Anime Apa Yang Menurutmu Pantas Menjadi Simbol Tahun 2000?

July 4, 2014 3:00 pm
Anime Apa Yang Menurutmu Pantas Menjadi Simbol Tahun 2000?

Setiap dekade, pasti selalu ada anime yang bagus, setidaknya satu saja yang menjadi anime yang dapat mewakili dekade tersebut. Dalam hal ini, anime tersebut akan menentukan baik selera maupun kualitas tontonan para penggemarnya pada eranya.

Bila mengenang awal tahun 2000-an, mungkin di era itulah kali pertama saya mencemplungkan diri saya ke dalam dunia animanga. Karena itu, sudah pasti saya dan angkatan saya memiliki banyak anime yang sangat diingat dari era tersebut, mulai dari The Melancholy of Suzumiya Haruhi, Fullmetal Panic: Fumoffu, Tengen Toppa Gurren Lagann, Honey & Clover, Shuffle!, Hikaru no Go, Code Geass dan masih banyak lagi yang saya yakin tidak akan habis bila dituliskan satu per satu.

anime dari tahun ke tahun dekade

Sebelum ini sepertinya sudah ditentukan kalau anime tahun 70-an akan diwakili oleh Space Battleship Yamato, anime tahun 80-an akan diwakili Mobile Suit Gundam dan anime tahun 90-an akan diwakili oleh Neon Genesis Evangelion. Apakah yang akan menjadi anime representatif dari tahun 2000? Berikut adalah kandidat yang dituliskan oleh para pengguna internet Jepang.

Tengen Toppa Gurren Lagann

Disebut-sebut sebagai salah satu masterpiece Gainax, TTGL mungkin menjadi anime pertama saya yang bisa ditonton tanpa berpikir dan membuat semangat serta darah dalam diri saya ikut mendidih. Anime ini telah menarik keluar banyak emosi saya, mulai dari kemarahan, kesedihan, frustrasi, tapi juga menyembuhkan hati, menyemangatkan jiwa dan membuatmu ingin berteriak “WHO THE HELL DO YOU THINK WE ARE!!

anime representasi tahun 2000 (2)

Robot yang luar biasa keren dipadukan dengan karakter-karakter luar biasa bersemangat, digabung dengan aksi super dan drama yang luar biasa berat (KAMINA!!) sepertinya membuat anime ini menjadi salah satu kandidat kuat untuk menjadi duta besar tahun 2000-an. Apalagi 3 pendahulunya didominasi oleh mecha, sehingga tidak asing bila Gurren Lagann merepresentasikan tahun 2000.

The Melancholy of Suzumiya Haruhi

Salah satu anime yang paling membuat saya pusing, terima kasih kepada perilisan tiap episode dengan urutan yang sepertinya dipilih secara random oleh sutradaranya. Haruhi mungkin anime pertama yang saya lihat diawali dengan episode 11 dan diakhiri dengan episode 6. Bingung? Bagus. Karena anime yang bercerita mengenai gadis SMA yang berubah menjadi Tuhan setelah menonton pertandingan baseball pastinya juga akan membuatmu bingung.

anime representasi tahun 2000

Apa yang luar biasa adalah sekalipun urutannya dibuat jumpalitan, kamu tetap bisa mengikuti alur cerita Haruhi dan kualitas animasi yang disuguhkan benar-benar baik pada masanya. Terutama di episode dimana sinkronisasi gitar, drum dan nyanyian Aya Hirano terdengar dan terlihat begitu halus.

Code Geass

anime representasi tahun 2000 (3)

Tahun 2000-an tidak lengkap bila tidak ditemani oleh Code Geass, anime drama yang menceritakan kisah Lelouch vi Brittania, seorang pangeran Brittania yang berniat memberontak terhadap negaranya sendiri yang telah membuangnya dan menyebabkan kematian ibunya. Lelouch memiliki kekuatan bernama Geass yang diberikan setelah tidak sengaja bertemu penyihir bernama C.C, kekuatan itu membuatnya bisa memerintah siapapun yang dia kehendaki. Code Geass menyuguhkan drama politik dan persahabatan bersamaan dengan aksi robot yang baik pastinya akan menghiburmu dalam durasi 25 episodenya.

One Piece

anime representasi tahun 2000 (5)

Anime shonen yang sepertinya tidak akan tamat dalam waktu dekat, berisi petualangan Luffy yang ingin menjadi raja bajak laut dan bertemu kru-kru andalannya selama melaut. Odacchi berhasil menggambarkan petualangan Luffy yang mengarungi lautan dan bertemu jutaan makhluk laut menarik serta musuh-musuh yang bervariasi, terima kasih atas eksistensi buah iblis yang membuat ceritanya makin berwarna.

Magical Girl Lyrical Nanoha

Di antara kepopuleran 2 anime mahou shoujo di Indonesia, era 90an pastinya diambil oleh Cardcaptor Sakura dan era 2010-an kemungkinan akan diambil oleh Madoka Magica, terdapat satu lagi anime Mahou Shoujo yang sampai sekarang masih cukup populer di Jepang sana, bahkan film layar lebarnya masih tetap diproduksi. Mahou Shoujo Lyrical Nanoha, anime berkedok Mahou Shoujo namun sebenarnya adalah Gundam berukuran manusia ini adalah anime yang penuh dengan cinta dan tembakan beam.

anime representasi tahun 2000 (4)

Pada awalnya, Nanoha bercerita tentang 2 anak perempuan yang berebut jewel seed, namun seiring dengan berlanjutnya animenya sampai ke musim ketiga (Mahou Shoujo Lyrical Nanoha: Strikers), lawan Nanoha berevolusi menjadi android dan godzilla. 2 musim pertama Nanoha akan menyediakan konflik antara karakter yang baik, musim ketiganya lebih generik, tapi dihiasi dengan lebih banyak karakter.

Selain kandidat-kandidat diatas, ada juga judul-judul besar lain yang muncul, seperti Fullmetal Panic, Naruto, K-On! dan masih banyak lagi anime yang dapat menggambarkan kondisi anime tahun 2000-an. Saya sendiri masih bingung harus memilih antara Mahou Shoujo Lyrical Nanoha dan Tengen Toppa Gurren Lagann, karena sedikit banyak merekalah yang dapat menarik keluar banyak emosi dari saya. Atau mungkin masalah karena adanya Signum dan Yoko, entahlah.

anime representasi tahun 2000 (6)

Haruhi menjadi sebuah judul yang cukup populer di kalangan pengguna internet Jepang, dan saya cukup mengerti karena memang Haruhi itu adalah anime yang bagus. Bahkan sempat dibuat, entah agama, entah sekte yang disebut dengan Haruhi-ism di Jepang dan sepertinya menyebar ke seluruh dunia.

Kalau kamu, anime apa yang menurutmu pantas untuk mewakili tahun 2000an?

sumber: Yaraon
gambar: pixiv/ladict