[Review] Ryuugajou Nanana no Maizoukin

July 3, 2014 12:21 pm
[Review] Ryuugajou Nanana no Maizoukin

Anime Ryuugajou Nanana no Maizoukin / Nanana Ryuugajou Buried Treasure ini memang sudah tamat semenjak tanggal 19 Juni yang lalu, tapi kalau kalian bertanya-tanya kenapa serial ini baru direview oleh saya di awal bulan Juli ini ternyata jawabannya cukup mengejutkan… saya gak sadar anime ini sudah tamat.

shocking
Ngomong-ngomong kalau yang satu ini belum sempat saya tonton sampai habis, jadi mungkin reviewnya menyusul.

Dari minggu lalu saya sudah bertanya-tanya, kok gak ada lanjutannya minggu ini, dan baru tadi saya cek wikipedia dan baru saja tahu bahwa anime satu ini memang sudah tamat di episode sebelas.

Diproduksi oleh A-1 Pictures, Ryuugajou Nanana no Maizoukin merupakan adaptasi anime dari light novel yang dikarang oleh Kazuma Otorino dan diterbitkan oleh Famitsu Bunko, light novelnya sendiri sudah terbit semenjak 30 Januari 2012 yang masih berlanjut hingga sekarang dan telah mencapai jilid ke-7.

nanana-1

Menceritakan tentang Juugo Yama yang baru saja pindah ke sebuah sekolah yang terletak di Nanaejima, sebuah pulau buatan yang dibuat sebagai “Special Student Zone”. Dengan kondisi keuangan yang terbatas dia memutuskan untuk menyewa apartemen termurah yang bisa ditemuinya, tapi siapa sangka keputusannya itu membawa dirinya berhadapan dengan serangkaian petualangan.

nanana-shock

Di apartemen barunya ini dia bertemu dengan Nanana Ryuugajou, cewek cantik, kelewat optimis tapi juga seorang NEET yang terbunuh secara misterius di pulau tersebut hingga akhirnya menjadi ‘arwah penasaran’ yang tidak bisa keluar dari kamar yang sekarang menjadi kamar Juugo dimana dirinya menghabiskan waktunya dengan bermain game sepanjang hari dan hanya bisa makan puding.

nanana-pudding

Setelah secara tidak sengaja Juugo menemukan sebuah catatan tersembunyi dia mengetahui lebih banyak tentang Nanana, bahwa Nanana adalah pendiri dari pulau Nanae dan anggota dari “Great 7” grup petualang yang mencari beragam harta karun dan beberapa harta karun yang dikoleksi Nanana, Nanana’s Collection, tersebar di pulau Nanae. Bersama dengan rekannya di klub petualangan di sekolahnya, Juugo mulai mencari harta karun Nanana dengan salah satu tujuannya adalah untuk menemukan siapa pembunuh Nanana.

nanana-ruin

‘Tokoh utama’ yang kurang digali

say-what

Juga sulit dipahami makna keberadaanya, Juugo adalah ‘karakter utama’ yang ditampilkan memiliki masa lalu yang kelam, bisa dilihat dengan koneksinya dengan sebuah organisasi di serial ini dan beberapa kali dia mengenang dan menolak dikaitkan dengan masa lalunya agar bisa berubah. Hanya saja apa yang terjadi di masa lalunya belum digali lebih dalam di adaptasi kali ini.

Ceritanya punya potensi, tapi…

nanana-lengkap
Kurang dimanfaatkan dengan baik, sedikit tidak adil kalau membandingkan dengan serial yang sampai 12 dan 13 episode karena Nanana hanya memiliki total 11 episode penayangan, kurangnya episode serial ini tampaknya membuat perkembangan plot cerita sedikit membingungkan dengan banyaknya unsur-unsur cerita yang tidak dijelaskan secara lebih jelas, seperti beragam organisasi dan misteri-misteri yang menyelimuti beberapa karakter di serial ini. Untungnya seri ini tetap mudah diiikuti kalau kita mencoba melupakan sedikit hal-hal yang tidak dijelaskan tersebut. Tentunya perburuan harta karun pada serial ini juga seru dan menarik.

Karakter yang lovely sekali

juugo-stronk
Setiap karakter yang muncul dalam serial ini cukup mudah diingat, mulai dari Yama Juugo yang meskipun tidak terlalu digali lebih dalam tapi patut diakui dia punya daya tahan super tinggi yang sanggup menembus beragam tantangan

ryuugajou-tensai
Hingga Tensai Ikkyu, yang pintar dan mampu memecahkan beragam teka-teki di hadapannya, dan juga karakter-karakter lainnya yang meskipun hanya bertindak sebagai sampingan tetap memiliki alasan kenapa mereka harus ada di seri ini.

nanana-yuiga

nanana-shadow

yukihime

ryuugajou-tetsu

nanana-shock-face

Mungkin satu yang paling patut disayangkan adalah ketidakmampuan Nanana untuk keluar dari ruangannya membuat jatah jam terbang karakter satu ini kurang, padahal sepertinya bisa menarik kalau Juugo lebih sering berinteraksi dengan dirinya. Tapi gak apa, karakter favorit saya satu ini jadi banyak kelihatan.

tensai-best-1

tensai-best-2

Dan saya tunggu kelanjutannya

tensai-best-3
Secara keseluruhan anime ini menarik untuk diikuti tapi seperti sudah dijelaskan di atas, dimana saya bahkan gak sadar bahwa anime ini sudah tamat, Ryuugajou Nanana no Maizoukin diakhiri dengan sebuah adegan yang seakan memberi kepastian bahwa serial ini masih akan berlanjut dikemudian hari dan masih banyak misteri yang harus dikupas.

Tapi mungkin komite produksi animenya punya pendapat akan lebih baik kalau menunggu light novelnya tamat sehingga bisa mengakhiri ceritanya tanpa musti menunggu-nunggu atau kejar-kejaran dengan serial aslinya, siapa tahu.