Game Kapal Moe Kancolle Raih 7 Milyar Yen Dalam Setahun Lebih, 140x Biaya Pembuatan Awal

June 27, 2014 4:30 pm
Game Kapal Moe Kancolle Raih 7 Milyar Yen Dalam Setahun Lebih, 140x Biaya Pembuatan Awal

Siapa sangka game kapal moe dengan mekanisme sederhana ala game kartu smartphone yang sedikit dipersulit ini bisa menjadi tren raksasa secara instan di Jepang dan juga dunia internasional? Tidak ada, bahkan para pembuatnya juga. Tapi kenyataan berkata lain.

Laporan terbaru menyatakan bahwa Kancolle berhasil meraup keuntungan sekitar 7 Milyar Yen dari game-nya saja. Angka yang spektakuler mengingat Kancolle “hanyalah” sebuah game browser yang dibuat dengan biaya tidak lebih dari 50 juta yen (yang saya yakin mahal di biaya seiyuu dan berbagai ilustrator). Ditambah lagi fakta bahwa Kancolle adalah game yang “dermawan” tanpa memaksa para pemain harus membeli sesuatu demi melanjutkan bermain seperti nyaris semua game sejenis.

kancolle

Kancolle adalah produk dari kerjasama antara Kadokawa sebagai pengembang dan DMM sebagai distributor platformnya. DMM sendiri lebih dikenal sebagai salah satu penyedia konten dewasa online terbesar di Jepang dengan pendapatan bersih sekitar 60-70% dari konten dewasa. Lalu kenapa Kancolle bisa ada disana? Menurut laporannya Kancolle lahir dari sebuah diskusi informal 2 petingginya saat minum-minum di sebuah bar;

“Sepertinya ga bakal laku, tapi karena kayaknya seru, coba yuk”

Tidak diketahui apakah kutipan itu benar adanya atau tidak.

084209f7f68f282ade884d4630379684

Sebagai perbandingan kepopuleran, dengan usianya yang baru seumur anak kucing, Kancolle berhasil menguasai Comiket sebagai seri ketiga yang mendominasi pilihan fandom berbagai circle untuk mereka buat doujinshinya, dibawah Touhou sang penguasa dinasti fandom generasi ini dan Kurobas pujaan wanita.

Kan-Colle-Kai-PSV-Annouce

Tahun 2014-2015 tampaknya memang tahun kapal. Jangan lupa anime dan game Kancolle kemungkinan akan rilis tahun ini jika tidak ada penundaan.

Sumber: Otakomu
Gambar: header