Belajar Cara Mengembangkan Manga Dari Mantan Editor “Bakuman”

June 28, 2014 7:40 pm
Belajar Cara Mengembangkan Manga Dari Mantan Editor “Bakuman”

Wakanabe Yoshihiko selaku pengajar khusus kelas khusus manga pro di Ambassador Cafe ini berbagi cerita tentang bagaimana manga seharusnya tidak murni dibuat sendiri oleh pengarangnya, atau setidaknya itulah sistem yang dipakai di Jepang untuk menjamin dan mempertahankan kualitas manga yang diterbitkan disana.

ambas-manga-pro-class-11

Orang yang juga menjadi salah satu pengajar di Manga Pro Class di Ambassador Cafe ini menjelaskan bahwa kelas yang ditanganinya akan memfokuskan tentang bagaimana cara pengarang komik membuat cerita dari nol. Meskipun memang manga itu pasti akan dinilai pertama dari gambarnya, tapi apa yang mempertahankan pembaca untuk tetap membaca edisi berikutnya adalah cerita, disinilah editor akan banyak berperan.

Sebagai mantan editor Bakuman, Wakanabe-san menjelaskan dengan mencontohkan manga tentang mangaka itu. Meskipun memang sebagai manga, penjelasan fakta di Bakuman tentang proses membuat dan menerbitkan komik banyak dilebih-lebihkan. Tapi tetap beberapa aspek digambarkan dengan akurat, terutama peran serta editor dalam membantu mangaka mengembangkan cerita manganya.

ambas-manga-pro-class-12

Dalam kelasnya ia tidak hanya akan menjelaskan dan mengajarkan aspek teknis seperti membuat cerita, latar belakang, dan lain-lain. Tapi ia juga akan memberi tips bagaimana cara memasarkan manga karya mereka setelah selesai dibuat.

Ingin tahu lebih jauh? Atau bahkan ingin ikutan kelasnya? Langsung saja daftarkan dirimu di kelas itu! Langsung kontak Ambassador Cafe.