Peringkat Mecha Terkuat di Anime Menurut Charapedia

June 21, 2014 12:14 pm
Peringkat Mecha Terkuat di Anime Menurut Charapedia

Dari sekian banyak mecha yang ada di serial anime, mulai dari yang berukuran kecil sampai yang bisa main lempar-lemparan galaxi, mungkin kalian pernah bertanya-tanya mecha mana yang paling kuat?

Setelah sebelumnya membandingkan para idola yang paling menawan, kali ini Charapedia mengadakan polling untuk robot paling terkuat di anime dan berikut adalah pendapat 10.000 pembaca situs tersebut:

10. ZGMF-X20A Strike Freedom Gundam – Mobile Suit Gundam SEED Destiny – 213 suara

sme1
Bisa dibilang sebagai mecha yang benar-benar didesain oleh sang penulis untuk tidak bisa kalah (dan kenyataannya sampai tamat memang tidak pernah lecet satu kalipun, tidak seperti kakaknya Freedom Gundam yang bertarung mati-matian hingga hancur belur di pertarungan terakhir Gundam SEED), Strike Freedom memiliki Variable Phase Shift System yang bisa menahan semua serangan kecuali beam dan juga beam shield untuk menangkis serangan beam. Di sisi serangan, Strike Freedom memiliki railgun untuk serangan solid, dan beam rifle dan dragoon untuk serangan beam. Ditambah dengan generator nuklirnya, Strike Freedom tidak akan kehabisan tenaga untuk Phase Shift System dan senjata-senjatanya…… setidaknya di animenya. Di kebanyakan game yang terdapat Strike Freedom, unit ini dinerf sehingga Phase Shift Systemnya tidak berfungsi dan/atau energinya menjadi terbatas. Sayangnya karena terlalu imba, Strike Freedom jadi tidak pernah melalui pertarungan yang menarik.

9. Norimaki Arale – Dr. Slump – 215 Suara

sme2
Masih ingat dengan Arale? Robot berwujud gadis imut ini jauh lebih kuat daripada Goku saat masih kecil. Mulai dari fisiknya yang nampaknya tidak bisa dihancurkan, dan serangan beam dari mulutnya yang bisa menghancurkan bulan dalam satu serangan. Mungkin satu-satunya masalah robot ini (selain sifatnya) adalah batereinya yang sering habis di saat-saat genting.

8. Genesic Gaogaigar – King of Braves GaoGaiGar Final – 222 suara

sme3

sumber: 文月ほむら – pixiv

Raja dari para pemberani! Jujur saja Saya kaget Genesic GaoGaiGar tidak berada lebih tinggi di daftar ini. Mulai dari barrier, senjata-senjata yang jauh lebih ganas daripada wujud biasanya, Hell and Heaven, dan tentunya Goldion Crusher, palu energi raksasa yang terbentuk dari 3 kapal induk yang memiliki ukuran palu sekitar sebuah planet kecil. HIKARI NI NARRREEEEEEE.

7. RX-78-2 Gundam – Mobile Suit Gundam – 230 suara

sme4

Sumber:納亜納亜椎ユサオ – pixiv

Oke, yang ini agak mengejutkan, mengingat RX-78-2 bisa dengan cukup mudah dikalahkan oleh mecha-mecha lain di daftar ini. Tetapi di serinya sendiri, Gundam terhitung sangat kuat, bahkan senapan mesin milik Zaku sama sekali tidak bisa menembus armornya. Dan bila dihitung “kekuatannya” sebagai sebuah seri, ya, Gundam bisa dibilang sangat kuat karena Gundam lah yang memulai genre Real Robot.

6. Evangelion Unit-01 – Neon Genesis Evangelion – 263 suara

sme5

Sumber:doomsplosion – deviantArt

Satu keunggulan Evangelion dibanding mecha lain pada umumnya adalah AT Field, sebuah barrier yang tidak dapat ditembus oleh senjata konvensional. Di luar itu, kurang lebih senjata Eva terhitung sebagai senjata Real Robot. Tetapi begitu EVA-01 berserk, sebaiknya Anda segera lari sebelum dimakan olehnya.

5. Gunbuster – Aim for the Top! Gunbuster – 302 suara

sme6

GUNBAM – pixiv

Mecha raksasa berukuran 200 meter ini tidak perlu diragukan lagi kemampuannya. Ada dua hal yang hampir pasti terjadi setiap kali unit ini menyerang: 1. Anda akan mendengar teriakan Noriko yang penuh semangat, 2. Ribuan (ya, RIBUAN) Space Monster akan hancur sekaligus. Tidak hanya daya serangnya yang luar biasa, Gunbuster juga dilengkapi dengan Inertia Canceller dan Buster Shield untuk menangkis serangan. Mecha ini juga yang menciptakan Super Inazuma Kick yang pernah beberapa kali diparodikan di beberapa anime. Bisa dibilang Gunbuster adalah mecha cewek paling MANLY yang pernah ada.

4. ∀ Gundam – Mobile Suit ∀ Gundam – 336 suara

sme7

yamada68shidan – pixiv

Kurang lebih inilah Gundam yang Tomino buat sebagai penutup argumen “Gundam mana yang paling kuat?”. Di awal serinya nampak tidak ada yang spesial dari Turn A Gundam. Namun seiring berjalannya serinya, perlahan-lahan Turn A menjadi semakin mengerikan. Turn A memiliki nanomachine yang secara otomatis bisa memperbaiki dirinya sendiri secara perlahan dan juga I-Field yang dapat menahan serangan beam. Pilotnya juga menemukan bom nuklir yang kemudian ia bawa di dalam dada Turn A. Hal yang paling mengerikan dari Turn A adalah senjata Moonlight Butterfly, di mana Turn A akan melepas nanomachine yang akan bekerja membongkar segala macam barang teknologi menjadi partikel debu. Pada akhirnya Turn A Gundam diketahui sebagai sebuah senjata untuk menghancurkan sebuah peradaban.

3. Ideon – Space Runaway Ideon – 531 suara

sme8
Anime yang dikerjakan oleh Tomino setelah menyelesaikan Gundam ini memang cukup gila, lihat saja senjata yang dimiliki oleh Ideon: Meriam yang bisa membuat black hole? cek. Pedang cahaya dengan panjang tanpa batas yang dengan mudah bisa membelah planet? cek. Meriam yang bisa menghancurkan segala sesuatu yang berada dalam sudut 45 derajat di depannya, termasuk kapal induk dan planet? cek. Animenya tamat dengan Ideon meledak begitu besar sampai-sampai seluruh galaksi dan semua makhluk hidup yang ada di dalamnya mati terkena ledakannya? cek.

2. Doraemon – Doraemon – 660 suara

sme9

ケースワベ – pixiv

Doraemon jelas bukan robot petarung, tapi jika alat-alatnya digunakan sebagai alat perang, Doraemon bisa saja dengan mudah menguasai dunia. Ada robot raksasa yang sangat kuat? Senter Pengecil. Ada musuh yang benci kamu? Telpon Andai Saja. Ingin langsung menghilangkan sumber masalah? Mesin Waktu. Kita beruntung Doraemon adalah robot yang baik hati.

1. Gurren Lagann – Tengen Toppa Gurren Laggan – 1157 suara

sme10
Di ranking pertama ditempati oleh pilihan yang sudah bisa diduga kebanyakan orang, Gurren Laggan. Laggan bergabung dengan Gurren untuk menjadi Gurren Laggan, lalu bergabung dengan Ark Gurren menjadi Ark Gurren Laggan, lalu bergabung dengan Chouginga Dai Gurren menjadi Chouginga Gurren Laggan, lalu akhirnya berubah menjadi Tengen Toppa Gurren Laggan, sebuah mecha luar biasa besar dengan ukuran tinggi 10 juta tahun cahaya. Di movienya, Tengen Toppa Gurren Laggan kembali berubah menjadi Chou Tengen Toppa Gurren Laggan dengan tinggi 52,8 milyar juta tahun cahaya, yang mana jurus Giga Drill Break miliknya memiliki panjang 10 kali lipat dari badannya sendiri.

Agak susah membayangkan ukurannya itu berapa? Kebetulan ada satu video yang bisa membantu.

Bagaimana menurut Anda? Apakah terasa ada yang kurang di daftar di atas seperti Shin Getter, Mazinkaiser, Neo Granzon, Dis-Astranagant, atau lainnya? Seperti biasa silahkan suarakan pendapatmu di kolom komentar atau melalui polling ini.

Sumber:Charapedia