[Monday Music] Love Live! School Idol Project : Part 1

June 30, 2014 10:23 pm
[Monday Music] Love Live! School Idol Project : Part 1

Pada saat ini, saya cukup meragukan berapa banyak orang yang tidak mengenal μ’s (muse), atau setidaknya pernah mendengar namanya. Ya, grup yang sebelumnya dikenal juga sebagai LoveLive! School Idol Project, yang juga telah mendapatkan adaptasi anime yang berlangsung selama 2 musim, yaitu dari Januari- Maret 2013, dan April-Juni 2014. Akan tetapi sebelum menjadi besar seperti sekarang, tahukah kalian akan asal usul μ’s atau LoveLive! School Idol Project ini? Monday Music kali ini akan membahas lebih dalam tentang LoveLive! School Idol Project!

Apa Itu LoveLive?

MM 01

LoveLive! School Idol Project (selanjutnya disingkat LL!), pertama kali memulai debutnya di majalah Dengeki G’s Magazine, pada tanggal 30 Juni 2010, tepat 4 tahun pada hari ini, sebagai salah satu proyek kolaborasi antara Sunrise, Lantis dan Dengeki G’s Magazine, yang mengusung konsep baru yaitu School Idol, yang perkembangan lagu, penamaan nama unit, pembagian unit, semuanya berdasarkan dengan voting dari penggemar. Sunrise bertanggung jawab dalam animasi, Lantis di bidang musiknya, sedangkan Dengeki G’s Magazine adalah tempat untuk pengelolaan cerita, dan juga pengadaan polling.

MM 02

Untuk desain karakter awal juga bisa dibilang sangat berbeda dengan yang sekarang, dan pada saat mendengarkan komentar dari para pengisi suara, juga dapat dirasakan bahwa mereka juga belum mendapatkan secara jelas jiwa dari karakter yang diperankan.

1st Single : Bokura no Live Kimi to no Live!

Lagu pertama dari grup LoveLive! School Idol Project, Bokura no Live Kimi to no Live!,mengenakan baju yang, menurut saya agak mirip dengan kostum AKB48 untuk salah satu lagu dengan latar belakang yang cukup mirip. Untuk lagu pendampingnya, Yuujou no Change, sama seperti lagu utama mereka pada saat itu, kemampuan vokal untuk masing-masing member belum ditampilkan secara maksimal, dan belum ada karakter yang menonjol untuk masing-masing karakter. Untuk lagu ini, Hoshizora Rin menjadi posisi center untuk pertama kalinya.

Pada tanggal 13 Agustus 2010, CD pertama LL dijual terlebih dahulu di event Comic Market 78, dan kemudian dijual untuk umum pada tanggal 25 Agustus 2010, CD ini hanya terjual sebanyak 434 keping! betapa berbedanya bila dibandingkan dengan saat ini. Pada saat itu, memang belum ada nama pengisi suara yang diumumkan, bahkan bisa dibilang semuanya masih dirahasiakan, sehingga banyak sekali yang berspekulasi atas pengisi-pengisi suara yang mengisikan para karakter tersebut, mulai dari pengisi-pengisi suara terkenal, sampai pengisi suara yang tidak pernah terdengar namanya.

Barulah kemudian, pada akhir bulan September 2010, nama-nama para pengisi suara untuk masing-masing karakter mulai diumumkan, antara lain :

  • Nitta Emi (Kousaka Honoka)
  • Mimori Suzuko (Sonoda Umi)
  • Uchida Aya (Minami Kotori)
  • Pile (Nishikino Maki)
  • Iida Riho (Hoshizora Rin)
  • Kubo Yurika (Koizumi Hanayo)
  • Nanjou Yoshino (Ayase Eli)
  • Kusuda Aina (Toujou Nozomi)
  • Tokui Sora (Yazawa Nico)

2nd Single : Snow Halation

Mulai dari single kedua ini, nama μ’s (dibaca Muse) mulai digunakan sebagai nama unit mereka, yang juga sebelumnya merupakan salah satu dari sekian banyak nama yang diusulkan oleh para fans untuk menamai grup yang sebelumnya tidak memiliki nama ini. Asal nama μ’s  terinspirasi dari legenda Yunani, Muses, yaitu 9 dewi yang merupakan inspirasi atas seni, literatur dan ilmu pasti.

Snow Halation, Lagu bertemakan cinta dan dirilis menjelang natal, yaitu pada tanggal 22 Desember 2010 ini, agaknya terjual lebih banyak daripada single pertama mereka, yaitu sebanyak 1.451 keping. Lagu pendampingnya, Baby Maybe Koi no Button, Minami Kotori menjadi posisi center untuk pertama kalinya (untuk lagu pendamping).

Mulai saat ini pula, setelahnya diluncurkan 3 single yang dibagi berdasarkan unit, yaitu Printemps, BiBi dan Lily White, yang penjualannya juga seluruhnya berkisar sekitar 1000-an untuk masing-masing CD. Tidak terlalu buruk ya?

3rd Single : Natsuiro Egao de 1,2 Jump!

Natsuiro Egao de 1,2 Jump!, lagu  yang bertemakan musim panas, dirilis pada tanggal 24 Agustus 2011, dan untuk pertama kalinya Honoka tergeser dari posisi center untuk lagu utama, digantikan oleh Nico, sekaligus menjadi salah satu faktor (menurut saya), yang membuat penggemar Nico menjadi banyak. Pada lagu pendampingnya, Mermaid Festa Vol.1, masih bertemakan musim panas, yang menceritakan tentang kisah cinta putri duyung, dengan Ayase Eli sebagai posisi centernya.

Lagu yang bersemangat, disertai dengan baju renang mereka yang menarik perhatian, membuat penjualan untuk CD ini meningkat dua kali lipat dari sebelumnya, yaitu 2.724. Pada saat ini juga, dibuatkan polling untuk perilisan album solo beberapa member yang diinginkan oleh para penggemar, yaitu Honoka, Umi dan Kotori.

4th Single : Mogyutto Love de Sekkinchuu!

Mogyutto Love De Sekkinchuu!, lagu dengan tema valentine, yang dirilis pada tanggal 15 Februari 2012, Honoka kembali mengisi posisi center. Sedangkan lagu pendampingnya, Aishiteru Banzai!, lagu dengan tema kelulusan, yang sekaligus merupakan lagu dimana Nishikino Maki mengisi posisi center, sekaligus merupakan salah satu lagu yang berperan penting di anime LoveLive! nantinya.

Adegan-adegan para member μ’s memberikan coklat, serta baju maid yang mereka kenakan, agaknya menjadi salah satu poin yang menarik perhatian penggemar. Penjualan untuk CD ini bertambah sedikit dibandingkan dengan single sebelumnya, yaitu 3.061 keping. Tidak berapa lama setelah penjualan CD ini, mereka menggelar konser pertama mereka, yang dinamakan LoveLive! μ’s First LoveLive! di Yokohama Blitz. 

Bersamaan dengan berakhirnya konser ini, diumumkan juga bahwa LL akan mendapatkan adaptasi anime, dan mungkin juga bisa dibilang, saat ini menjadi salah satu titik perubahan bagi seri LL ini. Seperti apa perkembangan selanjutnya? Akan dibahas di bagian kedua di lain waktu.

Sumber data : KEROTV Ranking