[Flashback Friday] Galaxy Angel

June 27, 2014 9:44 pm
[Flashback Friday] Galaxy Angel

Flashback Friday kali ini mungkin tidak terlalu tua bila dibandingkan dengan ulasan-ulasan kami sebelumnya. Mungkin kamu pun pernah menontonnya dan masih segar ingatanmu mengenai beberapa episodenya. Bagi yang pernah berlangganan TV kabel atau parabola, seri ini sempat muncul di kanal Animax dan selalu saya tunggu-tunggu kemunculannya setiap hari.

Galaxy Angel FF juni 27

Galaxy Angel, ya siapa yang masih ingat mengenai anime komedi bishoujo yang dibuat oleh Broccoli pada tengah tahun 2000. Anime ini diluncurkan sebagai salah satu proyek bernama Project G.A, proyek multi-platform Broccoli, berarti mereka mengeluarkan seri ini dalam beberapa bentuk, mulai dari anime, manga, dan game dating sim (yang konon katanya cerita nya sangat berbeda dengan anime nya). Tapi sepertinya kamu akan lebih familiar dengan animenya dibanding kedua bentuk lainnya.

Anime Galaxy angel pertama kali disiarkan pada bulan April tahun 2001 dan terus berjalan sampai bulan September 2002. Anime ini dibuat oleh Studio Madhouse dan disutradarai oleh Morio Asaka dan Yoshimitsu Ohashi. Sementara itu, manganya berjalan mulai dari April 2001 sampai Maret 2004 dan memiliki jumlah 8 jilid manga.

Galaxy Angel FF juni 27 (7)

Galaxy Angel bercerita mengenai sekelompok wanita yang disponsori oleh pemerintah membentuk sebuah Pasukan Angel dan memiliki misi untuk mencari Lost Technology. Namun setiap Lost Technology sepertinya selalu berubah menjadi bahan komedi anime ini, karena banyak dari Lost Technology biasanya berupa benda-benda yang tidak signifikan, seperti rice cooker tapi kemudian bisa memiliki kekuatan mutasi organisme atau menghancurkan sebuah kota.

Bersamaan dengan rumus hancur diatas, ditambahkan dengan perilaku peran utamanya, Milfeulle Sakuraba yang sepertinya memiliki status luck tidak terkendali, kadang baik kadang buruk serta Ranpha yang biasanya menyelesaikan masalah dengan kekerasan, selalu berhasil memancing gelak tawa para penonton.

Lagu pembukanya dinyanyikan oleh mereka sendiri, Pasukan Angel yang berjudul Galaxy Bang Bang dan lagu penutupnya pun tetap mereka nyanyikan dengan judul Horoscope Rhapsody.

Karakter

Milfeulle Sakuraba

Galaxy Angel FF juni 27 (5)

Milfeulle diberkahi dengan status luck yang sangat labil, kadang dia bisa menjadi sangat beruntung, tapi dibalik keberuntungannya malang yang sangat luar biasa berada di belakangnya. Karena hal ini, biasanya orang tidak mau berhubungan dengannya, namun dia menjadi aset yang baik di akademi militer dimana dia mendapatkan skor simulasi paling tinggi dalam sejarah. Anehnya dia memiliki kepribadian airhead, atau terlalu polos dan tidak mengerti apa yang dia lakukan, aneh juga dia bisa menjadi yang terbaik di simulasi militer.

Ranpha Franboise

Galaxy Angel FF juni 27 (2)

Ranpha adalah wanita yang, kasar dan susah untuk didekati, dia juga berisik tapi sangat menjaga dan memperhatikan teman-temannya. Dia memilih untuk menyelesaikan masalah dengan kekerasan dan kung-funya. Ranpha juga cepat untuk marah, namun juga cepat untuk melupakan sesuatu. Tipikal karakter yang dinamis dan gila, sesuatu yang pas untuk anime kacau ini.

Mint Blancmanche

Galaxy Angel FF juni 27 (3)

Mint memiliki posisi letnan dua dalam pasukan angel, dia adalah putri dari pemilik Blanchmanche Corporation dan diharapkan untuk meneruskan usaha ayahnya. Mint memiliki kemampuan telepati yang tidak bisa dikendalikannya. Mint sangat ahli dalam mengatur orang dan sumber daya, dia mungkin adalah orang paling rasional dalam pasukan angel.

Forte Stollen

Galaxy Angel FF juni 27 (9)

Entah kenapa saya selalu mengingat pistol bila berbicara mengenai Forte. Forte adalah tipe pemimpin yang sangat blak-blakan, dia juga tidak ragu-ragu untuk menentang komandannya dan tidak menganggapnya komandan sebelum Takuto membuktikannya. Ranpha menganggap Forte “Lelaki diantara wanita”, karena kepribadiannya yang kasar, percaya kekerasan menyelesaikan masalah dan selalu bertindak sebelum berpikir.

Vanilla H

Galaxy Angel FF juni 27 (6)

Gadis yang jarang menunjukkan emosi (atau bahkan berbicara) ini selalu membawa boneka… benda asingnya yang bernama Normad, dan biasanya Normadlah yang berbicara untuk Vanilla. Vanilla memiliki kemampuan untuk menyembuhkan teman-temannya. Namun karena dia pendiam, tidak berarti dia tidak melakukan hal random yang bukan pada tempatnya, misalnya dia pernah meratakan sebuah kota dengan laser dari batu mulia di kepalanya hanya karena dia marah.

Normad

Galaxy Angel FF juni 27 (10)

Normad dikatakan sebagai boneka rubah, tapi saya tidak mengerti bagian mana dari dia yang mirip dengan rubah. Normad awalnya adalah sebuah program untuk mengatur jalannya sebuah misil, namun karena dia memiliki logika tersendiri, dia tahu meledakkan misil berarti membunuh orang, sehingga dia kabur sebelum misinya dimulai. Normad juga tidak pernah memikirkan perasaan orang lain saat berbicara, dan menganggap para angel sebagai rakus, tidak pandai dalam bidangnya dan seperti monster.

Galaxy angel membawakan animenya dengan santai. Animenya berdurasi 15 menit setiap sesinya, membuatnya dapat ditonton kapanpun kamu mau tanpa terlalu mempedulikan urutannya. Namun sebaiknya sih kamu menontonnya secara berturut-turut sehingga tidak kehilangan jejak.

Galaxy Angel FF juni 27 (4)

Galaxy Angel sudah berusia 14 tahun sejak diluncurkan pertama kali, membuat saya merasa “oh, lama juga ya” karena saya pertama kali menontonnya saat duduk di bangku SMP padahal sepertinya anime ini baru tamat kemarin.