“Kodomoroid” dan “Otonaroid” Android Jepang Yang Mampu Bacakan Berita

June 27, 2014 1:19 pm
“Kodomoroid” dan “Otonaroid” Android Jepang Yang Mampu Bacakan Berita

Ilmuwan Jepang memperlihatkan android pertama di dunia yang memiliki kemampuan untuk membacakan berita, dua android bernama “Kodomoroid” dan “Otonaroid” ini dikatakan memiliki kemampuan bahasa yang sempurna.

Yang tampak lebih muda dan polos adalah android bernama “Kodomoroid” yang namanya merupakan gabungan dari “Kodomo”/anak dan “android”, sedangkan yang satunya lagi, “Otonaroid” sesosok android yang lebih dewasa dengan namanya yang merupakan gabungan dari “Otona”/dewasa dan “android”.

android-1

Mereka merupakan hasil karya dari tim yang dipimpin oleh Hiroshi Ishiguro, seorang ahli robot dari Universitas Osaka dan Advanced Telecommunications Research Institute International (ATR) yang telah membuat android menyerupai manusia selama bertahun-tahun. Profesor satu ini juga menciptakan android yang menyerupai dirinya.

geminoid
geminoid.jp

Kedua android ini tidak akan benar-benar menjadi pembawa acara berita kedepannya karena keduanya akan mendapatkan pekerjaan untuk berinteraksi dengan pengunjung Museum Ilmu Sains dan Inovasi di Tokyo guna mengumpulkan data bagi Ishiguro yang sedang melakukan penelitian tentang reaksi manusia dengan mesin.

“Kita akan memiliki lebih banyak lagi robot di sekitar kita di masa yang akan datang,” kata Ishiguro kepada AFP. “Kamu dapat membawa androidku di pesawat – bagian badannya di koper dan kepalanya di bagasi kabin.”

sumber: NYDailynews, Wallstreetotc