Penasaran Dengan Statistik Para Pemain LoveLive?

June 29, 2014 4:36 am
Penasaran Dengan Statistik Para Pemain LoveLive?

Beredarnya LoveLive! School Idol Festival di iOS dan Android untuk versi inggris, tentunya membuat banyak sekali pemain-pemain baru, bahkan orang-orang di sekitar saya pun banyak yang tiba-tiba saja memulai memainkan gamenya, karena sudah muncul versi inggrisnya.

Akan tetapi, seperti lokalisasi game-game pada umumnya, tentunya untuk versi inggris agaknya cukup terlambat dari versi Jepang, baik dari versi, maupun jumlah user, dan juga kegilaan para user di versi inggris juga, “agaknya” belum segila versi Jepang.

Sekilas tentang LoveLive! School Idol Festival, merupakan game rhythm  yang pertama kali dirilis di iOS pada tanggal 15 April 2013, dan 6 Juni 2013 untuk versi Android, dengan jumlah user mencapai 3.000.000 per tanggal 23 Mei 2014. Dari sekian banyak user tersebut, mungkin ada beberapa dari kalian yang bertanya-tanya, seperti apa sih gambaran para user tersebut?

FAMITSU APP USER

Pada sebuah majalah yang terbit bulan ini, Famitsu App iPhone vol. 16, diumumkan hasil dari angket online yang diadakan di situs Famitsu App yang diikuti oleh 1200 orang, dan berikut adalah hasilnya :

User SIF

Berapa Jumlah Kartu UR yang dimiliki dari Gacha?

Rata-Rata : 2,93 lembar ; Rekor Tertinggi : 100 (!) lembar
Saya sendiri, sampai saat ini hanya berhasil mendapat 2, dan saya tidak menyangka ada orang yang bisa mendapat sampai 100 lembar.. Yang saya tidak bisa bayangkan adalah berapa banyak uang yang sudah ia keluarkan untuk mendapatkan semua itu.

Rangking Saat ini?

Rata-Rata : 105 ; Rekor Tertinggi : 338
Rata-rata 105, sedangkan pemegang rekor tertinggi di angket, level 338, adalah pemain yang sudah bermain dari sejak jaman permulaan game ini dirilis, sampai sekarang.

Kartu Favorit?

LL SIF 00

1. no. 315, Minami Kotori UR (Idolized)

LL SIF 01

2. No. 145, Sonoda Umi UR (Idolized)

LL SIF 02

3. No. 282, Nishikino Maki SR (Idolized)

Peringkat pertama dipegang oleh Kotori, seperti biasa, karena Kotori adalah favorit sebagian besar orang Jepang. Kartu UR Kotori kali ini mengambil tema dari dongeng, yaitu Thumbelina, yang merupakan cerita tentang gadis seukuran jempol, yang pada cerita itu juga ada adegan dia menaiki burung, jadilah kartu ini. Selain itu, alasannya juga karena statusnya yang kuat, dan skill yang dimiliki amat berguna untuk menaikkan skor.

Lagu yang paling sering dimainkan?

LL SIF 03

1. Soldier Game

LL SIF 04

2. Bokura wa Ima no Naka de

LL SIF 05

3. Snow Halation

LL SIF 06

4. Wonderful Rush

LL SIF 07

5. Kaguya no Shiro de Odoritai

Seperti yang saya sudah duga, Soldier Game masuk sebagai lagu yang paling sering dimainkan, selain karena tingkat kesulitannya yang membuat orang-orang berkali-kali mencoba untuk menyempurnakannya, juga termasuk lagu yang enak untuk dimainkan. peringkat kedua, Bokura wa Ima no Naka De, yang merupakan lagu opening untuk musim pertama anime LoveLive!, dikarenakan banyak orang yang memulai memainkan game ini sejak menonton animenya.

Peringkat ketiga dipegang oleh Snow Halation, single kedua dari LoveLive!, dan juga merupakan lagu yang akhirnya digunakan pada episode 9 di anime LoveLive! musim kedua. Lagu yang bertemakan cinta dan musim dingin ini, juga merupakan lagu yang membuat beberapa orang di sekitar saya mengenal LoveLive!. Peringkat keempat dipegang oleh Wonderful Rush, lagu yang merupakan single kelima, sekaligus single dimana Kotori menjadi center. Sedangkan, peringkat kelima dipegang oleh lagu Kaguya no Shiro de Odoritai, yang merupakan lagu pendamping untuk single lagu penutup anime musim pertama.

Alasan bermain LL School Idol Festival?

  1. Karena menonton animenya
  2. Direkomendasikan oleh teman
  3. Karena suka Lovelive!
  4. Karena suka rhythm game
  5. Karena melihatnya di AppStore

Sebagian besar memainkannya karena mereka menonton animenya, bagaimana dengan kalian?

Seberapa aktif dalam memainkan Event?

  • Sampai masuk dalam peringkat 100 besar – 1.5 %
  • Santai – 26%
  • Sampai dapat 1 kartu SR – 34.8%
  • Sampai event selesai – 9.3%
  • Sampai dapat 2 kartu SR – 28.4%

Untungnya, persentasi orang-orang yang ingin berada di peringkat atas hanya 1.5%, karena bisa dibayangkan betapa intensnya persaingan untuk mencapai posisi puncak. Saat ini saja, saya melihat orang-orang yang berada di peringkat teratas memiliki jumlah poin yang sangat tidak wajar.. Berapa banyak uang yang mereka sudah habiskan hanya untuk mencapai puncak ya?

Kartu yang dijadikan Center untuk Main Unit?

LL SIF 10

1. No. 315, Minami Kotori UR (Normal)

LL SIF 08

2. No. 64, Koizumi Hanayo UR (Normal)

LL SIF 09

3. No. 296, Sonoda Umi UR (Normal)

LL SIF 11

4. No. 187, Nishikino Maki UR (Normal)

LL SIF 12

5. No. 322, Koizumi Hanayo UR (Idolized)

Melihat hasilnya, saya jadi ragu, apakah semudah itu mendapatkan UR bagi mereka? Apalagi peringkat kelima, UR Hanayo yang sudah digabung, bisa masuk ke peringkat 5 berarti banyak orang yang memilikinya. Apakah lagi-lagi, uang berperan penting?

Hasil-hasil lainnya, antara lain seperti cara bermain, center skill apa yang berguna, dan juga cut-in, sayangnya tidak ada yang menanyakan berapa banyak uang yang mereka sudah keluarkan untuk membeli Loveca Stone (atau Love Gem), karena sebenarnya itulah yang paling membuat saya penasaran.

Kira-kira begitulah hasil dari angket para pemakai game ini? Bagaimana dengan kalian yang juga memainkan versi Jepang untuk game ini? Apakah kalian setuju dengan pendapat mereka?

Famitsu App