Hanya di Jepang Kamu Bisa Menemukan Festival Untuk… Ambeien

July 9, 2014 2:05 pm
Hanya di Jepang Kamu Bisa Menemukan Festival Untuk… Ambeien

Jepang sepertinya tidak pernah kehabisan barang atau tradisi yang aneh, dan kita pun tidak hentinya terkejut melihat budaya atau benda-benda unik tersebut. Pembahasan kali ini pun tidak kalah aneh, kita tahu ada kuil untuk kesuburan, kuil untuk jodoh atau kuil untuk keberuntungan, tapi ini adalah pertama kalinya saya membaca mengenai kuil untuk, penyakit wasir atau ambeien.

ambeien kuil aneh (3) ambeien kuil aneh (5)

Bahkan untuk ukuran orang Jepang sendiri, festival ini pastinya akan terlihat aneh. Shinto, adalah agama yang dianut oleh kebanyakan warga Jepang dan tidak memaksakan hukum benar atau salah, agama yang sangat terbuka. Dalam agama ini pun penting untuk menghibur para dewa, sehingga terkadang, mungkin kamu harus melihat festival-festival aneh di Jepang dari sisi humornya.

ambeien kuil aneh (4) ambeien kuil aneh

Ada sebuah tradisi yang sudah lama hilang, sejak tahun 1988 tepatnya, namun 2 tahun lalu dibangkitkan kembali di sebuah kuil bernama kuil Kunigami di prefektur Tochigi. Inilah satu-satunya kuil di Jepang yang bersedia berurusan dengan penyakit ambeien. Di kuil ini terdapat “Batu Pencuci Bokong”, dimana para umat Shinto akan menghadapkan bokongnya ke arah batu tersebut sambil merapal doa untuk menyembuhkan atau mencegah ambeien. Setelah itu mereka diharuskan untuk memakan sebuah telur persembahan untuk melengkapi ritualnya.

ambeien kuil aneh (2)

Sekitar 70 orang datang ke Tochigi untuk mengikuti festival ini. Entahlah apakah para dewa terhibur dengan kelakuan orang-orang ini, yang jelas sih, sepertinya mereka semua yang mengikuti ritual ini menikmatinya. Saya harap mereka semua sembuh dari penyakitnya.

sumber: Kotaku