Hayao Miyazaki Mengisi Masa Pensiunnya Dari Dunia Anime Dengan Menghabiskan Hari-Harinya di Studio Ghibli

July 9, 2014 8:15 pm
Hayao Miyazaki Mengisi Masa Pensiunnya Dari Dunia Anime Dengan Menghabiskan Hari-Harinya di Studio Ghibli

Kakek satu ini tampaknya memang tidak bisa lepas dari dunia anime, meski sudah mengumumkan bahwa dirinya akan pensiun tapi nyatanya Hayao Miyazaki tetap rutin mengunjungi studio anime yang didirikannya, Studio Ghibli, dan yang dimaksud dengan rutin disini adalah, setiap hari!

studio-ghibli-front

Salah satu produser veteran studio tersebut yang juga salah satu anggota pendiri Studio Ghibli, Toshio Suzuki yang kini telah berusia 65 tahun mengatakan meskipun Miyazaki sudah menyatakan pensiun dia masih melihatnya di studio Ghibli setiap hari. “Aku benar-benar berharap dia berhenti datang,” kata Suzuki sambil tertawa.

Miyazaki memang sudah menyatakan bahwa dia sudah pensiun untuk membuat film anime layar lebar, tapi dia tidak pernah menyatakan akan berhenti berkarya, bahkan belum lama ini dia mengisi waktunya dengan membuat manga. Menurut Suzuki, meskipun Miyazaki sudah mengatakan bahwa dirinya akan menyerahkan segala urusan kerja kepada para staf muda di studio tersebut dan tidak akan memberi perintah apapun namun pada kenyataannya ketika Miyazaki tiba di studio dia langsung memegang kendali dan mengeluarkan beberapa perintah.

Berbeda dengan Miyazaki, Suzuki tampaknya sedikit lebih percaya dengan generasi baru Studio Ghibli dan membangga-banggakan sutradara serial baru Ghibli, Hiromasa Yonebayashi dan juga Yoshiaki Nishimura atas kemampuan artistik mereka. “Mengingat usia karir mereka baru separuh dari karir Miyazaki dan Isao Takahata (sutradara Grave of the Fireflies), mereka telah melakukan pekerjaan yang hebat.”

Saya sendiri gak akan kaget kalau Miyazaki mengumumkan bahwa dia akan kembali menyutradarai film seperti yang pernah dia lakukan sebelum ini ketika mengumumkan akan pensiun, tapi bohong.

sumber: rocketnews
gambar: imguol