang ada di movie ini cukup bagus untuk meraih posisi 10 di list ini.

9/8. Gundam SEED Destiny (139 suara)

asgun2
Imbang di ranking 9 adalah salah satu seri Gundam yang paling populer di anak-anak penggemar anime tahun 2000an dan juga sampai sekarang (serius deh itu ngapain Kira ama Lacus masih ada di character ranking majalah Newtype). Salah satu seri yang paling terpisah antara pihak yang menyukainya dan yang tidak menyukainya. Meski sayangnya memiliki banyak masalah seperti ketidakjelasan siapa tokoh utamanya, plot armor, tracing animasi, dan beberapa hal lainnya, SEED Destiny masih memiliki musik-musik yang bagus, desain MS yang menarik, cowok-cowok ganteng, dan cewek-cewek cantik.

9/8. Gundam Wing (139 suara)

asgun3
Juga imbang di ranking 9, kali ini justru Gundam yang banyak dikenali oleh penggemar anime tahun 90an. Gundam Wing biasanya adalah Gundam pertama yang ditonton oleh orang-orang di luar Jepang pada tahun itu, dan ditambah dengan desain-desain Gundam yang sangat dikenang menjadikan Gundam Wing sebagai seri yang banyak dikenal oleh penggemar Gundam (Meski jujur saja, Saya sendiri tidak ingat banyak tentang Gundam Wing kecuali musiknya, para boybandpilot Gundam, Lady Ann yang sebenarnya cantik kalau rambutnya tidak diikat, Gundam-Gundamnya yang seringkali diledakkan sendiri karena berbagai alasan, dan Heero dengan kutang ajaibnya yang bisa menahan ledakan dari Gundam tersebut).

7. Gundam 00 (142 suara)

asgun4
Seri Gundam yang menarik dengan konsep Gray morality dan desain yang lebih ramping dan futuristik. Ditambah dengan karakter-karakter yang cukup dikenang. Meski ada penurunan di season 2 dan movienya, seri ini memiliki production quality yang bagus, terutama musik-musik tengah battlenya yang sangat khas (AAAaaaAAA~~ AAAaaaAAA~~).

6. Mobile Suit Gundam 0083 Stardust Memory (160 suara)

asgun5
Salah satu OVA Gundam tersukses ini menceritakan tentang cerita di antara Gundam pertama dan Z Gundam ini memiliki cerita yang menarik dan juga 2 MA yang sangat populer, GP-03 Dendrobium Orchis dan Neue Ziel. Ditambah dengan kualitas gambar yang sangat detil pada jamannya dan juga 2 musik opening yang sangat catchy menjadikan OVA ini termasuk di dalam daftar wajib tonton bagi para penggemar Gundam terutama seri UC.

5. Gundam SEED (175 suara)

asgun6
Setelah jeda 2 setengah tahun setelah Turn A Gundam, Gundam SEED berhasil mengembalikan pamor Gundam yang sempat lesu di Gundam X dan Turn A Gundam. Meski juga ada masalah animasi tracing (meski tidak separah SEED Destiny), SEED berhasil kembali menarik anak-anak muda untuk menggemari seri Gundam. (Tapi serius kenapa Kira ama Lacus masih ada di character ranking majalah Newtype?)

4. Gundam Z (271 suara)

asgun7
Seri Gundam kedua yang diproduksi (yang juga memiliki salah satu desain Gundam terunik sampai saat ini), seri ini melanjutkan cerita Gundam pertama dengan berbagai tambahan. Gambar yang lebih bagus, MS-MS yang unik, perkembangan karakter yang lebih terasa, Char Aznable (Quattro vaginaBageena) sebagai karakter pembimbing, dan berbagai hal lainnya. Tidak sedikit yang menyatakan Zeta Gundam sebagai seri Gundam terbaik.

3. Gundam Unicorn (276 suara)

asgun8
Masih baru saja tamat beberapa minggu yang lalu, OVA Gundam Unicorn membawakan kualitas animasi yang sangat tajam dan musik yang megah. Para penggemar lama Gundam bisa terhibur dari banyaknya unit-unit klasik yang muncul dan juga kelanjutan dari kisah UC, sementara penggemar baru bisa menikmati pertarungan-pertarungannya yang seru (meski kemungkinan besar tidak akan mengerti ceritanya).

2. Mobile Suit Gundam (314 suara)

asgun9
Tidak akan ada seri Gundam tanpa seri pertamanya! Gundam juga menjadi anime mecha dengan genre Real Robot pertama di mana mecha dianggap sebagai senjata perang nyata ketimbang Super Robot yang super kuat, dan juga membawakan drama perang antar manusia ketimbang melawan alien/monster. Ada juga banyak adegan terkenal yang bisa dengan mudah dikenal oleh para penggemar Gundam hanya dari kutipan kalimatnya saja.

1. Char’s Counterattack (353 suara)

asgun10
Di ranking no 1 adalah akhir dari persaingan legendaris antara Amuro dengan Char di Char’s Counterattack. Movie yang satu ini bukanlah movie tanpa cacat dengan adanya karakter yang kurang disukai seperti Quess, tetapi dari musik yang sangat khas, desain-desain luar biasa buatan Izubuchi, pertarungan sengit antara Nu Gundam dan Sazabi, dan juga peristiwa Axis Drop yang legendaris dan dibuat ulang di berbagai game seperti G Generation, Another Century’s Episode, dan tentunya SRW meletakkan Char’s Counterattack sebagai seri Gundam terfavorit dari pemilih di Akiba Souken ini.

Bagaimana dengan Anda sendiri? Silahkan berikan suara Anda untuk seri Gundam terfavoritmu di polling ini.

Sumber: sgcafe