Ambassador Cafe Membuka “Manga Pro Class” Pertama di Indonesia

June 28, 2014 7:44 pm
Ambassador Cafe Membuka “Manga Pro Class” Pertama di Indonesia

Masih ingat dengan ulasan kafe Ambassador Cafe di blok M beberapa waktu lalu? Kali ini mereka kembali mengadakan kegiatan bergengsi, kali ini kelas manga untuk profesional yang mereka klaim sebagai yang pertama ada di Indonesia. Tidak main-main salah satu pengajar kelas ini adalah Wakanabe Yoshihiko, mantan editor di penerbit Kadokawa.

Hari ini tanggal 28 Juni diadakan acara pembukaan kelas ini oleh pemilik Ambassador Cafe, Nitta-san, Wakanabe Yoshihiko dan wakil dari kolaborator program Rezki dari Masyarakat Komik Indonesia.

ambas-manga-pro-class-2

Acara dibuka oleh kata-kata sang pemilik kafe, Nitta yang menjabarkan beberapa fakta terkait perkembangan manga di Indonesia, dengan banyaknya judul baru muncul akhir-akhir ini. Dan bagaimana pasar Indonesia menyimpan potensi yang sangat besar dengan jumlah penduduknya yang lebih dari dua kali lipat Jepang.

ambas-manga-pro-class-4

Wakanabe Yoshihiko, mantan editor penerbit Kadokawa yang masih aktif mengajar di sebuah akademi di Jepang juga ikut angkat bicara mengenai manga Indonesia. Ia berkata masih ada beberapa aspek dari manga Indonesia yang masih perlu dikembangkan seperti latar belakang dan perkembangan cerita. Wakanabe yang juga pernah menjadi freelance editor dan salah satu manga yang pernah ia tangani adalah Bakuman ini mengatakan bahwa kelas di Ambassador Cafe ini akan lebih mengedepankan aspek pembuatan manga, terutama cerita, karakter dan aspek bisnis.

ambas-manga-pro-class-5

Masyarakat Komik Indonesia pun ikut ambil peran dalam kelas bergengsi ini. Rezki selaku wakil dari salah satu komunitas di Indonesia ini menyatakan bahwa kerjasama ini adalah sebuah kerjasama jangka panjang yang diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas manga Indonesia. Selain Wakanabe-san, akan ada juga pengajar lain seperti Faza Meonk (Si Juki) dan C Suryo Laksono (Tawur).

ambas-manga-pro-class-3

Kelas ini akan berlangsung selama 6 bulan, 4x per bulan. Kelas ini akan jadi cukup eksklusif dengan hanya berkapasitas 15 orang per kelas. Jika kamu ingin bertanya lebih jauh tentang kelas ini, silakan langsung kontak Ambassador Cafe di Facebook Page mereka!