Survey Membedah Kepopuleran Kagerou Project

July 5, 2014 4:30 pm
Survey Membedah Kepopuleran Kagerou Project

Kagerou Project dengan animenya yang baru saja tamat adalah proyek dengan berbagai media dari musik sebagai awalnya dan berkembang menjadi manga, anime, novel, dan mungkin banyak lainnya yang masih akan muncul. Dengan banyaknya media seperti itu, sebenarnya apanya sih yang kamu suka dari Kagerou Project? Sebuah survey berusaha menjawab apa-apanya dari Kagerou Project yang paling populer dan berbagai hal lainnya menyangkut seri ini.

Lagu pertama dari Kagerou Project yang kalian dengar?

re_chart-1-1
“Kagerou Days” mendominasi dengan lebih dari 1,148 suara, meskipun pada faktanya lagu itu adalah lagu ketiga dari serinya. Lagu lain kurang lebih sama, dengan posisi kedua jatuh ke “Souzou/Kuuzou Forest” (120 suara), dan “Mekakushi Code” di posisi ketiga (103 suara).

Apa yang kalian suka dari lagu-lagu Kagerou Project?

re_chart-2
Melodi (702 suara) dan video musiknya (685 suara) terpaut dekat. 453 responden memilih lirik. Lainnya memilih “Yang lain”. Beberapa tambahan komentar mengenai pertanyaan ini termasuk “perasaan masing-masing karakter tergambarkan dalam lagunya.” dan “Lagu-lagu Kagerou Project semua tersambung menjadi satu cerita” serta “Kamu bisa mengartikan lagunya menurutmu sendiri”.

Pilih 3 lagu favoritmu dari seri Kagerou Project

1. “daze” (853 suara, 13.51%)
2. “Lost Time Memory” (759 suara, 12.02%)
3. “Summer Time Record” (641 suara, 10.15%)
4. “Yobanashi Deceive” (596 suara, 9.44%)
5. “Outer Science” (457 suara, 7.24%)
6. “Children Record” (347 suara, 5.49%)
7. “Yuukei Yesterday” (328 suara, 5.19%)
8. “Shounen Brave” (278 suara, 4.4%)
9. “Ayano-no Koufuku Riron” (228 suara, 3.61%)
10. “Kagerou Days” (206 suara, 3.26%)

Meskipun termasuk lagu paling baru, “daze” merengkuh posisi pertama untuk pertanyaan ini. Lagu yang satu itu memang berbeda dengan pertama kali dinyanyikan langsung oleh penyanyi asli, MARiA.

Pilih lagu yang ingin kamu lihat dimainkan langsung oleh Jin

re_chart-4
Lagi, “daze” menjadi pemengan dengan 770 suara. Jauh dibawah ada “Summer Time Record” (191 suara), sedangkan “Lost Time Memory” ada di posisi 3 (186 suara).

Penyanyi mana yang ingin kamu lihat berkolaborasi dengan Jin?

Pertanyaan bebas ini cukup acak sehingga jawabannya banyak sekali, tapi yang patut dilihat adalah Nagi Yanagi, supercell, 96neko, Fukase of Sekai no Owari, perfume, Dragon Ash, Kashitarō Itō, Soraru, Konomi Suzuki, Hyadain, Sachiko Kobayashi, seiyuu dari animenya, May’n, Nana Mizuki dan Jin sendiri.

Berikutnya di media mana kamu ingin melihat adaptasi Kagerou Project?

re_chart
Saya sih tidak tahu bisa jadi apa, tapi video games menjadi pilihan pertama untuk adaptasi berikutnya dari Kagerou Project dengan 1,319 responden. diikuti oleh audio drama (406 votes), sementara 290 orang memilih media “lainnya” dengan pilihan terakhir jatuh pada musical. Di antara “lainnya”, sticker LINE masuk ke jajaran atas.

Meskipun animenya sudah selesai dan menimbulkan banyak ketidakpuasan di kalangan penggemar, tampaknya Kagerou Project masih akan terus kuat dengan fandom yang setia. Setidaknya sampai Jin menyelesaikan ceritanya hingga akhir dengan lagu-lagu berikutnya (kalau ada).

Sumber: ANN
Header: Pixiv