[Flashback Friday] Kishin Douji Zenki

July 4, 2014 10:24 pm
[Flashback Friday] Kishin Douji Zenki

Flashback Friday kali ini sepertinya tidak klasik-klasik amat ya bagi sebagian orang? Tapi bagi angkatan saya mungkin ini adalah salah satu anime yang paling sering ditonton karena ditayangkan di hari biasa tepat setelah jam pulang sekolah pada masanya. Kishin Douji Zenki atau yang dikenal hanya dengan “Zenki” saja di TV lokal kita.

Bercerita tentang Chiaki Enno, gadis SMU penjaga kuil yang bisa membebaskan Zenki, iblis yang terkurung dalam kuilnya dan memerintahkannya untuk mengalahkan roh jahat dengan gelang sakti yang muncul di tangannya. Zenki sang iblis yang sulit dikontrol ini harus bekerja sama dengan Chiaki yang masih amatir untuk berperang melawan iblis yang muncul karena benih Karuma yang tersebar.

Sebagai cerita shonen, sejauh yang saya ingat cerita Zenki cukup sangat tipikal pada eranya. Satu episode, melawan musuh, Zenki menjadi kuat, selesai. Yang saya ingat adalah pada saat itupun fanservice Zenki sudah sangat kental. Ditambah dengan porsi adegan gore yang tidak sedikit. Tapi saya jadi menyukainya karena Ibu saya rajin menontonnya tiap minggu. Belum lagi openingnya yang manly sekali untuk saya pada saat itu. Hironobu Kageyama loh!

zenkiffriday (2)

Zenki

Iblis yang disegel di kuil keluarga Chiaki. Saat disegel, ia mengambil wujud anak kecil tak bertenaga dan suka mengintip Chiaki. Tapi saat Chiaki melepas segelnya menggunakan gelang pengontrolnya, Zenki berubah menjadi iblis dewasa yang kuat. Makanan favorit: Benih Karuma.

zenkiffriday (1)

Chiaki

Gadis SMU penjaga kuil keluarga. Kekuatannya belum bangkit sepenuhnya di awal cerita, namun ia sudah bisa melepas segel Zenki dan mengontrolnya menggunakan gelang yang muncul saat segel Zenki terlepas. Target fanservice utama dari baju robek hingga tentakel.

5457-1836506761

Miki Sohma

Pendeta yang paling kompeten di seri ini selain si kakek mesum dan biksu muda kawanan si kakek. Membantu Chiaki dan Zenki memburu iblis Karuma dan tampak selalu SWAG dengan kacamata hitamnya.

5457-2093183284

Saki Enno

Nenek Chiaki yang merupakan generasi penjaga kuil sebelum Chiaki. Cukup kuat meskipun usianya menggerogoti kemampuannya.

5457-1955788605

Jukai Enno

Kakek Chiaki pendeta utama kuil. Saya lupa dia ini sebenarnya berguna atau tidak sepanjang seri, selain memberi fanservice dengan mengintip cucunya itu.

Sebagai anime shonen yang ditonton oleh saya sebagai anak kecil, Zenki adalah salah satu anime “Butcher” yang paling kejam dengan berbagai guro dan karakter yang dibunuh meskipun tadinya teman dan semacamnya. Hal yang belakangan ini menjadi “tabu” di berbagai manga dan anime. Tidak usah menunggu anime dari Urobuchi kalau mau lihat bunuh-bunuhan cari saja beberapa anime lama.