Gundam Ukuran Asli Akan Bisa Bergerak di Tahun 2019 dan Kalian Bisa Ikut Membantu!

July 9, 2014 5:26 pm
Gundam Ukuran Asli Akan Bisa Bergerak di Tahun 2019 dan Kalian Bisa Ikut Membantu!

Pada bulan Maret lalu telah diumumkan sebuah proyek yang dinamakan the Real G Next Project yang diselenggarakan untuk merayakan ulang tahun ke-35 dari serial Gundam. Akhirnya pada sebuah konferensi pers yang berlangsung di Jepang hari ini diungkapkan bahwa proyek tersebut akan diganti namanya menjadi Gundam Global Challenge, yang bertujuan untuk membuat Gundam skala 1:1 dengan tinggi 18 meter dapat benar-benar bergerak.

Hal tersebut diungkapkan pada acara konferensi pers yang dihadiri oleh Yoshiyuki Tomino, selaku kreator seri Gundam dan juga Sugizo dari Luna Sea dan X Japan yang merupakan seorang penggemar Gundam.

gglobalchallange

Pada konferensi tersebut Tomino menyatakan gembira dengan proyek tersebut dan merasa senang Gundam benar-benar diintegrasikan dengan teknologi. “Akhirnya, apa yang aku bayangkan akan menjadi kenyataan,” ujarnya. “Mimpi yang selalu aku damba-dambakan ketika masih kecil akhirnya mendekati kenyataan,” tambah Sugizo.

Proyek untuk membuat Gundam bergerak ini dijadwalkan akan rampung pada tahun 2019, bertepatan dengan ulang tahun ke-40 serial Gundam yang pertama kali tayang pada tahun 1979. Tidak hanya ditujukan untuk penggemar Gundam di Jepang, proyek ini juga ditujukan untuk semua penggemar Gundam di seluruh dunia. Pada halaman website resminya, Gundam Global Challenge menjelaskan proyek satu ini secara lebih detil.

“Menyambut tantangan dari sebuah mimpi dan membuat GUNDAM ukuran asli bergerak. Kami mencari ide-ide dari seluruh dunia.

Pada tahun 2009, GUNDAM berukuran asli setinggi 18 meter hadir. Dengan tampilan megah, dia telah memikat hati banyak orang dan memperlihatkan kita potensi dari sebuah mimpi. Sekarang, GUNDAM akan menggerakkan Jepang dan seluruh dunia menyongsong tahun 2019, tahun ulang tahun ke-40 Gundam.

“Menantang mimpi: GUNDAM bergerak dan akan menggerakkan dunia”

Menggabungkan pengetahuan di seluruh dunia untuk menantang impian tertinggi! Tujuannya adalah membuat GUNDAM setinggi 18 meter bergerak. Untuk menggapai tujuan ambisius ini, kami akan mengembangkan proyek global yang berbasis di Jepang, membentuk tim dan mengumpulkan ide serta rencana dari seluruh penjuru dunia.

Teknologi mutakhir, pengetahuan global dan semangat yang kuat melampaui batasan negara dan ilmu pengetahuan akan membuat GUNDAM bergerak. GUNDAM akan membawa hiburan terbesar sepanjang masa ke dunia nyata.”

gundampanoramaio

CEO Sunrise dan juga direktur dari Gundam Global Challenge, Yasuo Miyakawa, mengumumkan garis besar proyek ini dengan tujuan akhirnya untuk menggerakkan Gundam setinggi 18 meter tersebut agar generasi yang akan datang dapat menikmati dan juga merayakan ulang tahun ke-40 serial ini. Dimana salah satu tujuan untuk membuat misi ini berhasil adalah dengan membuat tim dari seluruh penjuru dunia. Berikut adalah jadwal untuk Gundam Global Challenge ini.

9 Juli 2014 – Konferensi pers Gundam Global Challenge

Akhir Juli – Menerima pendaftaran

27 Februari 2015 – Batas akhir pendaftaran

Maret 2015 – Penjurian untuk pendaftaran dan ide-ide dimulai

Juli 2015 – Penjurian untuk pendaftaran dan ide-ide berakhir

Musim Gugur 2015 – Pengumuman pemenang Gundam Global Challenge / Masa undangan dimulai

Februari 2016 – Akhir masa undangan

Maret 2016 – Penilaian Dimulai / Seleksi berakhir

Juli 2016 – Seleksi selesai

Musim Gugur 2016 – Pengumuman rencana Gundam Global Challenge

2017 – Pelaksanaan rencana

2018 – Pengumuman hasil Eksekusi

2019 – Ulang tahun ke-40 Gundam / Target untuk menyelesaikan proyek menggerakkan Gundam

ggchalange

Bagi kalian yang berminat untuk mencatatkan namanya dalam sejarah, bisa mendaftar untuk mengikuti proyek ini melalui halaman website Gundam Global Challenge. Akan ada dua bagian, yaitu bagian Real Entertainment Section dan Virtual Entertainment Section, Real Entertaintment Section akan memiliki tujuan untuk menggerakkan Gundam setinggi 18 meter di dunia nyata dengan menggunakan seluruh pengetahuan dan teknologi yang ada. Sedangkan Virtual Entertainment Section akan menggunakan teknologi grafis terkini untuk membuat Gundam bergerak di dunia virtual.

Tertarik mencoba ikut ambil bagian membuat Gundam bergerak?

sumber: ANN, Gundam Global Challenge lewat SGCafe
gambar: shibuya246, panoramaio